Wisata ke Pulau hantu (battleship island) di Nagasaki Jepang

0
1471

Akhirnya wisata ke pulau hantu (battleship island) di Nagasaki Jepang terlaksana juga, videonya dapat ditonton dibawah ini. Belum banyak memang yang mengenal pulau yang dinamai battleship island bahkan orang Jepang pun belum tahu padahal tempat ini pernah menjadi tempat shooting untuk film james bond ‘SkyFall’, untuk para neter pulau ini dikenalnya pulau hantu alias pulau tak berpenghuni. Untuk berkunjung ke pulau ini harus daftar jauh hari dan menandatangani surat pernyataan tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan di pulau ini.

Wisata ke Pulau Hantu di Jepang

Cukup murah biaya untuk perjalanan ini yaitu 300¥ untuk dewasa, rombongan 240¥ dan untuk anak2 150¥, dan 120¥. Pulau ini terletak di wilayah Hashima sekitar 4.5 km sebelah barat dari peninsula Nagasaki, 19 km barat daya dari Pelabuhan Nagasaki. Pulau kecil ini memiliki luas 63.000 m2 merupakan tambang batubara terbesar pada tahun 1810-1974 dan dikelilingi oleh dinding pembatas laut serta memiliki berbagai bangunan pendukung seperti apartemen, sekolah, rumahsakit, tempat olahraga dan hiburan sehingga dikenal The Warship Tosa. Karena alesan itulah pulau ini dinamai Battleship Island.

Setelah penambangan tutup, dari 5.000an penduduk menjadi tidak berpenghuni dan dibiarkan terkena berbagai dampak lingkungan terutana efej typhoon dan tsunami. Tak heran pulau ini juga dikenal pulau Hantu alias tak berpenghuni. Sejak awal tahun 2009, pemerintah jepang menjadikan pulau ini sebagai situs bersejarah dan diperkenalkan ke warganya bahkan sedang dalam proses peninjauan oleh Unesco sebagai world heritage.



Berikut adalah video ketika mengunjungi situs bersejarah ini, sebelumnya kami makan siang di china town dan dimulai dari pelabuhan kumamoto.