Cara Mengobati Cantengan Pada Kuku Tangan dan Kaki

0
1003
Cara Mengobati Cantengan
Cara Mengobati Cantengan

Bidhuan.id – Cara mengobati cantengan (paronychia) memang dapat dibilang gampang-gampang susah. Mulai dari menggunakan salep sampai mengeluarkan nanah nya secara langsung pasti pernah anda lakukan. Namun, apa salahnya untuk membahas soal cantengan ini kembali. Buat yang penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang penyebab cantengan, cara mengobati cantengan sampai cara mencegahnya lebih baik simak terus ulasannya berikut ini.

Paronychia atau yang lebih dikenal dengan nama “Penyakit Cantengan” adalah sebuah kondisi peradangan yang terjadi pada area kuku dan kulit pinggiran kuku. Cantengan sendiri terjadi biasanya karena banyak faktor yang akhirnya menimbulkan infeksi hingga terjadi peradangan. Bagian kuku cantengan tersebut juga biasanya akan terasa nyeri , hingga bernanah.

Selain itu, kuku cantengan juga biasanya akan mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap akibat banyaknya kandungan nanah yang ada pada bagian peradangan tersebut. Untuk itulah mengapa penyakit cantengan ini sebaiknya segera diatasi dan jangan dibiarkan.

Penyebab Cantengan

Adapun beberapa penyebab yang diketahui dapat membuat kuku cantengan antara lain seperti :

  1. Kesalahan Memotong Kuku – Memotong kuku terlalu pendek juga diketahui dapat memicu terjadinya cantengan pada area kuku. Selain itu, pemotongan kuku yang tidak rata pada bagian ujung kiri dan kanan kuku juga diketahui dapat memicu terjadinya cantengan.
  2. Mengorek Kuku Terlalu Dalam – Terlalu sering mengorek kuku saat membuang kotoran juga diketahui dapat menjadi salah satu faktor penyebab cantengan. Pasalnya melalui kebiasaan tersebut area kuit pada kuku bisa saja terluka dan menjadi pemicu terjadinya kuku cantengan.
  3. Sepatu dan Kaus Kaki Sempit – Menggunakan alas kaki yang tidak nyaman juga diketahui bisa jadi pemicu terjadinya cantengan, khususnya saat menggunakan sepatu dan kaus kaki. Jika terlalu sempit, maka bagian kuku akan terjepit sehingga berpotensi menimbulkan luka yang akan memicu terjadinya cantengan.
  4. Tidak Pernah Merawat Kuku – Faktor penyebab yang terakhir adalah kurangnya kesadaran merawat dan menjaga kebersihan kuku kaki dan tangan. Menumpuknya kotoran pada kuku hanya akan memicu bakteri yang akan mempermudah terjadinya infeksi dan bakteri.

Cara Mengobati cantengan

cara menyembuhkan cantengan dan obat cantengan

Meski bukanlah penyakit yang berbahaya, Cantengan jangan dibiarkan begitu saja tanpa ditindak lanjuti. Karena jika dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan nanah pada bagian area kulit kuku akan bertambah banyak dan memicu terjadinya kebusukan.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi cantengan yang dapat dicoba.

  1. Rendam Dengan Air Hangat

Untuk meredakan nyeri pada kuku cantengan maka cobalan untuk merendam jari kaki maupun tangan yang terdapat cantengan pada air hangat. Larutkan sedikit garam pada air hangat tersebut dan gunakan untuk merendam selama kurang lebih setengah jam. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur hingga tiga kali dalam sehari.

2. Menggunakan Salep/Krim Khusus Cantengan

Kini sudah banyak produk krim dan juga salep untuk mengatasi cantengan yang dijual di berbagai apotik, mulai dari yang murah hingga yang paling mahal. Salep/krim tersebut biasanya sudah memiliki kandungan antiradang dan antibiotik yang dapat membantu meredakan infeksi peradangan yang terjadi. Salah satu salep yang bisa coba anda gunakan adalah salep garamicyn. [Baca juga: Salep obat Bisul yang efektif Menyembuhkan]

3. Mengeluarkan Nanah

Untuk kasus yang sudah parah, maka jangan heran jika pada kuku cantengan akan terdapat kandungan nanah. Agar infeksi tidak menyebar, maka sebaiknya mengeluarkan nanah tersebut dengan cara insisi atau membuat sayatan kecil. Namun jika tidak berani melakukan hal tersebut sendiri, maka dapat menggunakan jasa profesional atau dokter agar lebih aman.

Cara Mencegah Kuku Cantengan

Cara Mencegah Kuku Cantengan

Beberapa cara di atas tadi diketahui merupakan cara yang terhitung efektif dalam mengatasi kuku cantengan atau paronychia. Jika tidak ingin memiliki kendala tersebut maka sebaiknya rawatlah kebersihan dan kesehatan kuku Anda. Dan berikut ini beberapa tips yang yang perlu anda perhatikan agar terhindar dari cantengan.

  • Merawat kebersihan kuku dan juga kulit di area sekitaran kuku.
  • Menghindari hal yang dapat menyebabkan infeksi hingga peradangan pada area kuku.
  • Menghentikan kebiasaan buruk seperti sering menggigit kuku.
  • Tidak mengorek kuku terlalu dalam saat akan membersihkan kotorannya.
  • Potonglah kuku secara teratur dan jangan sampai melukai area kulit di sekitaran kuku.
  • Menggunakan pelindung tangan jika memiliki alergi yang sensitif terhadap deterjen atau senyawa kimia lainnya.

Itulah beberapa cara mengatasi cantengan atau paronychia yang dapat dicoba sebagai langkah antisipasi. Tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam melakukannya. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat bagi Anda semuanya.