Resep Donat Kentang: Yuks bikin donat kentang istimewa

202
Resep Donat Kentang - Yuks bikin donat kentang istimewa
Resep Donat Kentang - Yuks bikin donat kentang istimewa

Bidhuan.idMau tau Resep Donat Kentang? Donat adalalah makanan favorit yang bisa ditemukan hampir dimana saja. Umumnya pada saat acara tertentu mulai dari acara ulang tahun, pengajian atau apapun donat selalu tersedia sebagai makanan pelengkap. Keunikan rasa dari donat dan bentuknya yang berlubang ditengah selalu menjadi alternative makanan yang bisa dijadikan sebagai kejutan.

Seiring perkembangan zaman, donat tidak hanya terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega tetapi bisa dengan menggunakan kentang, sehingga sering disebut dengan donat kentang.

Baca : Kentang bisa nyalakan lampu 24 jam

RESEP DONAT KENTANG

Donat kentang terbuat sepenuhnya dari kentang sebagai pengganti dari tepung terigu dan mempunyai cita rasa yang luar biasa nikmat. Cara pembuatannyapun terbilang sangat mudah dan sederhana, yaitu sebagai berikut :

1. Cara membuat donat kentang dengan fermipan

CARA MEMBUAT DONAT KENTANG DENGAN FERMIPAN
CARA MEMBUAT DONAT KENTANG DENGAN FERMIPAN

Umumnya dalam pembuatan donat kentang selalu menggunakan ragi agar mudah mengembang dan mempunyai cita rasa menarik. Ragi sendiri mempunyai dua jenis yang bisa dipergunakan yaitu ragi basah dan ragi kering. Salah satu brand yang terkenal untuk ragi kering atau ragi instan adalah fermipan yang mempunyai butiran butiran kecil namun bertekstur agak kasar dan mempunyai warna coklat terang. Cara kerja dari fermipan ini adalah dengan mengubah gula menjadi karbondioksida sehingga membuat roti dapat menjadi mekar cantik. Fermipan juga cukup mudah ditemukan, mulai dari toko bahan bahan kue, swalayan bahkan mini market sekalipun.

Umumnya pemakaian fermipan adalah berkisar 2,5% maksimal dari takaran tepungnya. Setelah membuka kemasan fermipan sebaiknya segera digunakan, namun apabila setelah dibuka fermipan masih tersisa dapat segera disimpan dengan menggulung kemasannya dan secepatnya masukkan dalam kulkas. Usahakan untuk tidak terlalu lama menyimpan fermipan karena dapat mempengaruhi cara kerja dari fermipan itu sendiri. Untuk mendeteksi fermipan berfungsi atau tidak dengan cara memasukkan sedikit fermipan kedalam air hangat dan tunggulah sebentar. Apabila muncul buih berarti fermipan masih bagus digunakan, namun apabila tidak berarti fermipan sudah tidak efektif. Cara membuat donat kentang dengan fermipan adalah sebagai berikut :

Bahan bahan :

  • 500 gram tepung terigu
  • 50 gram susu bubuk
  • 11 gram fermipan (ragi instan)
  • 200 gram kentang yang telah dikukus, didinginkan dan selanjutnya dihaluskan
  • 100 gram gula halus
  • 75 gram mentega
  • 0,25 sendok teh garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin atau air es

Cara membuat donat kentang dengan fermipan :

  1. Campurkan tepung, gula halus, susu bubuk, fermipan kedalam wadah dan aduk rata
  2. Kemudian masukkan kentang, telur, air dingin dan uleni sampai adonan rata dan menjadi setengah kalis
  3. Tambahkan mentega dan garam sambil tetap diuleni sampai adonan menjadi kalis dan elastis. Lalu diamkan sekitar 20-30 menit
  4. Kemudian bentuk adonan dengan dibulat bulat dan diberi lubang atau menggunakan cetakan adonan. Lalu diamkan kembali selama 20 menit sampai adonan mengembang sempurna
  5. Setelah itu gorenglah hingga berwarna kuning keemasan didalam minyak dengan api sedang
  6. Angkat dan sajikan donat kentang

2. Cara membuat donat kentang tanpa ragi

CARA MEMBUAT DONAT KENTANG TANPA RAGI
CARA MEMBUAT DONAT KENTANG TANPA RAGI

Donat kentang biasanya dibuat dengan menggunakan ragi agar dapat mengembang dengan sempurna. Ragi sendiri sebenarnya adalah organisme bersel tunggal yang masuk dalam klasifikasi dalam keluarga jamur. Organisme ini tidak membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi dan berkembang biak secara cepat dan dimulai sebagai tonjolan kecil yang berada disepanjang dinding sel sel induk pada awal perkembang biakan. Dalam pengolahannya ragi harus diolah dengan baik agar tidak berakibat buruk bagi kesehatan manusia.

Cara kerja ragi dalam pembuatan roti adalah dengan merubah karbohidrat menjadi karbondioksida agar adonan menjadi mengembang dan mekar sempurna. Ketika adonan sudah kalis dan selesai diuleni biasanya adonan akan didiamkan dalam suhu ruangan agar mengembang alami. Proses seperti ini biasa disebut dengan proofing.

Baca : 10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba Karena Unik dan Enak

Dalam penggunaan ragi terkadang terdapat beberapa kesalahan yang terjadi, seperti terlalu lama membiarkan ragi dalam suhu ruangan, sehingga mengakibatkan adonan terasa keras apabila disentuh dan tiba tiba menjadi kempis. Selain itu apabila adonan dipanggang, roti akan menjadi terasa berat atau bahkan alot saat digigit. Untuk menggunakan ragi secara baik, sebaiknya pergunakan secara cermat dengan tidak membiarkan adonan yang telah diberi ragi terlalu lama dalam suhu ruangan. Bagi Anda yang khawatir dengan penggunaan ragi dalam donat kentang, sebaiknya dapat membuat donat kentang tanpa menambahkan ragi didalamnya. Proses pembuatannya tidaklah rumit, justru sangat mudah, yaitu :

 Bahan bahan :

  • 300 gram kentang yang telah dikukus, didinginkan dan dihaluskan
  • 600 gram tepung terigu
  • 3 sendok makan baking powder
  • 250 ml susu cair
  • 5 sendok makan margarine
  • 200 gram gula bubuk
  • 300 gram gula pasir

 Cara membuat donat kentang tanpa ragi :

  1. Campurkan kentang dan margarine yang telah dicairkan menjadi satu dan aduk sampai menjadi rata
  2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk aduk sampai merata dengan sempurna
  3. Setelah itu tambahkan baking powder dan gula pasir sembari tetap diaduk aduk
  4. Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan tersebut dengan tetap diuleni sampai adonan menjadi kalis. Untuk menguleni bisa dengan menggunakan tangan atau bahkan bantuan alat tertentu
  5. Kemudian lanjutkan dengan membentuk adonan donat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar mengembang sempurna
  6. Setelah itu gorenglah sampai donat berwarna kuning keemasan dan matang dengan sempurna
  7. Agar lebih enak, bisa ditambahkan toping diatasnya berupa keju, coklat, meses, gula halus, kacang atau yang lainnya

3. Cara membuat donat kentang dengan cetakan

CARA MEMBUAT DONAT KENTANG DENGAN CETAKAN
CARA MEMBUAT DONAT KENTANG DENGAN CETAKAN

Sekarang ini zaman makin modern, untuk membuat donat tidak lagi harus menggunakan tangan karena sudah ada cetakan donat. Cetakan donat tersedia dalam berbagai bentuk, bukan hanya bulat berlubang saja.

Baca : Begini Sejarah dan Penampakan Kue Dorayaki Asli Jepang

Cara penggunaannya bukan dengan langsung memasukkan adonan sepenuhnya dalam cetakan dan mencetaknya, melainkan dengan membagi adonan dahulu menjadi bagian bagian kecil kemudian dimasukkan dalam cetakan donat dan dicetak. Untuk membuat adonan donat kentang sendiri sangatlah mudah, yaitu dengan cara :

Bahan bahan :

  • 500 gram tepung terigu
  • 50 gram susu bubuk
  • 11 gram ragi instan
  • 200 gram kentang yang telah dikukus, didinginkan dan dihaluskan
  • 50-100 ml air dingin
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram gula pasir
  • 75 gram mentega
  • ½ sendok teh garam
  • 2 butir telur yang dikocok lepas

Cara membuat donat kentang dengan cetakan :

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan dan susu bubuk dan aduk sampai rata sempurna
  2. Kemudian masukkan kentang, air dan telur yang telah dikocok lepas dan lanjutkan dengan menguleni adonan sampai agak kalis dan rata
  3. Tambahkan mentega dan garam dan lanjutkan dengan menguleni sampai benar benar kalis
  4. Taburi sedikit demi sedikit tepung, apabila adonan masih terasa terlalu basah
  5. Apabila adonan telah kalis bisa langsung dibentuk menjadi bola besar. Ciri adonan telah kalis adalah tekstur adonan elastis, kenyal, lembut dan mudah dibentuk. Untuk meletakkan adonan yang telah dicetak menjadi donat sebaiknya permukaan wadah dilumuri terlebih dahulu dengan minyak goreng, setelah semua tercetak bisa dengan menutup wadah rapat rapat dengan kain lap yang bersih. Kemudian diamkan hingga adonan mengembang 2 kali lipat
  6. Setelah itu cetak adonan donat kentang dalam cetakan donat dan gorenglah dalam minyak banyak dengan menggunakan api kecil. Usahakan jangan menggunakan minyak terlalu panas karena dapat membuat donat tidak mengembang dengan sempurna
  7. Kemudian setelah donat kentang matang, angkat dan sajikan

Demikianlah cara membuat donat kentang yang baik dan benar, semoga bermanfaat dan bisa segera dipraktekan di dapur kesayangan Anda.

ARTIKEL TERKAIT