4 Cara Membuat Yoghurt Aneka Rasa dan Resepnya Paling Mudah

343
4 Cara Membuat Yoghurt Aneka Rasa dan Resepnya Paling Mudah
4 Cara Membuat Yoghurt Aneka Rasa dan Resepnya Paling Mudah

Bidhuan.id – Siapa yang tidak mengenal minuman bernama yoghurt? Tentu saja semua orang mengetahui apa itu minuman yang satu ini, jika mungkin Anda sering minum yoghurt dan mungkin saja tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat yoghurt maka kali ini kami akan memberitahu kepada Anda. Kali ini kami akan membagikan beberapa step atau cara untuk membuat yoghurt di rumah sehingga Anda bisa membuat yoghurt sesuai dengan keinginan Anda dan sehingga Anda bisa sering mengkonsumsinya.

Pastikan Anda benar-benar memperhatikan cara yang kami sampaikan di bawah ini sehingga Anda bisa mempraktekannya dengan benar ya. Tidak usah berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

Berbagai cara membuat yoghurt aneka rasa

cara membuat yoghurt dengan yakult
cara membuat yoghurt dengan yakult

Karena banyak sekali permintaan yang menginginkan kami membahas cara membuat yoghurt maka kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai bagaimana cara membuat susu fermentasi atau yoghurt yang baik dan juga benar ya. Karena banyak sekali orang yang suka yoghurt dan mungkin sudah banyak mencoba di rumah namun gagal karena salah cara. Oleh karena itu kali ini kami akan membahasnya secara detail dan juga lengkap sehingga Anda semua bisa mempraktekkannya di rumah sendiri dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk membuat yoghurt

1. Cara membuat yoghurt dengan cimory paling mudah

Yang pertama kita akan membahas bagaimana cara membuat yoghurt dengan cimory. Seperti yang kita ketahui jika cimory sendiri adalah salah satu brand asal Jawa Barat yang memproduksi yoghurt dan juga beraneka rasa susu sapi dari hasil peternakannya sendiri. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan bagaimana cara membuat yoghurt khas Cimory yang bisa Anda praktekan di rumah. Yang pertama terlebih dahulu Anda harus menyiapkan bahan-bahan untuk membuat yoghurt khas cimory. Berikut adalah beberapa bahan yang Anda perlukan utnuk membuat yoghurt khas Cimory :

  • 1 liter susu segar cimory
  • ½ cangkir yoghurt plain / tawar yang mengandung bakteri hidup atau bakteri prebiotik

Setelah menyiapkan kedua bahan itu selanjutnya kita akan menuju ke proses pembuatan, pastikan untuk memperhatikan langkah yang ada di bawah ini ya :

  • Tuangkan 1 liter susu cimory yang telah Anda siapkan ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil. Sembari dipanaskan aduk rata dan perlahan sehingga tidak sampai hangus bagian bawahnya atau mendidih. Karena jika mendidih atau hangus maka tidak bisa digunakan untuk membuat yoghurt.
  • Kalau sudah, angkatlah panci yang berisi susu itu. Kemudian letakkan di atas baskom yang sebelumnya sudah diisi air, aduk sampai suhu susu itu mencapai 43 derajat. Hal ini dilakukan bertujuan mendinginkan susu.
  • Setelah dingin, campurkan ½ cangkir yoghurt plain kemudian aduk sampai rata.
  • Pindahkan ke dalam wadah atau botol yang bersih dan tutup serapat mungkin untuk proses fermentasi sehingga udara tidak bisa masuk dan merusak protein atau bakteri baiknya.
  • Anda harus mendiamkan yoghurt itu dalam proses yang disebut inkubasi ini selama kurang lebih 7 jam lamanya. Kami sarankan agar memantau suhu sehingga tetap 38 derajat karena itu suhu yang optimal. Jika Anda meletakkan yoghurt di dalam wadah tertutup semakin lama maka rasanya akan jadi tambah asam dan teksturnya juga jadi lebih kental ya.
  • Yoghurt buatan Anda sudah jadi, kami sarankan untuk mengkonsumsinya selama 1 -2 minggu karena yoghurt buatan Anda itu bisa saja rusak dan tidak layak konsumsi jika disimpan terlalu lama.

2. Cara membuat yoghurt strawberry paling mudah dan enak

Setelah memberithu Anda informasi mengenai bagaimana cara untuk membuat yoghurt dari susu cimory. Sekarang ini kami akan memberitahu kepada Anda bagaimana tips membuat yoghurt dari buah terutama strawberry. Karena buah strawberry mengandung kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik jika dikombinasikan untuk membuat yoghurt. Jika ingin membuatnya di rumah maka harus siapkan bahannya terlebih dahulu

  • ¼ cangkir susu sapi segar dan murni
  • 5 Buah strawberry secukupnya
  • Gula pasir
  • Yoghurt plain
  • Tepung Maizena

Anda sudah mengetahui bahan apa saja yang Anda butuhkan untuk membuat yoghurt strawberry. Sekarang waktunya kami memberitahu bagaimana cara untuk membuat yoghurt rasa strawberry alami ini. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Yang pertama-tama, Anda harus mencampurkan ¼ cangkir susu sapi segar, satu sendok makan tepung maizena, dan juga 2 sendok makan gula pasir. Panaskan di api kecil selama beberapa menit sambil diaduk-aduk merata supaya tidak hangus.
  • Kemudian angkat panci dan biarkan dingin juga agak mengental. Sembari menunggu, Anda bisa menghancurkan buah strawberry yang sudah disiapkan tadi ya.
  • Setelah itu siapkan blender, kemudian masukkan masakan susu tadi, tambahkan strawberry yang telah dihancurkan, dan juga tambahkan palin yoghurt juga. Setelah itu tambahkan sedikit gula atau madu dan blender sampai halus dan sesuai dengan kekentalan yang Anda inginkan.
  • Jika sudah maka simpanlah dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari es. Anda bisa menyajikannya selagi dingin, kami sarankan untuk megnkonsumsinya tidak lebih dari 2 minggu karena bisa saja yoghurt buatan Anda sudah kadaluarsa ya. Jadi buru buru konsumsi saja sehinigga tidak sampai kadaluarsa dan basi.

3. Cara membuat yoghurt dengan yakult

Siapa yang tidak mengetahui yakult? Yakult adalah minuman prebiotik yang mengandung bakteri sehat yaitu Lactobacilus Casei yang mana bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan kita. Terbuat dai fermentasi susu skim yang ducampur dengan gula dan bakteri baik itu. Nah karena bentuknya dan juga proses pembuatannya hampir mirip dengan yoghurt maka tentu saja Anda bisa membuat yoghurt dari minuman yakult ini. Penasaran ya bagaimana cara membuatnya? Persiapkan bahan-bahan di bawah ini sehingga Anda bisa memulai langsung ya bagaimana pembuatannya :

  • ½ liter susu sapi segar
  • 1 botol yakult

Anda hanya perlu menyiapkan yakult dan juga susu sapi murni dan segar untuk membuat yoghurt yang Anda inginkan. Tidak usah menunggu lama, langsung saja kita beralih ke cara pembuatannya ya. Berikut adalah  step untuk membuat yoghurt dari minuman prebiotik yaitu takult :

  • Masukkan susu sapi murni dan segar yang telah Anda siapkan ke dalam panci. Setelah itu rebus susu sapi tersebut menggunakan api kecil hingga muncul buih kecil berwarna putih ya. Aduk terus sehingga susu tidak sampai gosong atau hangus.
  • Setelah itu tuangkan susu panas yang telah Anda rebus dalam sebuah wadah, biarkan agak hangat.
  • Jika sudah, masukkan 1 botol yakult yang telah Anda siapkan ke dalam wadah berisi susu segar yang telah direbus tadi ya. Pastikan setelah memasukkan yakult untuk mengaduknya dengan rata sehingga yakult itu bisa tercampur dengan rata.
  • Nah jika sudah, maka masukkan yoghurt buatan Anda itu ke sebuah wadah yang terutup. Pastikan untuk menutupnya dengan rapat sehingga proses fermentasi bisa berhasil.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan ke dalam lemari pendingin (jangan diletakkan di dalam freezer ya) selama seminggu hingga proses fermentasi berhasil. Jika sudah seminggu Anda bisa mencicipi dan yoghurt Anda sudah jadi seutuhnya.
  • Jika Anda tidak sabaran dan tidak ingin menunggu selama seminggu maka Anda bisa menambah yakult hingga 2 botol, sehingga proses fermentasi hanya butuh 3-4 hari saja.

4. Cara membuat yoghurt dengan susu bubuk

cara membuat yoghurt dengan susu bubuk
cara membuat yoghurt dengan susu bubuk

Jika tadi kita sudah membahas berbagai cara membuat dari strawberry, lalu dari susu cimory, hingga minuman prebiotik yakult. Sekarang kami akan membahas dari susu bubuk, berikut adalah bahan yang harus disiapkan :

  • Yoghurt plain
  • Susu bubuk
  • Air matang (jangan air panas)
  • Wadah tertutup

Setelah menyiapkan bahan yang cukup simpel sekarang ini kami akan mengajak Anda untuk membuat yoghurt dari susu bubuk. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya :

  • Masukkan 4 sendok susu bubuk ke dalam wadah kemudian aduk hingga tidak ada bubuk yang menggumpal. Karena hanya menggunakan air suhu panas maka mungkin akan mudah merongkol, jadi Anda bisa menggunakan botol shake saja.
  • Setelah itu tambahkan yoghurt plain yang telah Anda siapakan tadi kemudian aduk hingga rata.
  • Tutup wadah itu secara rapat dan pastikan tidak ada udara yang masuk.
  • Simpan selama 15 hingga 24 jam, dan nanti sudah terlihat bagian susu dan air akan memisah. Setelah itu masukkan ke dalam lemari es dan tunggu selama 1 minggu.

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara membuat yoghurt. Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

Baca: Hindari Penyedap Masakan MSG Karena Termasuk Narkoba Perusak Bangsa

ARTIKEL TERKAIT