2 Resep Martabak Mini Mudah dan Sederhana Buat di Rumah

278
2 Resep Martabak Mini Mudah dan Sederhana Buat di Rumah
2 Resep Martabak Mini Mudah dan Sederhana Buat di Rumah

Bidhuan.id Apa saja bahan dalam resep martabak mini ? Bagaimana cara buat martabak mini yang enak dan adonannya pas? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai seperti apa resep martabak mini yang mungkin banyak dari anda belum mengetahuinya. Martabak mini atau yang juga disebut sebagai terang bulan mini merupakan sebuah makanan imut yang memiliki beragam rasa karena memang terang bulan atau martabak mini tersebut tersedia dalam berbagai macam rasa yang akan memanjakan lidah anda.

Saat ini sudah banyak toko atau kedai yang menjual martabak mini dengan berbagai macam resep martabak mini yang berbeda-beda. Tapi ada juga martabak manis yang dijual di Holland namun dengan ukuran yang lumayan besar sehingga terkadar orang-orang tidak bisa menghabiskannya.

Martabak Mini
Martabak Mini

Maka dari itu mereka lebih memilih untuk membuat martabak mini karena selain mudah dimakan dimana anda tidak perlu memotongnya, martabak mini memiliki bentuk yang imut dan lucu, apalagi jika dihiasi dengan beragam topping maka akan membuat tampilan dari martabak mini tersebut akan semakin menggoda, namun sayang untuk dimakan.

Baca:  Makanan yang Bikin Melek itu Bukan Cuma Kopi, Ini 17 Daftarnya

Seputar Martabak Mini

Mungkin anda belum tahu bahwa pada dasarnya martabak mini dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama martabak mini manis atau yang juga disebut dengan terang bulan mini dimana martabak jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan juga bersarang. Sementara yang kedua disebut dengan martabak telur dengan rasa yang gurih dan tentunya sangat lezat.

Kedua jenis martabak tersebut bukan hanya berbeda dari teksturnya, melainkan juga berbeda dari cetakan yang digunakan. Namun kedua martabak ini memiliki kesamaan di dalam cara pembuatannya meskipun dengan bahan-bahan yang berbeda.

Bagi anda yang penasaran, maka simak baik-baik ulasan di bawah ini mengenai apa saja resep martabak mini yang bisa anda coba di rumah.

1. Resep Martabak Mini Empuk Anti Bantat

Resep Martabak Mini Empuk Anti Bantat
Resep Martabak Mini Empuk Anti Bantat

Resep martabak mini yang bisa anda coba di rumah adalah dengan membuat sebuah martabak mini dengan tekstur yang empuk dan juga anti bantat. Seperti yang kita tahu bersama bahwa terkadang ketika kita membuat kue atau roti, meskipun memiliki rasa yang lezat namun teksturnya agak keras dan malah menjadi bantat.

Maka dari itu, anda harus mengikuti tips yang akan kami jelaskan di bawah ini agar hasil martabak mini anda lezat dan tidak bantat.

  • Anda harus memastikan bahwasanya ragi instan maupun baking powder yang anda gunakan masih baru dan juga kualitas terbaik, agar hasil martabak mini nantinya bisa mengembang sempurna.
  • Anda juga harus mengaduk adonannya dengan wisk atau kocokan sederhan dan jangan pernah mengaduknya menggunakan mixer karena hal ini bisa membuat martabak mini anda menjadi buntat.
  • Sebelum anda menuang adonan ke dalam cetakan, anda harus memastikan bahwa cetakan martabak mini anda benar-benar dalam kondisi panas.
  • Disarankan untuk memberikan mentega ketika pertama kali mencetak adonan, namun jika anda menggunakan cetakan dengan kualitas bagus yang anti lengket, mungkin anda tidak perlu mengoleskan martabak karena jika anda kebanyakan mengoleskannya malah akan membuat martabak mini menjadi bantat.
  • Sebelum anda menuang adonan, kami sarankan agar supaya api dalam keadaan kecil atau sedang agar supaya bagian bawah martabak mini tidak bantat. Lalu anda bisa membesarkan apinya kembali, namun jangan terlalu besar.
  • Setelah anda merasa bahwa martabak mini sudah mengeluarkan pori-pori atau anda melihat gelembung-gelembung dan warna dari martabak mini sudah mulai coklat, maka anda harus mengecilkan kembali apinya.

2. Resep Martabak Mini Manis Spesial

Resep Martabak Mini Manis Spesial
Resep Martabak Mini Manis Spesial

Di bawah ini akan kami jelaskan tentang bagaimana cara membuat martabak mini manis spesial yang akan menggugah selera siapa saja yang mencium baunya.

  • Siapkan tepung terigu berprotein, anda bisa menggunakan segitiga biru sebanyak kurang lebih 1/4 kg dan sebaiknya anda ayak dahulu.
  • Susu bubuk dan ragi instan masin-masing 15 gram dan 1/2 sendok teh.
  • Baking powder sebanyak 0,25 sendok teh
  • Telur ayam minimal 3 pcs
  • Soda kue 0,75 sendok kecil
  • Gula pasir dan juga vanila halus sebanyak masing-masing 50 gram dan 0,25 gram sendok kecil.
  • Air sebanyak 300 ml
  • Garam dapur secukupnya dan juga margarin yang sudah cair sebanyak 25 gram

Cara Pembuatan Martabak Manis

  • Campurkan susu bubuk, tepung, garam, vanila, baking powder, dan gula dan kemudian anda aduk semua adonan tersebut sampai benar-benar merata.
  • Setelah itu anda masukkan ragi instan dan aduk lagi sampai menyatu dengan adonannya. Kemudian anda hanya perlu mendiamkannya kurang lebih 30 menit sampai adonan mengembang.
  • Anda siapkan adonan berupa gula pasir dan telur dan kocok menggunakan whisk dan selanjutnya anda masukkan ke dalam adonan tadi.
  • Langkah selanjutnya yaitu dengan menuangkan margarin dan soda kue kemudian anda aduk kembali.
  • Panaskan cetakan dan masukkan adonan tadi ke dalam cetakan dan tunggu sampai benar-benar matang. Anda bisa taburi dengan gula pasir sampai merata.
  • Kemudian anda keluarkan martabak manis tersebut dari cetakannya dan anda oleskan mentega sampai merata kemudian anda bisa berikan parutan keju, meisis, maupun topping yang lainnya.
  • Yang terakhir anda hanya perlu menyiramnya dengan susu kental manis jika memang anda masih ingin memberikan sedikit tambahan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan seperti apa resep martabak mini. Semoga anda bisa mencobanya di rumah dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca: Promosi Martabak, Alasan Putra Jokowi Gunakan Kata Kecebong

ARTIKEL TERKAIT