3 Resep Fuyunghai Paling Mudah Dibuat dan Enak

111
resep fuyunghai tahu
resep fuyunghai tahu

Bidhuan.id – Gimana sih resep fuyunghai yang enak? Sebagian dari kita mungkin sudah mengenal makanan bernama fuyunghai. Makana bernama fuyunghai ini adalah salah satu jenis makanan chinesse food dan tentunya berasal dari negeri China.

Apa itu Fuyunghai?

Fuyunghai adalah makanan yang terbuat dari telur yang telah diampur dengan daging, biasanya daging ayam yang dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel atau kacang polong kemudian disiram saus tomat asam manis. Rasa dari fuyunghai ini sangatlah enak dan menggugah selera sehingga banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai makanan yang satu ini.

Jika Anda ingin mencoba membuatnya di rumah maka kali ini kami akan membagikan resepnya untuk Anda sehingga Anda bisa mencoba di rumah. Berikut adalah berbagai variasi resepnya :

Resep fuyunghai chinese food mudah

resep fuyunghai chinese food
resep fuyunghai chinese food

Banyak sekali orang yang suka makan chinese food terutama fuyunghai karena rasanya enak, namun ketika ingin mencoba mempraktekkannya di rumah mereka tidak mau mencoba karena takut masakannya tidak enak atau gagal.

Padahal membuat makanan China seperti fuyunghai itu sangatlah mudah dan bahan yang digunakan pun simpel. Karena banyak orang yang tak berani membuat fuyunghai karena takut bagaimana rasanya maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa info mengenai resep fuyunghai yang mudah dan enak pastinya sehingga Anda tidak perlu lagi pergi ke restaurant Chinese food ketika ingin membuat fuyunghai. Tinggal ke dapur lalu masak saja.

Tak usah menunggu lama berikut adalah resepnya untuk Anda!

1. Resep fuyunghai ayam

resep fuyunghai ayam
resep fuyunghai ayam

Salah satu dari  fuyunghai yang paling mudah dan juga disukai banyak masyarakat Indonesia adalah fuyunghai ayam. Fuyunghai ayam ini merupakan salah satu jenis makanan China yang paling mudah untuk dibuat, untuk membuat fuyunghai ayam ini ternyata sangat mudah dan tidak seribet apa yang Anda pikirkan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun juga cukup mudah dan bisa kita temukan di pasar. Jika Anda berpikir untuk membuat fuyunghai dan juga daging ayam maka kali ini kami akan memberikan resep yaitu langkah-langkah serta bahan apa saja yang digunakan.

Tak usah berlama-lama, ini dia resep dari fuyunghai ayam yang enak dan menggugah selera keluarga Anda :

  • Bahan yang diperlukan :

-200 gr daging ayam

-Telur ayam

-Daun bawang

-Merica

-Tepung Tapioka

-Minyak Goreng

-Wortel cincang panjang

-Kacang Polong

Baca juga : Resep Cireng dan Cara Membuat Cireng sehat HOMEMADE

  • Bahan saos fuyunghai :

-Bawang putih 4 siung

-Tepung Maizena

-Saos tomat

-2 Cabai merah

-Tomat

-Bawang bombay

-Gula

-Garam

  • Cara membuat :

-Yang pertama-tama adalah siapkan semua bahan untuk membuat fuyunghai ayam seperti yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Setelah semua bahan sudah siap maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuat sausnya terlebih dahulu. Untuk saos siapkan saus tomat, bawang putih, bawang bombay, cabai merah, tomat, gula, merica, garam, dan larutan tepung maizena.

-Langkah yang kedua, setelah menyiapkan bahan saus maka langkah selanjutnya adalah menghaluskan atau geprek bawang putih. Jika sudah tumislah bawang putih bersama bawang bombay serta cabai merah yang sudah dipotong. Tumis ketiga bahan itu bersamaan sampai tercium aroma harum, supaya tidak gosong maka gunakan api kecil saja.

-Setelah itu masukkanlah saus tomat dan juga tomat yang sudah agak dihaluskan. Menyusul bumbu seprti merica, garam, dan juga gula pasir. Aduk semuanya sampai menjadi rata dan diamkan sebentar.

-Selanjutnya, masukkanlah sedikit air ke dalam saos yang sementara jadi itu dan diamkan selama beberapa menit sampai saos menjadi mendidih.

-Setelah saos mendidih maka masukkanlah larutan tepung maizena, (tepung maizena yang dicampur ddengan sedikit air kemudian diaduk). Setelah masukkan, aduk kemudian cicipi. Jika kurang manis atau kurang asin maka tambahkan gula atau garam sesuai dengan selera. Dan saus fuyunghai akhirnya sudah jadi! Langkah yang selanjutnya kita akan membuat telurnya.

-Pecahkan telur ayam kemudian campur dengan merica, dan bawang yang sudah dipoton kecil, tambahkan tepung tapioka, garam, dan sedikit gula kemuidian diaduk sampi merata. Masukkan daging ayam yang telah direbus bersama wortel, bawang bombay, serta kacang polong setelah itu aduk sampai telur dan bahan lainnya tercampur rata.

-Goreng telur hingga matang dan sajikan bersama saos fuyunghai. Voila! Fuyunghai ayam telah jadi dan siap disajkan!

2. Resep fuyunghai udang

resep fuyunghai udang
resep fuyunghai udang

Tak hanya ayam saja yang bisa dijadikan sebagai campuran di fuyunghai, ternyata seafood seperti udang sekalipun bisa menjadi campurannya. Bahkan banyak yang lebih menyukai fuyunghai dari udang ini karena banyak yang berpendapat jika fuyunghai udang ini rasanya lebih enak dan gurih. Penasaran bagaimana resepnya?

  • Bahan yang diperlukan :

-Telur ayam

-Udang

-Tepung Tapioka

-Daun bawang

-Merica bubuk

-Kol

-Wortel

-Kacang polong

  • Bahan saos fuyunghai :

-Bawang putih 4 siung

-Tepung Maizena

-Saos tomat

-2 Cabai merah

-Tomat

-Bawang bombay

-Gula

-Garam

  • Cara membuat :

-Langsung saja pada cara membuatnya, untuk membuat fuyunghai udang ini pertama kita membuat sausnya dulu. Siapkan bahan saus yang sudah kami catat di atas kemudian oseng semuanya menjadi satu sama seperti langkah ketika kita membuat saus fuyunghai ayam di atas tadi.

-Selanjutnya adalah pecahkan telur ayam yang sudah Anda sediakan ke dalam wadah kemudian campurkan bahannya yaitu udang, tepung tapioka, daun bawang, merica, garam, gula, kacang polong, dan juga kol. Setelah itu aduk semua bahan sampai tercampur rata dan goreng menggunakan minyak. Gunakan api kecil saja sehingga telur tidak gosong.

-Setelah telur fuyunghai udang telah jadi siramlah dengan saus fuyunghai yang telah Anda buat pada langkah awal tadi. Fuyunghai udang yang lezat siap Anda santap, pastikan jika Anda menyajikannya selagi panas dan juga hangat sehingga lebih enak.

3. Resep fuyunghai tahu

resep fuyunghai
resep fuyunghai

Fuyunghai tidak hanya bisa dicampur dengan daging seperti ayam atau udang saja tetapi juga bisa dicampur dengan tahu sekalipun. Walau rasanya mungkin tidak akan sama dengan fuyunghai ayam dan udang, namun fuyunghai tahu ini juga memiliki rasa yang lezat dan enak. Bahkan beberapa orang menyukai fuyunghai yang terbuat dari tahu karena rasanya lebih enak dan juga teksturnya lebih lembut. Jika di rumah ada bahan membuat fuyunghai tahu kenapa tidak mencoba untuk membuatnya?

  • Bahan yang diperlukan :

-Tahu yang dihaluskan kasar

-2 siung bawang putih

-Minyak goreng

-Tepung terigu

-Kol yang diiris tipis

-Merica

-Telur ayam

-Garam

-Gula

-Daun bawang

  • Bahan saos :

-Bawang putih

-Saos tomat

-Saus tiram

-Gula

-Cuka

-Bawang bombay

-Larutan maizena

-Garam

-Air

-Minyak goreng sedikit

  • Cara membuat :

-Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampur sedikit bawang putih, tahu yang telah dihancurkan. Setelah itu masukkan wortel, telur, tepung terigu, garam, merica, kemudian aduk sampai merata.

-Panaskan sedikit minyak kemudian goreng adonan telur yang sudah tadi Anda campurkan dengan minyak kecil sehingga telur tidak sampai gosong dan matang secara merata. Setelah matang kemudian angkat dan tiriskan.

-Yang selanjutnya adalah membuat saus untuk bahan fuyunghai. Untuk membuat bahan saus fuyunghai ini mudah sekali ya. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menumis bawang putih yang telah digeprek kemudian mencampurkan bawang bombay dan tumis hinggga baunya harum.

-Setelah itu campurkan saus tomat, beri garam, dan juga gula. Kemudian aduk supaya bumbu tercampur menjadi rata.

-Larutkan tepung maizena, dengan cara mencampur beberapa sendok tepung maizena dengan air kemudian diaduk sampai rata. Setelah itu tuangkanlah sedikit demi sedikit ke saos yang tadi sudah Anda campur. Aduk supaya bumbu tercampur dengan rata, tambahkan sedikit cuka.

-Masak saos itu hingga mendidih kemudian angkat. Saos untuk fuyunghai tahu telah jadi dan siap disajikan atau disiram bersama fuyunghai ya!

Itu tadi beberapa resep unik yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai resep fuyunghai yang merupakan salah satu masakan china atau Chinese food yang menguggah selera, tidak masalah jika Anda ingin mengkreasikan resep fuyunghai ini dengan berbagai bahan.

Misalnya dicampur dengan jamur atau mungkin diganti dagingnya, dan ditambahkan sayuran yang Anda sukai. Atau mungkin bisa jadi Anda mengkombinasikan bumbu dari saos fuyunghainya. Semoga artikel ini berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya!

ARTIKEL TERKAIT