4 Resep Brownis Kukus Sederhana Dengan Cita Rasa Luar Biasa

219
4 Resep Brownis Kukus Sederhana Dengan Cita Rasa Luar Biasa
4 Resep Brownis Kukus Sederhana Dengan Cita Rasa Luar Biasa

Bidhuan.id Mau tahu cara buat Brownis Kukus? Bagaimana resep Brownis Kukus? Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan brownis kukus, namun ketika anda ditanya tentang seperti apa resep brownis kukus, maka kemungkinan besar anda akan kebingungan. Makanan yang satu ini memang memiliki cita rasa yang lezat dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan atau pengganjal lapar.

Bagi anda yang penasaran mengenai seperti apa resep brownis kukus, maka kami sarankan agar anda menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami bawakan. Anda tidak perlu khawatir karena cara pembuatan brownis kukus sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan teknik atau keahlian khusus untuk bisa mendapatkan brownis kukus dengan rasa yang lezat.

Seperti yang kita tahu bersama bahwa brownis kukus merupakan sebuah makanan khas yang menggunakan bahan dasar berupa coklat. Namun seiring perkembangan jaman, makanan yang satu ini terbuat dari berbagai bahan seperti ketela ungu. Ok, simak baik-baik penjelasan kami di bawah ini dan kemudian anda bisa melakukannya sendiri di rumah anda.

Baca: Begini Sejarah dan Penampakan Kue Dorayaki Asli Jepang

Resep Brownis Kukus

1. Resep Brownis Kukus Lapis Coklat

Resep Brownis Kukus Lapis Coklat
Resep Brownis Kukus Lapis Coklat

Resep brownis kukus yang pertama merupakan resep yang bisa dikatakan lebih banyak digunakan oleh masyarakat, terutama mereka yang senang mengkonsumsi coklat.

Adapun bahan-bahan yang harus anda siapkan adalah seperti di bawah ini:

  • 125 gram tepung terigu, disarankan anda menggunakan tepung segitiga biru
  • Telur ayam sebanyak 6 butir
  • Sipkan coklat bubuk sebanyak 50 gram
  • Siapkan minyak sebanyak 170 ml, jangan pernah menggunakan minyak curah karena hasilnya menjadi tidak maksimal.
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  • Siapkan susu bubuk sebanyak 2 sendok makan
  • Kemudian anda harus menyiapkan coklat dark sebanyak 125 dan kemudian anda lelehkan.
  • Siapkan susu kental manis sebanyak 2 sachet
  • Yang terakhir yaitu 1 sendok teh SP

Cara pembuatannya seperti di bawah ini:

  • Campurkan tepung terigu, baking powder, coklat bubuk, dan juga susu bubuk sampai merata dan kemudian anda ayak sampai halus.
  • Anda lelehkan coklat dengan cara mensteam, sambil kemudian mengocok gula pasir dan SP dengan telur sampai benar-benar mengembang.
  • Selanjutnya, anda campurkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan anda aduk hingga rata dan lalu masukkan coklat yang sudah dilelehkan tadi.
  • Masukkan minyak sayur
  • Langkah selanjutnya yaitu anda siapkan loyang yang sudah berisi adonan dan kemudian anda tutup panci dengan serbet agar supaya airnya tidak sampai menetes.
  • Setelah itu anda kukus adonan tersebut kurang lebih 30 sampai 40 menit.
  • Untuk membuatnya berlapis, anda bisa membagi adona menjadi dua bagian dimana adonan pertama anda kukus kurang lebih 20 menit dan beri susu coklat kental.
  • Selanjutnya anda lapisi dengan adonan yang kedua selama 20 menit dan juga anda beri dengan coklat dark yang sudah dilelehkan.

Baca: Resep Donat Kentang: Yuks bikin donat kentang istimewa

2. Resep Brownis Kukus Keju

Resep Brownis Kukus Keju
Resep Brownis Kukus Keju

Bahan-bahan yang harus anda siapkan tidak jauh berbeda atau bahkan sama ketika anda membuat resep brownis kukus lapis coklat, cuma anda harus menambahkan resep satu lagi yakni keju parut sebanyak 50 gram.

Berikut ini kami jelaskan tentang bagaimana proses pembuatannya:

  • Kocok gula pasir, SP dan juga telur sampai mengembang dan kemudian anda lelehkan coklat dengan cara mensteam.
  • Kemduain anda campurkan tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk, dan juga baking powder sampai semuanya tercampur rata dan jangan lupa untuk mencampurkan coklat leleh dan juga minyak sayur dan aduk sampai merata.
  • Setelah itu anda siapkan loyang dan jangan lupa untuk menaruh kertas roti sebagai alas.
  • Anda siapkan pengukus dan jangan lupa untuk memberi air secukupnya agar tidak lengket dan kemudian anda masukkan loyang yang sudah anda isi adonan.
  • Setelah itu anda kukus selama 30 sampai dengan 40 menit dan jangan lupa sebelum itu anda tutup panci dengan serbet agar supaya airnya tidak menetes.
  • Anda bisa membagi adonan menjadi dua bagian dimana adonan pertama setelah anda kukus, anda tambahkan selai stroberi dan kemudian anda lapisi dengan adonan yang kedua sampai benar-benar matang.
  • Yang terakhir, anda hanya perlu menaburinya dengan parutan keju.

3. Resep Brownis Kukus Kacang Almond

Resep Brownis Kukus Kacang Almond
Resep Brownis Kukus Kacang Almond

Adapun mengenai bahan-bahan dan juga bagaimana cara pembuatan resep brownis kukus kacang almond juga tidak jauh berbeda dari kedua resep yang telah kami jelaskan. Hanya saja, anda menggunakan kacang almond sebagai bahan campuran untuk membuat rasa dari brownis anda menjadi lebih enak.

Brownis yang satu ini biasanya disajikan ketika ada sebuah acara keluarga. Meskipun begitu, tidak semua orang menyukai kacang almond jadi lebih baik anda membuat dua jenis kue brownis.

4. Resep Brownis Kukus Chococips

Resep Brownis Kukus Chococips
Resep Brownis Kukus Chococips

Brownis Kukus Chococips juga merupakan salah satu makanan favorit yang disajikan ketika ada acara-acara besar. Pembuatan dari makanan yang satu ini pun juga tidak jauh berbeda dengan ketika anda membuat brownis kukus lapis coklat.

Yang terpenting adalah anda harus menyiapkan bahan-bahan secara lengkap dan aduk secara merata. Selain itu, ketika anda mengukus brownis kukus jangan sampai terlalu matang atau overcook karena hal ini akan membuat kue brownis anda akan lembek sehingga akan terlihat kurang menarik.

Dan juga, jangan lupa untuk menaburi chococips di atasnya karena resep brownis yang satu ini menggunakan chococips sebagai bahan tambahan.

Demikian informasi dari kami tentang resep brownis kukus. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semuanya.

Baca: Makanan yang Bikin Melek itu Bukan Cuma Kopi, Ini 17 Daftarnya

ARTIKEL TERKAIT