Transit dan Menginap di Touyuan International Airport-Taiwan

0
2120

Kali ini saya ingin sharing pengalaman transit di Taoyuan International Airport dengan 2 kondisi yang berbeda. Menginap di Hotel dan di Bandara.

Tepatnya pada tgl 6 agustus 2014, mudik ke Indonesia dgn menggunakan eva air dari Fukuoka-Taipe-Jakarta… Kenapa pilih eva air, jawabnya karena tiketnya paling murah diantara yang lain hehe 61.000¬• round trip.

Eva air hello kitty di Touyuan Airport Taipe

Sengaja saya pilih waktu transit yang lama yaitu 19 jam, karena ingin coba untuk pertama kalinya mengenal Taipe.

Pertama yang saya siapkan jauh hari sebelum berangkat adalah Visa Taiwan. Beruntunglah bagi WNI yang punya visa ato resident card Jepang, bisa apply visa secara online di https://oa1.immigration.gov.tw/nia_southeast/
Nah pake alien card alias temporary resident card sebagai student bisa loh… Karena untuk resident card Jepang ga ada tulisan temporary :)

Muncul masalah, kenapa karena dari Fuk keluar pake paspor biru alias paspor dinas yang notabene ga bisa dipake masuk ke taipe… Penasaran saya apply online 2x dengan menggunakan paspor biru dan hijau… Walhasil yang diterima di imigrasi adalah paspor hijau… Paspor biru di Taiwan tidak dikenal bahkan disangka palsu… Alot deh ampe2 diinterogerasi di ruang imigrasi… So pemirsa, walau berangkat pake biru, tapi masuk taiwan pake hijau bisa loh dan memang direkomendasiin gitu sama petugasnya…

Persiapan lainnya adalah searching map bandara, sarana transportasi dab hotel.
Ternyata untuk informasi bandara dan sarana transportasi keluar bandara lengkap tersedia di websitenya
http://www.taoyuan-airport.com/english/inpage/facilities-map
Untuk transportasinya
http://www.taoyuan-airport.com/english/inpage/transportation
Untuk hotelnya saya terbiasa menggunakan booking.com, dapetlah rate hotel paling murah 980 TND dan dekat dengan bandara yaitu hua yue hotel di daerah Taoyuan Country. Sekali naik bus 55 TND jangan mau pake taxi ya bisa 600 TND.

Bus Bandara di Taipe

Bus Kota Taiwan
Sebelum naek bus, koper saya titip di jasa penitipan sehari 200 TND wajarlah, daripada bawa sana kemari 20kg. Oh ya, ada 2 tempat penitipan di kedatangan dan keberangkatan, saya sarankan titip di keberangkatan terminal 2 supaya penerbangan berikutnya ga terlalu malan waktu.
Dari informasi webnya dapetlah no bus to touyuan country 5049

http://www.taoyuan-airport.com/english/Buses/#15603369-bd10-45d9-b4e3-506cc202011d

Bingung dah gimana caranya bayar bus, ternyata mirip kaya di Jepang hanya bedanya didalam bus ga ada penukaran koin, so harus punya koin pas deh masukin pas mau naik ketempat yang telah disediakan.

Harus diakui untuk urusan publik transportasi taiwan lebih maju dari Jakarta. Kita bisa cek real time loh dimana bus nya dan on time walau kondisi lalulintasnya mirip di indonesia banyak skuter alias motor dan budaya lalulintasnya mirip di Indonesia berbeda jauh dengan Jepang.

Suasana Malam di Taiwan Country

Jangan lupa ya, simpan map di gadget arah dari halte bus terakhir ke hotel, perlu jalan sekitar 5 min.
Sehabis check in, mulailah menikmati kota di sekitar hotel.

Jajanan malam di Taiwan Buah buahan segar di Taiwam
Karena pesawat berikutnya ke Jakarta jam 9, saya berinisiatif naik bis paling pagi yaitu 5.50 am ternyata pagi hari lancar hanya butuh waktu 40 min sampe.

24 Agustus 2014, waktu transitnya tidak memungkinkan untuk keluar bandara… Intinya ngirit juga sih hehe.. Tiba di Taiwan 9.40 pm besoknya boarding 7.10.

Tips nya adalah, ketika check in di Jakarta wajib dicheck in-in ampe destinasi terkakhir artinya bagasi langsung ke Fukuoka jadi ga perlu keluar imigrasi, bilang aja mau nginap di evergreen hotel lt.4… Punya gengsi juga ya ga bilang mo nginep di bandara hehe

Selain itu, setibanya di Taiwan segera ikuti arah dan masuk ke ruangan transfer security check, pilih aja salah satu gate toh nanti juga semua gate bisa terhubung.

Nah selanjutnya saatnya mencari tempat tidur… Paling nyaman cari sofa tapi klo ga kuat dingin bisa di tempat ibadah, disediakan 3 tempat ibadah utk muslim, kristen dan lainnya. Ada kelebihan tidur disini, lebih terasa nyaman dan aman karena ga ada yang lalu kalang. Penerbangan terakhir di 23.55 setelah itu sepi deh rame¬†lagi pk 4.00.

mushola touyuan airport
Dan jangan lupa bawa bantal leher biar ga pegel lehernya :)



Oke deh happy nice trip ya… Smoga bermanfaat