Macam-Macam Khasiat Daun Jarak yang Jarang Diketahui Orang

3100
Khasiat Daun Jarak untuk Kesehatan
Khasiat Daun Jarak untuk Kesehatan

Bidhuan.id – Khasiat daun jarak yang dapat kita ambil manfaatnya itu sangat banyak sekali. Tumbuhan liar ini memang kerap digunakan sebagai tanaman herbal yang digunakan pada berbagai macam cara menyembuhkan gangguan kesehatan pada tubuh secara alami. Lalu, apa saja khasiat daun jarak ini? Seberapa banyak khasiat daun jarak untuk kesehatan tubuh? Jika penasaran, temukan jawabannya pada ulasan kumpulan khasiat daun jarak berikut ini.

Perlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya bahwa tanaman jarak ini merupakan tanaman liar yang mampu tumbuh dimana saja. Terutama di daerah seperti hutan, di daerah pantai, tanah kosong, bahkan belakangan ini cukup banyak di budidayakan sebagai tanaman obat herbal. Hal tersebut karena saat ini mulai banyak orang yang menyadari akan khasiat daun jarak dalam mengatasi beragam jenis penyakit.

Khasiat Daun Jarak untuk Kesehatan

Khasiat Daun Jarak
Khasiat Daun Jarak

Tumbuhan liar ini tergolong pada kategori tanaman perdu dan masuk pada spesies Euphorbiaceae. Hampir keseluruhan dari tanaman jarak ini dapat berfungsi sebagai obat-obatan herbal. Mulai dari daun, batang, hingga bijinya memiliki manfaat tersendiri. Beberapa kandungan yang dimiliki oleh daun jarak ini antara lain seperti astragalin, quercetin, nicotiflorin, kaempferol, dll.

Lalu, apa saja khasiat daun jarak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai khasiat dari daun jarak tersebut, maka inilah kumpulan khasiat daun jarak pagar yang dapat kita ketahui bersama.

Kumpulan Khasiat Daun Jarak :

  • Menurunkan Panas (khasiat daun jarak untuk bayi)

Khasiat daun jarak yang pertama yakni dapat membantu menurunkan panas demam pada bayi. Caranya yakni menggunakan 2 hingga 3 helai daun jarak, bersihkan terlebih dahulu daun jarak terebut lalu olesi dengan minyak. Panaskan di atas api/kompor selama kurang lebih 2 menitan, kemudian tempelkan pada perut dan punggung bayi.

Baca juga: Obat Panas Anak Tradisional dan Apotik

  • Mengobati Kurap (khasiat daun jarak kesehatan)

Salah satu khasiat daun jarak untuk kesehatan lainnya yakni dapat membantu mengatasi penyakit kulit seperti kurap. Caranya yakni dengan merendam beberapa lembar daun jarak pada minyak hingga beberapa jam.

Setelah itu, panaskan minyak daun jarak tersebut dan tiriskan terlebih dahulu. Saat hangat, oleskan minyak daun jarak tersebut pada bagian tubuh yang terdapat kurap kemudian tutup dengan kain katun dan biarkan selama semalaman.

  • Mengatasi Susah Buang Air Besar (kasiat daun jarak untuk pencernaan)

Khasiat daun jarak lainnya yang dapat diketahui adalah dapat membantu mengatasi susah buang air besar. Ternyata diketahui bahwa daun jarak ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Sehingga ketika di konsumsi oleh kita maka sistem pencernaan pun akan menjadi lebih lancar. Cara pengobatannya pun tidaklah sulit, karena Anda hanya tinggal mengukus daun jarak segar kemudian di konsumsi seperti lalapan pada umumnya.

  • Membantu Memperbesar Alat Vital Pria (khasiat daun jarak untuk alat vital)

Khasiat lain dari daun jarak yang cukup mengejutkan adalah dapat membantu memperbesar alat vital pria. Kandungan yang terdapat di dalam daun jarak ini ternyata dapat membuat aliran darah di area alat vital menjadi lebih lancar. Dan kondisi terebut pun dapat membantu memperbesar alat vital. Bagaimana caranya?

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu daun jarak beserta tangkainya, daun jeruk purut 10 lembar, jeruk nipis 1 buah, dan minyak zaitun secukupnya. Cuci bersih daun jarak dan tangkainya serta daun jeruk purut kemudian haluskan, campurkan perasan jeruk nipis dan aduk rata.

Sebelum di oleskan pada alat vital, pijat terlebih dahulu alat vital dengan minyak zaitun selama beberapa saat. Setelah itu, barulah oleskan ramuan tersebut pada alat vital dan pijat kembali hingga terasa hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan cara tersebut secaar rutin dan teratur.

  • Mengobati Rematik

Dan khasiat lain dari daun jarak yang dapat diketahui adalah dapat membantu mengatasi rematik. Caranya yakni menumbuk kurang lebih 8 lembar daun jarak yang sudah dibersihkan, lalu campurkan dengan sedkit air hangat. Setelah itu, oleslan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terkena rematik hingga 3 kali sehari.

Baca juga: Obat rematik generik ampuh, yang Dapat Dibeli di Apotik

Mengobati atau mengatasi beragam keluhan dan penyakit memang dapat menggunakan berbagai macam cara. Salah satunya yakni menggunakan tanaman herbal seperti daun jarak ini. Terlebih diketahui bahwa khasiat daun jarak sendiri memang sangat bermacam-macam. Semoga informasi kumpulan khasiat daun jarak di atas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.



Baca juga: Obat Simvastatin: Interaksi, Kontraindikasi dan Efek Sampingnya