Obat Pereda Sakit Gigi untuk Pengobatan Sakit Gigi di Rumah

2105
Obat Pereda Sakit Gigi untuk Pengobatan Sakit Gigi di Rumah
Obat Pereda Sakit Gigi untuk Pengobatan Sakit Gigi di Rumah

Bidhuan.id – Obat untuk meredakan sakit gigi, dengan memilih Obat Pereda Sakit Gigi yang tepat maka penderitaan karena sakit gigi Anda akan berakhir. Namun, perlu diingat jika sakit gigi yang anda derita disebabkan karena gigi berlubang sebaiknya segeralah ke Dokter Gigi untuk menambal gigi tersebut, sebab tidak akan ada obat sakit gigi ampuh langsung sembuh / obat sakit gigi paling manjur yang bisa menyembuhkan itu.

Dalam gigi manusia itu terdapat pulpa gigi, terdiri atas jaringan, pembuluh darah, dan saraf sensitif. Apabila pulpa mengalami radang, maka kondisi tersebut dinamakan sakit gigi. Ada dokter gigi yang terkadang mencabut saraf gigi berdasarkan kondisi tertentu, namun jika masih bisa disembuhkan menggunakan obat, sebisa mungkin mencabut saraf gigi maupun mencabut gigi itu harus dihindari. Walaupun diganti dengan gigi palsu sekalipun, tidak akan bisa menggantikan gigi asli, atau tidak bisa senyaman gigi asli. Mari baca selengkapnya.

Peradangan

Penyebab peradangan ada macam-macam, di antaranya yakni tumpukan nanah pada bagian dasar dari gigi, yang disebabkan oleh infeksi bakteri, atau abses periapikal, penyusutan gusi, gigi retak, kerusakan gigi dan gigi berlubang, tambalan gigi rusak, dan gigi terjepit di antara susunan gigi lainnya saat tumbuh.

Seseorang yang terserang sakit gigi umumnya akan merasakan beberapa gejala di bawah ini.

Gejala Sakit Gigi

Gejala Sakit Gigi
Gejala Sakit Gigi

Berikut ini adalah gejala-gejala yang muncul saat anda sedang sakit gigi, yakni:

  • Nyeri sekitar rahang
  • Nyeri sekitar gigi
  • Sakit kepala
  • Pembengkakan
  • Demam

Berbeda tingkat keparahan maka gejala yang terjadi juga bisa berbeda. Mulai yang ringan sampai yang berat. Berdasarkan pola kemunculannya, maka “nyeri sakit gigi” dapat muncul serta hilang berulang-ulang, maupun konstan atau terus menerus terasa. Umumnya pasien sakit gigi akan merasakan ngilu atau nyeri, dan bisa memburuk ketika malam hari, ataupun saat pasien tersebut minum dan makan, khususnya jika minum dan makan yang terlalu panas maupun terlalu dingin.

[Baca juga:8 Cara Efektif Memutihkan Gigi Secara Alami yang Harus Kamu Coba]

Pencegahan

Untuk mencegah sakit gigi ada banyak cara yang dapat dilakukan. Cara-cara itupun pasti sudah tidak asing lagi dilihat baik itu di majalah maupun iklan odol di televisi. Tetapi untuk lebih lengkapnya, bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Rajin periksa gigi ke dokter, minimal 1x untuk 1 tahun
  • Menyikat gigi sebanyak 2x per hari, jika sudah makan beri jarak 1 jam
  • Gunakan dental floss
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman manis, contohnya kue, cokelat, permen
  • Hindari makan sebelum tidur dan tidak menyikat gigi, apalagi konsumsi makanan manis
  • Rajin makan makanan berserat tinggi, contohnya buah apel
  • Cairan pembersih mulut juga boleh digunakan, namun untuk memilih cairan pembersih mulut yang aman, cobalah tanya ke dokter gigi
  • Berhenti merokok, sebab jika merokok, maka lama kelamaan kesehatan mulut dan gigi akan terganggu

Obat untuk meredakan sakit gigi

Obat untuk meredakan sakit gigi
Obat untuk meredakan sakit gigi

Salah satu obat pereda nyeri sakit gigi yang dapat anda coba gunakan dirumah sebagai langkah awal sebelum ke Dokter Gigi ialah Parasetamol.

Parasetamol adalah obat yang dapat Anda gunakan untuk meredakan sakit gigi, khususnya jika ngilu sudah sangat parah. Bersihkan sela gigi menggunakan benang gigi (Dental floss) terlebih dahulu, biasanya keluar darah, tetapi tidak masalah. Selanjutnya gunakan obat-obatan antiseptik untuk membersihkan bagian yang Anda duga jadi sumber sakit gigi.

Tetapi hal ini tidak berlaku jika sumber masalah sakit gigi disebabkan karena gigi berlubang. Obat-obat di atas itu hanya untuk penanganan pertama saja. Sisanya Anda harus menambal gigi ke dokter gigi.

Sebab jika hanya konsumsi obat pereda nyeri sakit gigi saja, maka sakit gigi akan bertambah parah. Tentunya sebelum ditambal, dokter gigi akan membersihkan bagian gigi yang sudah membusuk, kemudian disterilkan dari infeksi bakteri. Kondisi ini tak bisa ditolerir, kecuali Anda ingin kondisi gigi Anda bertambah parah dan rasa nyeri tak kunjung hilang.



[Baca juga:Waspadalah 3 Sumber Bahaya Pada Makanan yang Bisa Berdampak Kematian]