3 Resep Ayam Kremes Paling Enak dan Kriuknya Berasa yang Mudah Dibuat

120
3 Resep Ayam Kremes Paling Enak dan Kriuknya Berasa yang Mudah Dibuat
3 Resep Ayam Kremes Paling Enak dan Kriuknya Berasa yang Mudah Dibuat

Bidhuan.id – Bagaimana sih Resep Ayam Kremes? Siapa yang tidak suka dengan santapan ayam? Apapun masakannya jika menggunakan ayam tentu saja rasanya akan sangat enak. Banyak sekali makanan yang terbuat dari ayam, mulai dari ayam bakar, kemudian ayam goreng, ayam bumbu bali, dan masih banyak lagi.

Salah satu menu ayam yang mungkin banyak disukai oleh orang-orang Indonesia adalah ayam kremes. Bagi Anda para wanita yang mungkin ingin mencoba makan ayam kremes dan ingin masak sendiri maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi penting pada Anda semua mengenai resep-resep ayam kremes sehingga Anda bisa membuat ayam kremes di rumah dengan mudah dan praktis.

Jika bisa membuat sendiri kenapa harus membelinya kan?

Resep ayam kremes sederhana paling mudah

resep ayam kremes sederhana
resep ayam kremes sederhana

Karena banyak sekali yang menanyakan mengenai resep ayam kremes maka kami akan membagikan beberapa resepnya. Ada beberapa versi resep untuk membuat ayam kremes yang bisa Anda semua coba di rumah masing-masing. Kami akan memberikan beberapa resepnya dengan bahan yang mudah dan cara pembuatan yang sangat mudah untuk diikuti sehingga Anda bisa mempraktekkannya di rumah sendiri. Berikut adalah cara dan juga resep yang bisa Anda lakukan dan praktekkan di rumah ya :

Resep ayam kremes laos mudah

resep ayam kremes laos
resep ayam kremes laos

Jika Anda bosan makan ayam kremes biasa dan ingin mencoba makan ayam kremes dengan resep yang berbeda maka kami sarankan supaya Anda mencoba ayam goreng kremes laos atau lengkuas. Lengkuas atau yang dalam bahasa jawa disebut sebagai laos ini adalah salah satu jenis bumbu dapur yang digunakan untuk memasak dan membuat masakan jadi sedap. Untuk ayam kremes laos ini rasanya sangat gurih dan lebih enak. Sangat cocok disajikan dengan nasi hangat, sayuran, serta lalapan dan sambal. Untuk membuat ayam kremes lengkuas atau laos ini sangatlah mudah karena bahan yang digunakan bisa kita cari dengan mudah dan bisa kita buat juga dirumah dengan gampang. Penasaran bagaimaan cara membuat ayam kremes dengan bumbu laos atau lengkuas? Simak resep di bawah ini :

  • Bahan yang diperlukan :

-1 kg ayam

-2 lembar daun salam

-2 lembar daun jeruk

-250 ml air

-2 laos atau lengkuas yang diparut

-2 serai digeprek

-1 buah jeruk nipis

-Garam

-Bumbu penyedap rasa

-Minyak goreng

  • Bahan yang dihaluskan :

-1 sendok teh ketumbar

-1 kunyit

-3 kemiri

-3 bawang putih

-5 bawang merah

  • Cara membuat ayam kremes laos :

-Yang pertama adalah buahnglah lendir atau lemak yang menempel pada daging ayam sehingga ketika digoreng tidak berlemak. Setelah itu cuci ayam sampai bersih dan berikan jeruk nipis serta sejumput garam kemudian didiamkan selama beberapa menit agar meresap.

-Langkah kedua adalah blender bumbu yang dihaluskan di atas mulai dari ketumbar sampai bawang merah sampai halus. Jika tidak ada blender maka Anda bisa menguleknya sampai lembut juga.

-Ketiga, Anda harus memanaskan sedikit minyak goreng kemudian masukkan bumbu yang tadi sudah dihaluskan dan oseng hingga bumbu berbau harum sedap. Setelah itu masukkan ayam yang sudah Anda sediakan tadi dan aduk serta bumbu menjadi rata dan diamkan juga beberapa menit sehingga bumbu meresap ke dalam daging ayam.

-Langkah yang keempat, setelah beberapa menit didiamkan Anda harus memasukkan daun jeruk, serai yang telah digeprek, serta daun salam ke dalamnya. Jangan lupa juga untuk menambahkan lengkuas atau laos yang tadi diparut. Tambahkan air kemudian aduk-aduk, campurkan garam dan bumbu penyedap rasa dan tunggu air menyusut.

-Setelah bumbu terserap saring ayam dan kemudian goreng sampai warna keemasan. Setelah itu bumbu bekas lengkuas atau laos tadi digoreng sehingga menjadi remahan atau kremesan. Sajikan di piring bersama ayam goreng!

Baca : Resep Cireng dan Cara Membuat Cireng sehat HOMEMADE

Resep ayam kremes tulang lunak

resep ayam kremes tulang lunak
resep ayam kremes tulang lunak

Setelah memberikan info kepada Anda mengenai resep ayam kremes laos, maka kami akan memberikan juga informasi mengenai resep ayam kremes tulang lunak karena banyak sekali orang yang suka dengan ayam kremes tulang lunak. Ayam kremes tulang lunak ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia diakrenakan memiliki tulang lunak sehingga akan lebih mudah ketika dimakan. Jika Anda ingin mempraktekannya di rumah namun tak tahu bagaiamana resepnya dan membuatnya, maka perhatikanlah beberapa cara di bawah ini :

  • Bahan yang diperlukan :

-1 ekor ayam kampung

-3 lembar daun jeruk

-2 serai

-2 lembar daun salam

-1 lengkuas

-500 ml santan

  • Bahan yang dihaluskan :

-Garam dapur

-Ketumbar

-Bumbu penyedap

-Gula

-Merica bubuk

-6 bawang putih

-6 bawang merah

-4 kemiri

-1 kunyit

  • Bumbu kremesan :

-Sisa rendaman ayam

-2 sdm tepung beras

-2 sdm tepung sagu

-1 sdt baking powder

-1 butir kuning telur

  • Cara membuat :

-Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menumis bumbu yang harusnya dihaluskan itu dengan sedikit minyak sampai baunyan menjadi harum. Setelah itu masukkanlah ayam yang sudah Anda cuci sebelumnya ke dalam tumisan. Kemudian masukkan santan atau air, setelah itu presto hingga 1-1 1//2 jam sampai tulang bisa menjadi lunak.

-Jika waktu sudah menunjukkan matang maka angkatlah ayam, cek apakah ayam itu tulangnya benar-benar lunak. Jika tulang sudah lunak maka Anda bisa mengangkatnya ya.

-Langkah ketiga yang setelah Anda mengangkat ayam adalah menggoreng ayamnya. Karena ayamnya sudah dipresti maka ayam akan berubah menjadi lebih lembut dan lunak, jika ketika digoreng tidak hancur maka kami sarankan supaya Anda menggorengnya menggunakan saring. Goreng sebentar saja sampai ayam menjadi kering.

-Setelah ayam sudah digoreng, langkah yang selanjutnya adalah dengan membuat bahan kremesan. Untuk membuat bahan kremesan sangatlah mudah. Campurkan semua bahan kremesnya kemudian goreng sampai menjadi kriuk. Taburkan kremesan di atas ayam dan ayam goreng kremes tulang lunak sudah bisa Anda sajikan!

Baca : Resep Perkedel Kentang Sederhana yang Bisa Anda Buat di Rumah

Resep ayam kremes padang

resep ayam kremes padang
resep ayam kremes padang

Jika bicara ayam kremes maka banyak sekali variasi dari ayam kremes. Selain ayam kremes biasa, ada juga ayam kremes tulang lunak serta ayam kremes laos. Selain kedua jenis ayam kremes itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan info mengenai resep ayam kremes Padang yang bisa menguggah selera Anda.

Ayam kremes Padang ini biasanya bisa kita temui dengan mudah di berbagai rumah makan Padang dan Anda harus mencoba karena rasanya yang enak.Tak usah menunggu lama, ini adalah bahan-bahan dan juga cara membuat resep ayam kremes asal Padang. Siapkan beberapa bahan di bawah ini ya :

  • Bahan yang diperlukan :

-Jeruk nipis

-Daging ayam

-Telur

-Lengkuas (parut)

-Minyak goreng

  • Bumbu yang dihaluskan :

-Merica

-4 bawang putih

-1 ruas kunyit

-2 ruas lengkuas

-Garam

  • Cara membuat :

-Pertama-tama adalah bersihkan daging ayam, setelah itu peras jeruk nipis di atas daging ayam dan diamkan selama 10 menit.

-Setelah itu haluskanlah beberapa bumbu yang sudah kami sebutkan di atas. Setelah bumbu bumbu dihaluskan bisa menggunakan blender dan juga diulek kemudian lumurkan di daging ayam. Setelah itu diamkanlah daging ayam yang telah dibumbui itu sehingga bumbu lebih meresap.

-Kocoklah telur yang sudah Anda siapkan, tambahkan lengkuas yang tadi sudah diparut dan kocok bersama untuk dijadikan sebagai kremesan.

-Jika bumbu ayam sudah meresap maka selanjutnya gorenglah pada minyak yang panas hingga ayam kering. Setelah warna daging ayam menjadi kuning kecoklatan maka angkat dan juga tiriskan.

-Jika ayam sudah digoreng, sekarang saatnya kita menggoreng kremesan. Untuk kremesan ayam ini dibuat melalui telur dan juga lengkuas parut tadi. Kocok kedua bahan setelah itu goreng sampai menyerupai kremesan. Jika sudah taburkanlah di atas ayam goreng, ayam kremes khas Padang sudah bisa disajikan bersama sambal serta lalapan!

Itu tadi beberapa variasi dari resep ayam kremes dengan berbagai macam bahan dan juga cara pembuatan. Cara membuat resep ayam yang sudah kami bagikan di atas mudah semua sehingga Anda bisa mencobanya di rumah ya.

Karena caranya sangat mudah maka Anda bisa mengikutinya ya, berbagai resep ayam kremes ini bisa Anda coba, dan supaya ayam menjadi lezat maka ketika menggorengnya kami sarankan untuk menggunakan minyak goreng yang baru serta menggunakan minyak yang panas sehingga ayam menjadi krispi.

Selain itu ketika menggoreng kremesan usahakan menggunakan minyak goreng yang panas juga ya agar kremesan menjadi kriuk. Semoga artikel yang kami berikan ini berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya!

ARTIKEL TERKAIT