Makanan yang Wajib di Bawa Untuk Hidup di Jepang

6465

Saatnya untuk kembali merantau ke negeri Sakura. Ada beberapa makanan yang tidak akan ditemukan di Jepang yang wajib di bawa dari Indonesia. Walaupun ada pastinya akan mahal harganya dan rasanya sedikit berbeda. Di postingan kali ini akan berbagi beberapa makanan yang tahan lama dan wajib dibawa yang kebetulan saya bawa saat pulang kembali ke Jepang kali ini.

1. Kerupuk, Emping, Kecimpring dll

kerupuk jepang

Kerupuk dengan rasa indonesia seperti kerupuk udang sulit ditemukan di Jepang, apalagi emping melinjo dan keripik singkong yang tinggal di goreng bisa membuat hidup di Jepang serasa di Indonesia.

2. Mie

Walaupun banyak mie di Jepang, tetapi hanya sedikit yang dimungkinkan halal. Selain itu, Indomie sebagai contohnya, produk yang di impor memiliki komposisi bumbu yang berbeda. Karena itulah wajib hukumnya untuk membawa perbekalan mie sebanyak mungkin.

3. Hidangan Sarapan

bubur ayam siap saji

Setiap pagi biasanya tidak sempat untuk sarapan, bisa saja membeli roti di Jepang tapi untuk pilihan lainnya kenapa kita tidak membawa seperti bubur ayam dan sereal siap saji yang tentunya tidak akan ditemukan di negeri sakura.

4. Kecap dan Saos

Sulitnya mencari kecap kecuali di toko online internasional dan itupun mahal harganya membuat kecap wajib di bawa, apalagi bagi orang yang sudah kecanduan kecap pada setiap hidangannya. Khusus untuk saos, saos tomat banyak tersedia disini, tetapi saos sambal/pedas jarang ada dan baiknya membawa dari Indonesia.

5. Bumbu Kering

Bumbu-bumbu kering yang siap digunakan wajib untuk di bawa, karena bumbu rempah-rempah di Jepang tidak semua ada dan rasanya sama dengan di Indonesia.

6. Sosis, Baso, Abon

sosis baso

Praktis susah mencari sosis sapi atau ayam yang halal di supermarket di Jepang. Apalagi apabila penggemar baso, tentunya tidak akan ada disini. Jadi siap-siap bawa semampunya. Abon sapi ataupun ayam  juga pilihan tepat untuk di bawa.

7. Minuman Siap Seduh

bandrek bajigur

Siapa tak kenal bandrek, bajigur, es te em je dan lainnya yang tentunya tidak akan ditemukan di Jepang. Selagi berat bagasi masih mencukupi bawalah sebanyak-banyaknya.

8. Bumbu Kentang Goreng

Kentang siap saji banyak di jual di supermarket Jepang, sayangnya bumbu kentang goreng dengan berbagai rasa sulit untuk di dapat. Baiknya bawa dari Indonesia, untuk makan malam biasa cukup dengan kentang goreng.

 

ARTIKEL TERKAIT