Obat Beser, Sering buang Air Kecil

0
1685
Obat Beser Sering buang Air Kecil
Obat Beser Sering buang Air Kecil

Bidhuan.id – Anda termasuk orang yang suka beser (Sering buang Air Kecil) ? Jika iya, pasti anda sudah mulai mencari obat sering buang air kecil yang dapat digunakan. Penyakit Beser ini meski sepele namun kadangkala bisa membuat Anda jadi repot dan tersiksa karena harus sering buang air kecil bolak-balik ke kamar mandi. Memang jika Anda sebelumhya banyak minum, normal untuk sering buang air kecil, namun jika Anda tak terlalu banyak minum tetapi frekuensi urinasi tinggi, Anda harus mulai waspada jika mengalami “Beser” secar terus menerus.

Apabila Anda sedang dalam perjalanan jauh maupun saat-saat penting, tentu saja beser akan menjadi sebuah gangguan, yang ingin cepat Anda selesaikan. Sebelum membahas pengobatannya, Anda juga perlu mengetahui faktor penyebab mengapa beser dapat terjadi. Sebab jika hanya diobati tanpa tahu terlebih dahulu faktor penyebab beser ini, kemungkinan ke depannya kondisi yang sama akan datang kembali dan itu adalah sebuah kesia-siaan. Mari baca selengkapnya.

Faktor Penyebab Penyakit Beser (Sering Buang Air Kecil)

Faktor penyebab penyakit beser obat sering buang air kecil
Faktor penyebab penyakit beser sering buang air kecil
  • Kopi dan Teh

    Kedua minuman ini memang enak diminum ketika bersantai, namun keduanya memiliki zat diuretic. Zat ini dapat mengakibatkan sering kencing.

  • Minuman bersoda dan beralkohol

    Alasan yang sama dengan kopi dan teh. Karena kandungan zat diuretic.

  • Berat badan berlebih

    Saat usia Anda bertambah maka otot yang memiliki fungsi mengendalikan fungsi kandung kemih pun akan kehilangan kekuatan. Obesitas juga memberikan tekanan ekstra ke kandung kemih. Walaupun kelebihan berat badan terlihat lebih banyak berpengaruh pada kaum wanita dibandingkan pria, tetapi terkait hal kontrol pada kandung kemih, disebutkan jika kaitan berat badan berlebih dengan kontrol kandung kemih cenderung mempengaruhi pasien pria.

  • Penyakit diabetes

    Penyakit ini akan mempengaruhi kontrol kandung kemih kaum pria juga.

  • Kerusakan syaraf

    Gangguan di syaraf seseorang juga bisa ikut memegang peranan di balik terjadinya beser. Contohnya karena penyakit stroke, Parkinson, dan multiple sclerosis.

  • Jenis olahraga

    Beberapa jenis olahraga yang memakai gerakan melompat, dapat membuat kandung kemih orang tersebut tertekan, dengan begitu urine menjadi terdorong keluar. Apalagi jika setelah olahraga menjadi haus dan banyak minum. Tetapi tetap saja olahraga bagus dan jangan dihentikan.

Terapi untuk mengobati beser

Terapi obat beser kencing karena infeksi saluran kemih

Anda dapat mencoba terapi sederhana ini sendiri di rumah untuk mengatasi beser, sebelum menggunakan obat antibiotik. Caranya ialah dengan mencoba menahan kencing untuk jangka waktu 30 menit sehari. Sembari melakukan hal tersebut, Anda tariklah nafas dalam-dalam, buat diri menjadi sesantai mungkin.

Harap diingat, lakukan ini jika kondisi beser, dan bukan karena memang ingin kencing. Sebab jika anda melakukannya saat memang ingin kencing, yang ada malah bisa terkena resiko kencing batu.

Kembali berbicara mengenai terapi ini, Anda dapat coba lakukan untuk jangka waktu 1 minggu. Tujuan terapi sederhana ini yakni melatih organ kandung kemih. 30 menit adalah waktu maksimal, jika tidak kuat 25 menit saja, lebih dari 30 menit justru buruk bagi kandung kemih, dan nanti kandung kemih tidak bisa bekerja dengan normal lagi.

[Baca juga:Obat Entrostop: Komposisi, Efek Samping, Dosis dan Harganya]

Beser karena infeksi saluran kemih

Lain halnya jika Anda mengalami beser yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Jika ini yang terjadi maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Gejala infeksi saluran kemih pada umumnya selain beser ialah nyeri ketika buang air kecil, urin berwarna keruh, dan bau urin menyengat. Apabila beser karena infeksi saluran kemih ini terjadi pada Anda, maka jangan pernah menahan rasa mau buang air kecil. Selain itu juga perbanyak minum air mineral.

Pengobatan beser kencing

Untuk pengobatan beser kencing yang disebabkan infeksi saluran kemih biasanya dengan menggunakan antibiotik. Dokter sebelum memberikan resep, terlebih dahulu akan melakukan tes urin dan tes darah serta pemeriksaan fisik. Antibiotik yang umum diresepkan oleh dokter, yakni:

  • Levofloxacin
  • Ciprofloxacin

Sekian artikel tentang obat beser, sering buang air kecil, semoga bermanfaat.



[Baca juga:2 Bandit Bersamurai Rampok Apotek Century Pharma, Awalnya Cari Obat Penenang]