Tahu Crispy: 3 Resep Jitu Membuat Tahu Crispy Nikmat dan Renyah

218
Tahu Crispy - 3 Resep Jitu Membuat Tahu Crispy Nikmat dan Renyah
Tahu Crispy - 3 Resep Jitu Membuat Tahu Crispy Nikmat dan Renyah

Bidhuan.id –  Mau tahu bagaimana membuat tahu crispy mantap ? Tahu merupakan kuliner tertua yang diperkenalkan oleh orang Tionghoa di Indonesia. Zaman dulu kala, tahu menjadi penyelamat bagi masyarakat Jawa pada saat masa krisis terhadap asupan gizi, bahkan pada abad ke 10 orang Tionghoa telah menyajikan tahu di Indonesia meskipun waktu itu masih terbatas hanya untuk kalangan elite.

Sejarah tahu

Asal muasal tahu sebenarnya sudah sejak 3.000 tahun yang lalu dari Tiongkok dan menyebar secara cepat di Jepang, Korea dan Asia Tenggara. Sekarang ini tahu sudah tersebar di seluruh dunia, sudah bisa menikmati nikmatnya tahu tanpa harus pergi ke Negara lain. Di Indonesia sendiri, Kediri dipercaya sebagai kota pertama yang mengenal tahu. Hal ini diperkuat dengan adanya sejarah tempat berlabuhnya jung jung mongol atau yang disebut dengan Jung Biru, yaitu tempat untuk tentara Kubilai Khan sekitar tahun 1292.

Kata tahu berasal dari bahasa Tionghoa, yaitu tao-hu atau teu-hu. Kata tao/teu mempunyai arti kacang kedelai, sedangkan hu berart hancur menjadi bubur, sehingga kata tahu mempunyai arti makanan dengan bahan baku kedelai yang dihancurkan menjadi bubur.

Baca : Resep kue bawang, Cara jitu membuat dalam Sekejap

Indonesia terutama orang Jawa pada abad ke 19 mengalami krisis gizi akibat dari penerapan sistem tanam paksa (cultuurstelsel), dimana hasil bumi dikuras sampai kesulitan makan untuk memenuhi kepentingan kolonial. Dari kejadian tersebut muncullah alternative pangan berupa tahu dan tempe sebagai penyelamat gizi masyarakat. Sekarang ini tahu sudah menjadi makanan penting bagi Indonesia dan cara penyajiannya sudah bervariasi menyesuaikan wilayah masing masing. Tahu dapat dinikmati bersama dengan nasi atau sekedar untuk cemilan.

Tahu crispy

Tahu crispy merupakan olahan dari tahu yang mempunyai tekstur renyah dengan metode masak digoreng sampai garing. Tahu crispy biasanya disajikan dengan bumbu balado, keju dan lain lain untuk menambah cita rasa. Banyaknya varian rasa dari tahu crispy membuat tahu ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, mula dari anak anak sampai orang dewasa.

1. Resep tahu crispy untuk dijual

RESEP TAHU CRISPY UNTUK DIJUAL
RESEP TAHU CRISPY UNTUK DIJUAL

Bisnis kuliner tahu crispy apabila benar benar ditekuni cukup menjanjikan karena tahu ini sangat laris manis dipasaran. Proses pembuatan tahu crispy sangatlah sederhana, cukup menggorengnya saja namun meskipun begitu tetap harus memperhatikan bahan baku utamanya berupa tahu, sehingga kualitas tahu benar benar harus dijaga. Untuk menjadikan tahu crispy sebagai bisnis sebaiknya harus menemukan penyuplai khusus tahu, karena umumnya jenis tahu yang digunakan untuk tahu crispy lebih cepat basi, sehingga tidak tersedia dipasar bebas. Anda bisa melakukan pembelian tahu kopong mentah langsung ke pabrik tahu atau memesan pada agen khusus.

Baca : Resep Cireng dan Cara Membuat Cireng sehat HOMEMADE

Umumnya tahu seperti ini dijual per papan dengan ukuran yang disesuaikan dengan permintaan. Cara pembuatan tahu crispy untuk dijual terhitung sangat mudah dan simple yang pasti dijamin enak, yaitu :

Bahan bahan :

  • 1 papan tahu kopong mentah yang sudah dipotong potong
  • 250 gram tepung terigu
  • 5 sendok makan tepung beras
  • 10 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 1,5 liter air
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bumbu tabur secukupnya
  • Cabe giling secukupnya
  • Minyak banyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Persiapkan adonan crispy terlebih dahulu dengan cara memasukkan tepung terigu, bawang putih yang telah dihaluskan, tepung beras, kaldu bubuk, lada bubuk dan garam secukupnya ke dalam wadah, kemudian aduk aduk sampai rata
  2. Sembari mengaduk aduk adonan crispy, tuangkan air sedikit demi sedikit dan perlahan lahan agar adonan tidak mengalami penggumpalan. Adonan yang digunakan untuk tahu crispy adalah adonan yang sangat encer sehingga sangat mudah untuk dituangkan
  3. Kemudian panaskan minyak goreng dengan menggunakan api sedang, sampai minyak benar benar panas. Untuk mengecheck suhu minyak telah panas atau belum, lakukan dengan cara meneteskan adonan ke dalam minyak. Apabila minyak langsung bergejolak, berarti minyak sudah benar benar panas
  4. Setelah itu rendamlah potongan tahu sebentar pada adonan tahu crispy, lalu angkat dengan serokan dan gorenglah dalam minyak yang telah panas tadi
  5. Gorenglah tahu crispy sampai tahu berwarna agak kecoklatan dan mengembang. Apabila ingin membuat tahu crispy bisa tahan lebih lama, sebaiknya gorenglah tahu crispy sampai benar benar garing
  6. Sembari masih menggoreng tahu crispy, tambahkan 1-2 sendok sayur adonan tahu crispy dan siramkan tepat saat tahu yang masih digoreng dan biarkan beberapa waktu sampai tahu benar benar menjadi garing
  7. Apabila tahu crispy telah matang dan selagi masih panas, bisa ditambahkan bumbu tabur dan cabe giling secukupnya
  8. Tahu crispy telah siap untuk disajikan

2. Resep tahu crispy mini

RESEP TAHU CRISPY MINI
RESEP TAHU CRISPY MINI

Apabila Anda bosan dengan tahu crispy yang biasa karena ukurannya yang lumayan langsung mengenyangkan atau karena keterbatasan tahu yang ada dirumah. Anda masih bisa membuat tahu crispy dari keterbatasan sumber tahu yang ada. Tahu ini biasa disebut dengan tahu crispy mini karena ukurannya yang imut dan sangat cocok dijadikan cemilan.

Baca : 5 Resep Perkedel Kentang Sederhana Yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Proses pembuatan tahu crispy mini jauh lebih simple, mudah dan tidak memakan waktu lama. Cara pembuatan tahu crispy mini adalah sebagai berikut :

Bahan bahan :

  • 4 buah tahu putih
  • Tepung instan
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Potonglah tahu putih menjadi kecil kecil sesuai dengan selera Anda
  2. Kemudian masukkan tepung instan dalam wadah mangkuk kecil atau piring
  3. Masukkan tahu putih yang telah dipotong pada wadah tadi yang telah berisi tepung instan
  4. Panaskan minyak dengan api sedang
  5. Setelah minyak telah panas, masukkan tahu dan gorenglah sampai matang dan garing
  6. Setelah matang tahu crispy sudah siap untuk disajikan

3. Cara membuat tahu crispy tanpa tepung

CARA MEMBUAT TAHU CRISPY TANPA TEPUNG
CARA MEMBUAT TAHU CRISPY TANPA TEPUNG

Umumnya membuat tahu crispy selalu menggunakan tepung untuk adonan crispynya, namun ada varian baru yang bernama tahu crispy dimana tahu dimasak sampai garing tanpa menggunakan tepung sebagai adonannya. Meskipun tanpa menggunakan tepung, tahu crispy tetap mempunyai rasa yang nikmat dan lezat. Proses pembuatannyapun sangat simple, sederhana, mudah dan murah yaitu cukup dengan menggunakan bumbu rendaman yang dapat dibeli secara instan atau membuat sendiri dirumah.

Baca : Setelah Rasa Mie Goreng, Benarkah Akan Ada Chitato Rasa Tahu Bulat?

Bumbu rendaman ini terdiri dari rempah rempah alami, tanpa menambahkan pengawet ataupun MSG. Cara pembuatannya tahu crispy tanpa tepung yaitu :

Bahan bahan :

  • Tahu kopong
  • Bumbu rendaman
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Siapkan tahu kopong dan sisihkan sebentar
  2. Campurkan bumbu rendalam dengan air secukupnya
  3. Kemudian masukkan tahu kopong dan rendam kurang lebih sekitar 5 menit
  4. Panaskan minyak dengan menggunakan api sedang, lalu masukkan tahu yang telah direndam tadi dan masak sampai matang dan berwarna agak kecoklatan
  5. Setelah matang tahu crispy siap untuk disajikan

Demikianlah resep tahu crispy yang dapat dipergunakan untuk referensi memasak. Selamat mencoba

ARTIKEL TERKAIT