Cara Ampuh Menghilangkan Gatal Alergi Secara Alami

0
453
cara menghilangkan gatal alergi
cara menghilangkan gatal alergi

Bidhuan.id – Memang pada dasarnya cara menghilangkan gatal alergi hingga saat ini sudah tersedia dalam berbagai metode yang berbeda-beda. Salah satunya yakni menggunakan metode tradisional dengan bahan alami. Lantas, bagaimanakah cara menghilangkan gatal alergi secara alami ini? Atau bagaimana cara menghilangkan gatal pada kulit ibu hamil? Hingga bagaimanakah cara mengatasi selangkangan gatal karena alergi? Mari kita temukan bersama jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Cara menghilangkan gatal alergi sendiri biasanya akan di bedakan menurut jenis alergi yang di derita. Karena kita semua juga tentu sudah mengetahui bahwa gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi memang terjadi karena sebab yang berbeda-beda. Contoh yang paling umum terjadi biasanya karena makanan atau kurangnya menjaga kebersihan tubuh dan pakaian.

Cara Alami Menghilangkan Gatal Alergi

Cara Alami Menghilangkan Gatal Alergi
Cara Alami Menghilangkan Gatal Alergi

Hampir pada seluruh bagian tubuh yang memiliki kulit sensitif biasanya akan mudah mengalami alergi, terlebih pada bagian tubuh yang selalu tertutup seperti selangkangan. Adapun dengan kondisi yang berbeda seperti contohnya pada ibu hamil. Kondisi gatal pada kulit ibu hamil ada yang memang wajar namun ada juga yang disebabkan oleh alergi seperti memiliki bintik dan ruam.

Baca juga: Pilihan Obat Asma (Sesak Nafas) dan Batuk yang Ampuh dan Efektif

Jika Anda masih bingung, mari kita simak bersama ulasan lengkap mengenai cara menghilangkan gatal alergi secara alami dibawah ini.

Cara Menghilangkan Gatal Alergi Secara Alami :

  • Cara Menghilangkan Gatal Alergi Secara Alami

Gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi dapat juga di atasi menggunakan bahan-bahan alami. Contohnya seperti menggunakan jahe, cuka beras putih, dan gula merah. Ketiga bahan alami tersebut diyakini mampu mengobati gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi.

Untuk membuat ramuan alami ini maka siapkan terlebih dahulu jahe 15 gram, cuka beras putih 30 cc, gula merah secukupnya, dan air bersih 400 cc. Campurkan semua bahan dan didihkan hingga airnya menyusut dan tersisa setengahnya. Saring dan dinginkan kemudian minum air ramuan tersebut secara rutin dan teratur.

  • Cara Alami Mengatasi Selangkangan Gatal Karena Alergi

Salah satu bagian tubuh yang juga biasanya sering mengalami gatal karena alergi kulit adalah pada bagian selangkangan. Untuk mengatasi gatal selangkangan wanita dan juga pria, maka dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti temu hitam, temu kunci, dan kunyit untuk dijadikan ramuan.

Cara membuatnya yakni siapkan temu hitam 15 gram, temu kunci 15 gram, dan kunyi 15 gram. Cuci bersih semua bahan tersebut lalu haluskan dengan cara ditumbuk. Untuk pengobatan, oleskan dan gosokan perlahan ramuan tersebut pada bagian selangkangan yang gatal hingga beberapa saat. Lalu bilas dan bersihkan, lakukan cara ini hingga 2 kali sehari secara teratur.

  • Cara Alami Mengatasi Gatal Pada Kulit Ibu Hamil

Jika gatal pada ibu hamil di bagian selangkangan, maka dapat menggunakan cara di atas tadi. Namun jika gatal pada bagian yang lain hingga mengeluarkan bintik merah dan ruam karena alergi, maka dapat mencoba terlebih dahulu menggunakan bahan alami seperti daun sirih dan kulit buah manggis.

Cara membuatnya yakni merebus 20 lembar daun sirih beserta 100 gram kulit manggis dengan air secukupnya. Biarkan hingga mendidih dan tunggu hingga airnya surut sedikit atau surut sebanyak 1/4 bagiannya. Setelah itu, saat masih hangat segeralah basuhkan air tersebut pada area tubuh yang gatal karena alergi.

Itulah beberapa cara menghilangkan gatal alergi secara alami yang dapat Anda coba sendiri khasiatnya. Mengobati atau menghilangkan gatal alergi tentu tidak harus langsung menggunakan obat-obatan medis saja, namun dapat juga menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu. Namun jika dengan cara di atas masih belum sembuh juga, maka Anda dapat segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter di bidang tersebut.



Baca juga: Obat Gatal Jamur: Penyebab, Gejala dan Nama Obatnya