3 Resep Ayam Bakar Nusantara Paling Enak dan Mantap

160
3 Resep Ayam Bakar Nusantara Paling Enak dan Mantap
3 Resep Ayam Bakar Nusantara Paling Enak dan Mantap

Bidhuan.id – Bagaimana resep ayam bakar yang enak? Ayam bakar adalah resep masakan asli atau khas dari Indonesia. Banyak sekali orang yang menyukai ayam bakar karena memang rasanya yang enak dan juga menggugah selera.

Banyak sekali orang yang ingin membuat ayam bakar di rumah namun malas karena banyak yang berpendapat jika ayam bakar itu bahan-bahannya sulit dan juga ribet. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada Anda semua mengenai bagaimana cara membuat ayam bakar yang enak dan lezat.

Tak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasinya untuk Anda :

Resep ayam bakar sederhana

resep ayam bakar sederhana
resep ayam bakar sederhana

Ayam bakar, siapa yang tidak mengenal olahan yang satu ini? Tentu saja sudah banyak sekali dari Anda yang mengenal ayam bakar dan mungkin menjadikan santapan khas Indonesia ini menjadi favorit Anda. Ayam bakar adalah salah satu sajian khas Nusantara yang memiliki banyak penggemar, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa resep kombinasi ayam bakar sehingga Anda bisa mencoba dan mempraktekannya di rumah ketika ingin makan ayam bakar.

Tak usah menunggu lama berikut ini adalah beberapa resep ayam bakarnya :

1. Resep ayam bakar pedas manis

resep ayam bakar pedas manis
resep ayam bakar pedas manis

Yang pertama kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai ayam bakar pedas manis. Ayam bakar pedas manis ini adalah salah satu jenis dari resep ayam yang dibakar dan memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia.

Jika Anda merupakan salah satu pecinta ayam bakar pedas manis maka kami akan memberitahu bagaimana cara membuatnya sehingga Anda bisa mencoba sendiri untuk memasak ayam bakar pedas manis di rumah.

Tak usah menunggu lama berikut ini adalah beberapa informasinya mengenai ayam bakar pedas manis :

Baca juga : 5 Resep Perkedel Kentang Sederhana Yang Bisa Anda Buat Di Rumah

  • Bahan yang diperlukan :

-1 ekor ayam

-2 lembar daun salam

-Air

-Asam jawa yang diperas dan diberi air panas sedikit saja

-Kecap manis

  • Bahan yang dihaluskan untuk bumbu :

-4 siung bawang merah

-3 siung bawang putih

-8 cabai merah keriting

-½ sdt ketumbar

-Kunyit 1 cm

-Jahe 2 cm

-Lengkuas 2 cm

-1 ½ sdt garam

-1 sdt gula pasir

  • Cara membuat :

-Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin memasak ayam bakar bumbu pedas manis adalah dengan membuat bumbunya terlebih dahulu. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dihaluskan seperti yang sudah kami tulis di atas tadi. Untuk menghaluskannya maka Anda bisa menggunakan blender karena hasilnya akan menjadi lebih halus dengan cepat. Namun jika Anda tidak memiliki blender maka Anda bisa menghaluskan bahan di atas menggunakan ulekan saja..

-Setelah menghaluskan semua bahan itu maka selanjutnya lumurilah ayam dengan bumbu yang sudah Anda siapkan tadi. Lumurilah secara merata sehingga ayam bakar nantinya akan memiliki rasa yang enak. Diamkan selama 30 menit sehingga bumbu bisa meresap dengan baik.

-Langkah yang selanjutnya adalah dengan mencampur ayam berbumbu dengan air, kemudian 2 lembar daun salam yang sudah Anda siapkan, kemudian kecap manis, serta air asam yang tadi sudah dilarutkan.

-Masak hingga daging ayam menjadi empuk dan juga sampai kuah berubah menjadi kental, setelah itu angkatlah.

-Karena ayam sudah empuk dan matang secara sempurna maka yang selanjutnya kita akan membakar ayam pedas manis. Bakarlah ayam sambil dibolak-balik sehingga permukaan ayam atau kulitnya menjadi kering dan crispy.

-Jika ayam pedas manis Anda sekiranya sudah jadi dan teksturnya sudah sesuai dengan keinginan Anda maka kami menyarankan supaya Anda mengangkat ayamnya. Ayam siap disajikan dengan sambal dan lalapan!

2. Resep ayam bakar bumbu rujak

resep ayam bakar bumbu rujak
resep ayam bakar bumbu rujak

Setelah membahas mengenai resep dari ayam bakar bumbu pedas manis, maka pada kesempatan ini kami akan memberitahu informasi kepada Anda apa saja bahan dan bagaimana cara membuat ayam bumbu rujak. Ayam bakar bumbu rujak ini adalah salah satu ayam bakar yang paling digemari di Indonesia.

Tak usah menunggu lama berikut ini adalah cara membuat ayam bakar dengan bumbu rujak :

  • Bahan yang diperlukan :

-Ayam

-Lengkuas 2 cm

-Daun salam 2 lembar

-Daun jeruk 2 lembar

-Air asam jawa

-Batang serai

-Gula merah

-Santal kental

-Kaldu ayam

-Air kelapa

-Garam

-Minyak goreng

  • Bahan yang dihaluskan untuk bumbu :

-Merica utuh

-Kemiri

-Jahe 2 cm

-Bawang putih 3 isung

-Bawang merah 6 siung

-Cabai merah

-Kunyit

-Cabai kerinting

-Ketumbar

  • Cara membuat :

-Haluskan bumbu yang dihaluskan yang sudah kami sebutkan di atas tadi, untuk menghaluskan semuanya maka Anda bisa menguleknya atau mungkin Anda bisa menggunakan blender saja jika ingin cepat. Namun jika Anda menginginkan bumbu yang lebih beraroma maka Anda bisa menguleknya saja.

-Panaskan wajan dan beri minyak sedikit saja, tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi sampai keluar bau harum. Kami sarankan supaya Anda mengaduknya secara pelan sehingga bumbu tidak sampai hangus. Jika bau harum sudah keluar maka masukkan ke dalamnya air kelapa, air asam jawa, kaldu, dan santan kental. Aduk tumisan itu sebentar sehingga bisa tercampur dengan rata. Setelah itu masukkanlah adaging ayam yang sudah Anda potong dan aduk kembali sampai benar-benar merasuk ke daging ayam bumbunya.

-Selanjutnya adalah masukkan daun salam, lengkuas, dan daun jeruk serta sereh. Tambahkan sedikit bumbu yaitu garam dapur dan campurkan hingga bumbu tercampur rata dan daging ayam terutupi.

-Langkah yang selanjutnya adalah ungkep ayam bersama bumbu menggunakan api kecil. Tujuan diungkepnya ayam ini supaya bumbunya meresap dengan baik ke dalam daging ayam. Setelah beberapa menit masukkan kecap, tambahkan garam dapur jika dirasa kurang gurih. Aduk dan masak sebentar kemudian matikan api.

-Yang selanjutnya adalah dengan membakar ayam yang sudah kita masak tadi. Jika menggunakan teflon ketika membakar maka jangan lupa olesi teflon dengan mentega atau margarin ya.Jangan lupa dibolak-balik sehingga ayam bakar Anda tidak terlalu gosong.

3. Resep ayam bakar padang

resep ayam bakar padang
resep ayam bakar padang

Ayam bakar di Indonesia dikembangkan menjadi berbagai resep dan variasi. Selain ayam bakar pedas manis dan juga ayam bakar bumbu rujak sekarang ini Anda juga bisa masak ayam bakar resep dari Padang. Ayam bakar padang ini juga tak kalah enaknya dari kedua resep ayam bakar yang di atas. Apa saja resep ayam bakar padang? Simak ulasannya berikut ini :

  • Bahan yang diperlukan :

-Ayam

-Asam kandis

-Perasan air jeruk nipis

-2 Batang serai

-Santan kental

-Santan encer

-Bawang putih 4 siung

-Bawang merah 5 siung

-Garam dapur

-Gula pasir

-Minyak goreng

  • Bumbu yang dihaluskan :

-Kunyit 2 cm

-Jahe 3 cm

-Kemiri

-Cabai merah

-Cabai keriting

-Merica putih

  • Cara membuat :

-Setelah membersihkan ayam dengan mencucinya sampai bersih, lumurilah terlebih dahulu ayam menggunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan garam. Supaya lebih meresap dan tidak amis maka diamkanlah ayam selama 15 menit ya.

-Karena butuh waktu 15 menit, sebaiknya kita menggunakan waktu ini untuk menghaluskan bumbu. Siapkan bumbu yang dihaluskan mulai dari kunyit sampai merica putih. Anda bisa menggunakan blender untuk waktu yang cepat atau mungkin bisa diuleg manual saja sehingga Anda bisa mendapatkan bumbu yang beraroma.

-Siapkan teflon atau penggorengan yang sudah diberi minyak sedikit, kemudian panaskan. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, kemudian campurkan juga irisan bawang merah, bawang putih, dan juga serai yang telah dimemarkan. Tumis sampai berbau harum, dan aduk sehingga bumbu tidak sampai gosong ya.

-Setelah itu masukkan daging ayam ke dalam bumbu dan aduk sampai berubah warna. Kemudian tuangkanlah santan encer dan gula pasir, masukkan juga asam kandus, garam dapur, dan aduk sampai santan mendidih.

-Langkah yang selanjutnya adalah dengan memasukkan santan yang kental ke dalam bumbu dan ayam. Aduk sehingga santan ikut tercampur dengan bumbu dan ayam. Masak hingga bumbu menyusut dan meresap ke dalam ayam.

-Setelah itu siapkanlah panggangan atau mungkin Anda menggunakan teflon untuk membuatnya. Sambil dibakar jangan lupa dibolak-balik dan diolesi menggunakan bumbu sisa tadi, sehingga rasanya semakin mantap dan tidak gosong ayam bakarnya.

Itu tadi beberapa informasi mengenai resep ayam bakar berbagai jenis. Ternyata mudah sekali ya membuat ayam bakar, bahan-bahannya sangat mudah bukan? Semoga artikel ini berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT