Cara membuat kerupuk Ikan Bandeng, Tenggiri dan Tongkol Rumahan

129
Cara membuat kerupuk Ikan Bandeng Tenggiri dan Tongkol Rumahan
Cara membuat kerupuk Ikan Bandeng Tenggiri dan Tongkol Rumahan

Bidhuan.idMau tahu cara membuat kerupuk ikan ? Kerupuk ikan, yah siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini nan gurih dan renyah. Kerupuk biasa disajikan sebagai pelengkap makanan yang wajib ada di meja makan. Indonesia mempunyai berbagai macam kerupuk khas nan unik dan cita rasa kelezatan yang berbeda beda disetiap penjuru daerahnya.

Sejarah kerupuk

Indonesia sudah lama mengenal adanya kerupuk sejak di zaman kerajaan dengan asal muasalnya kerupuk terbuat dari kulit hewan yang melalui proses pengeringan dengan mengandalkan tenaga sinar matahari, kemudian setelah kering digoreng sampai matang dan garing. Ketika tanaman singkong hadir di Indonesia sekitar tahun 1850 secara tidak langsung merubah bahan dasar utama kerupuk yang awalnya dari kulit hewan menjadi singkong yang dirubah menjadi tepung singkong dahulu.

Ada sejarah kerupuk lain yang menyebutkan bahwa kerupuk berasal dari kisah keluarga miskin yang mempunyai banyak anak. Untuk bertahan hidup keluarga tersebut makan nasi dengan lauk singkong yang diparut dan dibentuk menjadi kerupuk. Proses pembuatannya adalah dengan memarut singkong sampai halus, kemudian dicampurkan dengan air dan diperas sampai tersisa hanya sarinya saja. Setelah itu endapan dari sari singkong dibiarkan semalaman dan dilanjutkan dengan dijemur sampai menjadi tepung tapioka. Kemudian tepung tersebut di olah menjadi kerupuk.

Baca : Resep kue bawang, Cara jitu membuat dalam Sekejap

Terlepas dari kontroversialnya asal muasal kerupuk, namun kerupuk sudah menjadi makanan pelengkap dari makanan utama. Apapun jenis makanannya sepertinya kurang lengkap jika tidak ada kerupuk yang mendampingi, apalagi jika masa Hari Kemerdekaan Indonesia tiba rasanya kurang lengkap tanpa adanya lomba makan kerupuk untuk memperingatinya.

Kerupuk ikan

Seiring perkembangan zaman, kerupuk sudah tidak lagi wajib menggunakan bahan dasar tepung tapioka, namun bisa diganti dengan bahan bahan lain tergantung pada 3 proses persiapannya, yaitu pembuatan, pengeringan dan pemasakan yang bisa digoreng dengan pasir, minyak atau bahkan dibakar.

Kerupuk yang paling umum dijumpai di Indonesia adalah kerupuk udang, kerupuk aci atau kerupuk mlarat dari bahan adonan sagu yang dicampurkan dengan garam, vetsin dan pewarna makanan. Untuk kerupuk dengan jenis ikan biasanya dijual dalam kemasan yang belum melalui proses penggorengan. Berikut ini berbagai cara membuat kerupuk ikan yang dapat dipergunakan sebagai referensi.

1. Cara membuat kerupuk ikan bandeng

CARA MEMBUAT KERUPUK IKAN BANDENG
CARA MEMBUAT KERUPUK IKAN BANDENG

Bandeng merupakan ikan yang sangat disukai untuk dipergunakan sebagai olahan makanan karena cita rasanya yang gurih, daging ikan tidak asin dan tidak mudah hancur apabila dimasak. Meskipun begitu ikan jenis ini mempunyai banyak duri, dimana duri ini sebenarnya adalah tulang dari ikan bandeng itu sendiri. Umumnya pada saat memakan ikan bandeng akan terganggu dengan adanya duri ini, sehingga perlu diatasi untuk menghilangkannya. Beberapa cara yang dapat dipergunakan untuk menghilangkan atau membuatnya duri ikan bandeng menjadi halus dan aman dikonsumsi adalah dengan cara memasakknya menggunakan panci bertekanan tinggi (presto) dalam waktu tertentu.

Baca : Resep Cireng dan Cara Membuat Cireng sehat HOMEMADE

Tips untuk menghilangkan duri ikan bandeng

Beberapa tips berikut dapat dipergunakan sebagai alternative lain untuk membantu menghilangkan duri ikan bandeng secara total, yaitu :

  1. Bersihkan sisik ikan bandeng terlebih dahulu
  2. Belah secara melebar ikan bandeng dari bagian pangkal ekor, punggung sampai dengan kepala
  3. Buanglah isi perut bandeng dan cuci sampai bersih
  4. Patahkan tulang belakang di bagian ekor ikan bandeng dan tariklah ke arah kepala
  5. Cabutlah sisa sisa dari duri ikan bandeng dengan menggunakan bantuan pinset

Untuk mengolah ikan bandeng menjadi kerupuk tidaklah sesulit yang dibayangkan, melainkan cukup mudah dan simple. Anda bisa mempraktekkan membuat kerupuk sendiri dirumah dengan cara sebagai berikut :

Bahan bahan :

  • ½ kg daging ikan bandeng tanpa duri
  • ½ kg tepung sagu/tapioka
  • 100 cc air matang
  • 2 butir telur bebek
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Kukuslah daging ikan bandeng sampai matang dan tumbuklah sampai menjadi halus
  2. Kemudian campurkan tepung sagu/tapioka dengan air secara perlahan lahan
  3. Setelah itu masukkan daging ikan, gula, garam dan telur menjadi satu, lalu aduk aduk sampai tercampur rata sampai menjadi adonan kerupuk
  4. Kemudian adonan kerupuk digilas berulang ulang kali sampai menjadi kalis
  5. Setelah itu bentuklah adonan menjadi bulat panjang dan pipih, lalu lanjutkan dengan membungkusnya mempergunakan daun pisang atau plastic, kemudian kukuslah sampai matang
  6. Setelah matang segerala angkat dan dinginkan selama semalaman
  7. Kemudian irislah tipis tipis adonan dan jemurlah dibawah terik matahari yang menyengat sampai kerupuk ikan bandeng benar benar kering
  8. Setelah kerupuk ikan bandeng telah kering, lanjutkan dengan menggorengnya sampai matang
  9. Setelah matang, kerupuk ikan bandeng siap untuk disajikan atau dikemas untuk dijual

2. Cara membuat kerupuk ikan tongkol

CARA MEMBUAT KERUPUK IKAN TONGKOL
CARA MEMBUAT KERUPUK IKAN TONGKOL

Ikan tongkol mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga cocok sekali untuk dikonsumsi. Beberapa manfaat dari ikan tongkol adalah sebagai berikut :

  1. Ikan tongkol dapat menjaga kesehatan mata

Penelitian dari John Hopkins School of Medicine menghasilkan bahwa ikan tengiri mengandung zat omega 3 yang dapat menurunkan penyakit yang menyerang mata, serta mengurangi resiko Age Macular Disease yaitu penyakit mata yang disebabkan oleh karena usia yang menua. Umumnya penyakit ini diderita oleh orang yang sudah lanjut usia.

  1. Ikan tongkol dapat menyembuhkan penyakit rematik
  2. Ikan tongkol dapat mencegah penyakit anemia

Ikan tongkol mempunyai kandungan alami zat besi yang dapat membantu, menghilangkan sekaligus mencegah terjadinya penyakit anemia yang ditandai dengan gejala letih, lesu, lunglai, lemah, lemas, imunitas menurun, pegal pegal pada persendian, wajah memucat, mudah pilek dan demam.

  1. Ikan tongkol bisa mencegah penyakit ejakulasi dini

Manfaat dari ikan ini yang dipergunakan untuk mencegah terjadinya penyakit ejakulasi dini adalah dengan memanfaatkan insang dari ikan tongkol.

  1. Ikan tongkol dapat menjaga kesehatan jantung

Kandungan omega 3 dalam ikan tongkol dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena detak jantung dijaga dengan baik, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung

  1. Ikan tongkol dapat meningkatkan kemampuan kognitif

Omega 3 dalam ikan tongkol dapat membua kemampuan berfikir dan kemampuan kognitif menjadi berkembang sempurna. Untuk ibu yang sedang mengandung, ikan tongkol ini sangatlah baik untuk meningkatkan kognitif pada bayi agar menjadi lebih baik.

Baca : Resep Sosis Bakar: Mantapnya sosis bakar siap disantap

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tongkol

Membuat kerupuk dari ikan tongkol ini secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan untuk tetap sehat. Cara pembuatan kerupuk ikan tongkol sangatlah mudah dan sederhana, yaitu :

Bahan bahan :

  • 2 kg tepung tapioka
  • 1 kg daging ikan tongkol yang telah dibersihkan dan di haluskan
  • 2 sendok makan garam
  • 10 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 sendok teh ketumbar yang dihaluskan
  • 1 sendok teh soda kue
  • 600 gram gula pasir
  • 10 butir telur ayam
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Campurkan tepung tapioka dan daging ikan tongkol yang telah dihaluskan, kemudian aduk aduk sampai tercampur rata
  2. Tambahkan garam, bawang putih halus, ketumbar halus, gula pasir, telur dan soda kue sembari tetap diaduk aduk sampai rata
  3. Setelah itu uleni adonan sampai menjadi kalis dan tidak lagi lengket di tangan
  4. Kemudian bungkuslah adonan dengan menggunakan daun pisang, lalu gulung secara memanjang dan kukus dalam panci selama kurang lebih 2-3 jam sampai matang
  5. Setelah matang, segeralah angkat dan dinginkan dalam suhu ruangan
  6. Setelah adonan menjadi dingin segeralah mengirisnya secara tipis tipis dengan menggunakan pisau atau dengan mesin khusus pemotong kerupuk ikan
  7. Kemudian jemurlah dibawah terik sinar matari irisan kerupuk ikan tongkol tadi sampai benar benar menjadi kering. Umumnya waktu penjemuran adalah 3-5 hari bergantung pada keadaan dan kondisi cuaca
  8. Setelah kerupuk ikan tongkol benar benar kering, segera angkat dan gorenglah dengan menggunakan minyak panas sampai kerupuk merekah sempurna
  9. Setelah kerupuk matang sempurna, segera angkat dan tiriskan
  10. Kerupuk ikan tongkol sudah siap untuk disajikan

3. Cara membuat kerupuk ikan tenggiri

CARA MEMBUAT KERUPUK IKAN TENGIRI
CARA MEMBUAT KERUPUK IKAN TENGIRI

Ikan tenggiri masih kerabat dekat dengan tuna, makarel, tongkol, madidihang dan ikan kembung. Ikan jenis ini sangat banyak disukai oleh orang dan bahkan banyak diperdagangkan dalam bentuk segar, kering, siomay dan lain lain. Selain itu ikan tenggiri dapat diolah menjadi kerupuk yang nikmat dan enak. Anda bisa membelinya matang, mentah atau justru membuat sendiri kerupuk tersebut dirumah karena proses pengolahnnya sangatlah mudah yaitu :

Bahan bahan :

  • 800 gram tepung tapioka
  • 350 gram daging ikan tenggiri yang telah dihaluskan
  • 1 sendok makan garam dapur
  • 5 siung bawang putih yang dihaluskan
  • ½ sendok teh ketumbar yang dihaluskan
  • ½ sendok teh soda kue
  • 300 gram gula pasir
  • 5 butir telur ayam atau bebek
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Campurkan menjadi satu daging dengan bumbu bumbu yang telah dipersiapkan
  2. Tambahkan sedikit tepung secara perlahan lahan sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata dengan sempurna
  3. Setelah itu mauskkan air sedikit demi sedikit dan perlahan lahan sembari uleni adonan sampai menjadi kalis
  4. Lanjutkan dengan menguleni adonan sampai kalis dan tidak lengket dengan menggunakan tangan
  5. Kemudian gulung dan bungkusla adonan yang telah kalis dengan daun pisang ataupun plastic dan masukkan dalam panci, lalu kukuslah selama kurang lebih 2-3 jam sampai adonan kerupuk ikan tengiri matang sempurna
  6. Setelah matang segera angkat dan dinginkan
  7. Setelah adonan kerupuk ikan tenggiri menjadi dingin, segera iris tipis tipis kemudian jemurlah di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2-3 hari bergantung dari cuaca
  8. Kemudian setelah kerupuk ikan tenggiri mongering, lanjutkan dengan menggorengnya dengan menggunakan minyak panas sampai kerupuk merekah sempurna
  9. Setelah kerupuk ikan tenggiri matang segera angkat dan tiriskan
  10. Kerupuk ikan tenggiri sudah siap untuk dinikmati

Demikianlah informasi seputar cara membuat kerupuk ikan yang dapat dipergunakan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT