21 Manfaat Susu kedelai dan Apakah aman tidakkah untuk ibu hamil ?

92
21 Manfaat Susu kedelai dan Apakah aman tidakkah untuk ibu hamil
21 Manfaat Susu kedelai dan Apakah aman tidakkah untuk ibu hamil

Bidhuan.idMau tahu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ? Susu kedelai selain alami dan mempunyai rasa yang nikmat ternyata dapat membantu menjauhkan Anda dari bahaya kolesterol yang bisa mengintai siapa saja. Susu ini mempunyai warna putih dengan sedikit kekuning kuningan dan biasa dipergunakan sebagai sarapan pagi bersama dengan makanan atau snack pagi lainnya.

Susu kedelai mempunyai kandungan nutrisi banyak yaitu komposisi sebesar 3,5% protein, 2% lemak dan 2,9% karbohidrat. Dilihat dari kategori susu, sebenarnya susu kedelai tidak termasuk dalam kategori susu karena susu ini tidak dihasilkan dari kelenjar susu pada mamalia dan manusia.

Baca : Kue bawang kriuk kriuk nikmat (Resep dan Cara Membuat)

Sejarah susu kedelai

Susu kedelai sudah ada sejak ribuan tahun lalu tepatnya sekitar 1900 tahun yang lalu di Tiongkok, China. Berdasarkan legenda pada negara tersebut diceritakan bahwa waktu itu ibunda dari Raja Huainan dari Dinasti Han mengalami sakit dan tidak dapat mengunyah makanan dengan tekstur keras. Raja Huainan tersebut bernama Liu An kemudian merendam kacang kedelai selama beberapa waktu, sampai menjadi lunak, lalu kacang kedelai tersebut digiling sampai halus dan menjadi cairan yang dikenal dengan sebutan susu kacang kedelai.

Kemudian selama beberapa waktu sang ibunda raja selalu mengkonsumsi susu kedelai tersebut dan berangsur angsur membaik. Pasca kejadian tersebut susu kedelai mulai menyebar luas ke masyarakat  dan menjadi minuman umum didalam kebudayaan Tionghoa. Susu kedelai ini cocok diminum disegala musim disepanjang tahun.

Baca : 2 Cara membuat Mie Aceh sedap mantap (Resep dan Panduan)

1. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil muda

MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU HAMIL MUDA
MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU HAMIL MUDA

Bagi ibu hamil, terlebih yang masih dalam usia hamil muda sangat cocok sekali untuk mengkonsumsi susu ini.

Berikut berbagai manfaat dari mengkonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil muda yaitu :

  1. Sangat baik untuk jantung ibu hamil

Susu kedelai sangat cocok untuk jantung ibu hamil karena mengandung nutrisi utama berupa lemak tak jenuh serta tidak mengandung kolesterol. Karena kandungan lemak tak jenuh dalam susu kedelai inilah yang sangat membantu mencegah terjadinya pembentukan kolesterol dari lemak minuman ataupun makanan yang dikonsumsi.

Keefektifan ini yang membuat kesehatan pembuluh darah terjaga dan pembentukan plak kolesterol dalam darah dapat dicegah. Selain itu kadar lipoprotein dapat meningkat sehingga kesehatan jantung akan terus membaik

  1. Membantu menyerap kalsium

Wanita dalam kondisi hamil memerlukan kalsium dalam jumlah tinggi yaitu sekitar 1200 mg setiap hari. Kondisi ini berbeda dengan kondisi wanita dalam kondisi tidak hamil. Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai yang mengandung fitoestrogen yang dapat membantu tubuh untuk menyerap lebih baik kalsium, sehingga ibu hamil tidak kekurangan kalsium.

Kalsium sendiri merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena dipergunakan untuk membangun pembentukan gigi, tulang dan rambut untuk janin. Selain itu kalsium juga dapat dipergunakan untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Hipertensi yang terjadi pada ibu hamil dapat sangat berbahaya karena dapat berpotensi melahirkan bayi premature dan resiko kematian ibu beserta bayi menjadi sangat tinggi.

Dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai dapat mencegah terjadinya hipertensi dalam masa kehamilan karena susu kedelai mengandung asam omega 3, omega 6 dan antioksidan yang secara efektif bekerja melindungi pembuluh darah. Berbagai kandungan inilah yang membuat pembuluh darah pada ibu hamil mengalami lentur, sehat dan jauh lebih fleksibel.

  1. Mencegah obesitas untuk ibu hamil

Semakin bertambahnya usia kehamilan akan semakin membuat berat badan ibu hamil menjadi naik. Meskipun kenaikan berat badan ini dinilai wajar, namun ada baiknya untuk menjaga agar tidak terjadi obesitas karena bayi besar dalam kandungan juga dapat membahayakan untuk ibu dan bayi itu sendiri.

Kadar gula alami didalam susu kedelai jauh lebih sedikit dibandingkan pada susu kambing ataupun sapi. Kondisi ini sangat bermanfaat untuk mengelola berat badan ibu agar terhindar dari berat badan berlebih.

  1. Membantu kenaikan berat badan janin

Kandungan lemak tak jenuh atau lemak nabati merupakan hal utama dalam susu kedelai karena lemak jenis ini dapat mengendalikan jumlah kolesterol, sekaligus menjaga pembuluh darah agar tetap sehat. Selain itu nutrisi ini dapat diterima oleh janin yang akhirnya dapat membantu meningkatkan berat badan janin. Meskipun begitu ibu hamil tidak usah khawatir akan bayi besar dalam perut ibu karena lemak nabati ini tidak membuat bayi menjadi besar.

  1. Mencegah cacat tabung syaraf

Susu kedelai mempunyai kandungan asam folat yang baik bagi ibu dan janin, sehingga mencegah terjadinya bayi lahir dengan kondisi cacat tabung syaraf. Kandungan inilah yang secara efektif dapat membuat pertumbuhan sel syaraf mengalami peningkatan, sehingga bayi menjadi lebih sehat dan cerdas.

  1. Membantu perkembangan organ vital janin

Susu kedelai selain sebagai sumber protein sehat untuk ibu hamil juga dapat membantu mendorong terjadinya perkembangan organ vital janin didalam kandungan. Protein dalam susu kedelai adalah treonin, arginin, lisin, isoleusin dan glisin yang dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan dalam janin. Selain itu protein ini dapat meningkatkan pembentukan organ dalam janin, seperti kandung kemih.  Jumlah protein yang diperlukan ibu hamil dalam setiap harinya adalah 40 – 70 mg.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kondisi hamil bagi ibu merupakan kondisi yang sangat rentan dengan terjadinya infeksi ataupun tertularnya beberapa penyakit. Kondisi ini terjadi karena tubuh ibu mengalami pembangunan jaringan khusus untuk pertumbuhan janin.

Untuk mencegah terjadinya infeksi ataupun tertularnya beberapa penyakit dapat dilakukan pencegahan dengan rutin mengkonsumsi susu kedelai karena kandungan vitamin A didalamnya dapat membantu ibu hamil membangun imunitras lebih baik dan meningkatkan volume darah, sehingga mencegah anemia, mencegah terjadinya belekan pada bayi yang baru saja lahir, sekaligus mencegah terjadinya pembentukan jaringan tubuh janin. Selain itu vitamin A diperlukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata pada janin.

  1. Mencegah kelelahan dan kekuarangan energi

Kondisi ibu hamil memang lebih cepat lelah karena bukan hanya membawa diri sendiri, melainkan juga si kecil, seperti duduk terlalu lama, bekerja aktif, berdiri terlalu lama, kekurangan nutrisi ataupun perubahan hormonal.

Susu kedelai dapat dipergunakan untuk menghilangkan kelelahan dan kekurangan energi yang terjadi pada ibu hamil karena susu ini dapat memberikan nutrisi yang menyegarkan bagi tubuh. Kandungan karbohidrat dalam susu kedelai dapat menggantikan energi yang hilang secara cepat sehingga ibu hamil sehat dan mencegah dari bahaya kelelahan.

  1. Mencegah pendarahan pasca persalinan

Resiko pendarahan pada saat masa kehamilan selalu menjadi penyebab faktor utama masalah keguguran. Kondisi seperti ini dapat terjadi pada semua tahap kehamilan, mulai dari trisemester pertama sampai trisemester ketiga.

Susu kedelai mempunyai banyak nutrisi seperti fitonutrisi, omega 6, omega 3 dan antioksidan yang dapat bekerja efektif menjaga kesehatan lapisan pembuluh darah. Banyaknya nutrisi ini dapat juga melindungi sel darah dari terjadinya serangan sel jahat yang dapat menyebabkan munculnya pendarahan. Efek mengkonsumsi susu kedelai ini masih dapat dirasakan sampai masa setelah persalinan.

  1. Mencegah diabetes gestasional

Selama masa kehamilan bisa saja terjadi diabetes gestasional yang dapat menyerang ibu yang telah mempunyai riwaya diabetes ataupun yang belum pernah terkena diabetes sama sekali. Kondisi ini ditandai dengan adanya kaki bengkak ketika hamil ataupun terdapat gangguan metabolisme.

Kandungan lemak sehat dengan kadar gula alami rendah yang ada pada susu kedelai dapat membantu mengendalikan jumlah glukosa didalam tubuh sekaligus mencegah diabetes.

  1. Menjaga perkembangan kuku dan rambut pada janin

Kandungan protein tinggi pada susu kedelai dapat membantu pembentukan jaringan kuku dan rambut pada janin. Protein ini juga dapat mendukung terjadinya perkembangan jaringan organ vital sempurna pada janin.

  1. Menjaga fungsi otot, syaraf dan jantung ibu hamil

Kandungan thiamin dalam susu kedelai dapat membantu meningkatkan pembangunan sistem syaraf dan otot pada janin, sekaligus membantu jantung ibu hamil bekerja lebih sehat dan meningkatkan jumlah energy dalam tubuh. Thiamin dalam susu kedelai juga dapat menjaga otak janin berkembang dengan sempurna.

Dalam setiap harinya ibu hamil membutuhkan thiamin sebesar 1,4 mg yang diperoleh dari makanan. Kekurangan thiamin pada ibu hamil dapat menyebabkan morning sickness berlebihan, kekurangan nutrisi, pembengkakan pada kaki dan tangan, gangguan detak jantung, kehilangan fungsi otot dan syaraf pada kaki dan tangan.

  1. Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Umumnya ibu hamil mengalami permasalahan sembelit karena terdapat tekanan perkembangan janin pada rahim yang akhirnya dapat menekan usus sehingga ibu hamil akan mengalami kesusahan untuk buang air besar dan perut juga mengalami sakit melilit.

Selain itu permasalahan hormone juga dapat membuat saluran pencernaan menjadi bekerja tidak optimal. Kandungan kalori dalam susu kedelai sekitar 80 kalori dalam satu cangkur dapat membantu memenuhi kebutuhan serat bagi ibu hamil.

  1. Mendukung fungsi kognitif untuk bayi

Kandungan asam lemak omega 3 dari susu kedelai dapat membantu jaringan sel dan syaraf otak janin menjadi lebih baik dan, sehingga dapat membuat anak menjadi cerdas sejak dalam kandungan. Kandungan inilah yang membuat fungsi kognitif bayi lebih maju dan dapat mengatasi berbagai macam permasalahan, seperti telambat berjalan, terlambat berbicara ataupun gangguan lain yang kemungkinan bisa terjadi.

  1. Menurunkan resiko cacat lahir dan kematian bayi

Susu kedelai dapat mencegah terjadinya cacat pada janin karena dapat meningkatkaan kadar gizi sekaligus membantu mencegah terjadinya infeksi. Susu kedelai juga mengandung vitamin E yang baik untuk ibu hamil dan dan dapat membantu mendorong penyerapan nutrisi menjadi lebih sempurna. Vitamin E dalam susu kedelai dapat membantu pembangunan organ bayi menjadi lebih sempurna selama dalam rahim ibu.

Baca : Cara Membuat Susu Kedelai Homemade yang Nikmat dan Kaya Manfaat

2. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil 8 bulan

MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU HAMIL 8 BULAN
MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU HAMIL 8 BULAN

Untuk ibu hamil dengan usia 8 bulan, susu kedelai mempunyai banyak manfaat yang dapat dirasakan, seperti :

  1. Asam folat

Pada kondisi ibu hamil, asam folat sangat penting untuk perkembangan janin karena dapat memaksimalkan perkembangan sel syaraf dan kecerdasan janin.

  1. Vitamin

Susu kedelai mengandung vitamin A, E dan B yang dapat merawat kesehatan ibu dan janin.

  1. Protein

Kandungan protein dalam susu kedelai dapat membantu merawat kebugaran tubuh ibu selama masa kehamilan. Selain itu susu kedelai dapat membantu perkembangan janin dan mengkontrol organ janin menjadi lebih maksimal. Protein lengkap dalam susu kedelai adalah glisin, treonin, arginin dan lisin.

  1. Karbohidrat

Susu kacang kedelai mempunyai kandungan karbohidrat yang dapat memberikan asupan energy tambahan untuk ibu hamil, sehingga dapat menjadi lebih bugar dan sehat untuk melakukan aktivitas sehari hari.

  1. Lemak nabati

Kandungan ini didalam susu kedelai dapat mengontrol kadar kolesterol didalam darah sehingga dapat terhindar dari problematika kehamilan.

3. Bolehkah ibu hamil minum susu kedelai setiap hari

BOLEHKAH IBU HAMIL MINUM SUSU KEDELAI SETIAP HARI
BOLEHKAH IBU HAMIL MINUM SUSU KEDELAI SETIAP HARI

Susu kedelai mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil, namun meskipun begitu tetap harus memperhatikan jumlah susu kedelai yang dikonsumsi karena terlalu berlebihan mengkonsumsinya ataupun terlalu sedikit juga tidaklah baik. Berikut beberapa bahaya dari konsumsi susu kedelai bagi ibu hamil :

  1. Menghambat perkembangan janin

Susu kedelai mempunyai kandungan senyawa hormone yang hampir sama persis dengan estrogen pada wanita. Susu ini sering dipergunakan untuk terapi pada wanita menopause, namun meskipun begitu susu kedelai ini dapat menghambat perkembangan janin sehingga dalam mengkonsumsinya harus dibatasi menjadi 2-3 kali dalam seminggu saja, bukan setiap hari.

  1. Merubah sifat anak yang sedang dikandung (MITOS)

Konsumsi susu kedelai dapat merubah sifat anak yang ada dalam kandungan karena hormon wanita akan mengalami peningkatan sangat tinggi. Kondisi ini akan berbahaya apabila janin yang dikandung adalah anak laki laki karena kemungkinan anak tersebut akan mempunyai sifat mirip seperti perempuan.

  1. Menyebabkan kista

Konsumsi susu kedelai secara berlebihan pada masa kehamilan dapat menyebabkan terjadinya kista pada janin, apabila terlahir perempuan. Kemungkinan anak perempuan tersebut dapat lahir dengan kondisi terserang penyakit kista atau bahkan yang lebih ekstrim adalah kemandulan.

Berdasar dari bahaya tersebut sebaiknya batasilah konsumsi meminum susu kedelai dan jangan setiap hari meminumnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semuanya.

ARTIKEL TERKAIT