10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba Karena Unik dan Enak

50
10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba Karena Unik dan Enak
10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba Karena Unik dan Enak

Bidhuan.id – Menu makanan khas Surabaya Surabaya apa saja? Jika kita mampir ke kota pahlawan maka wajib namanya untuk mencoba menu makanan khas Surabaya bukan? Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak ragam jenis makanan ya, setiap daerah memiliki keunikan kulinernya masing-masing. Oleh karena itu setiap berkunjung ke sebuah daerah kita wajib banget mencoba makanan khasnya. Jika sebentar lagi Anda akan pergi ke kota Surabaya, maka wajib untuk mengetauhui beberapa jenis makanannya ya. Kali ini kita akan memberikan rekomendasi beberapa makanan khas daerah yang wajib Anda coba ketika pergi ke kota Surabaya. Tidak usah berlama-lama ya, berikut ini adalah beberapa informasi pentingnya :

10 Makanan Unik di Surabaya Jawa Timur

makanan unik surabaya
makanan unik surabaya

Jika Anda ingin mencoba makanan unik khas jawa timuran, maka wajib banget hukumnya untuk mencoba makanan khas Surabaya ya. Surabaya menghadirkan beragam jenis makanan yang patut masuk ke dalam list makanan yang harus Anda coba. Supaya tidak kebingungan lagi, kami sarankan supaya Anda menyiapkan list makanan ini sebelum berangkat ke Surabaya. Tak usah menunggu lama ya, berikut ini makanan yang bisa Anda beli dan coba di kota Surabaya

1. Makanan asli Surabaya Rawon setan pedas

Banyak sekali jenis makanan yang bisa Anda coba, salah satunya adalah rawon setan yang sudah terkenal di Surabaya. Makanan asli Surabaya yang satu ini adalah rawon khas Jawa Timuran yang mungkin tidak bisa kita temui di kota atau daerah ayng lainnya ya. Satu porsi rawon setan ini berisi nasi yang dicampur dengan kuah hitam berasal dari bumbu yang dicampur dengan kluwak, potongan daging sapi yang dipotong dadu, dan juga ditambahkan campuran kikil atau jeroan sapi. Banyak sekali wisatawan yang selalu makan rawon setan ini ketika mampir ke Surabaya karena memang rasanya yang super unik dan enak. Yang membuat rawon setan Khas Surabaya ini jadi populer adalah karena daging sapinya empuk ketika digigit dan juga ukurannya yang super besar dan jumbo. Tunggu apa lagi? Segera cari kedai rawon setan di Surabaya ya!

2. Tahu campur

Makanan khas Jawa Timur yang selanjutnya bisa Anda coba adalah makanan bernama tahu campur. Mungkin masih asing di telinga Anda yang bukan orang jawa timur ya. Tahu campur ini adalah salah satu jenis makanan surabaya yang menyerupai lontong balap. Namun bedanya, di dalam satu porsi tahu campur ini kita bisa menemukan tambahan daging atau kikil sapi, perkedel, sayuran selada, dan juga tahu goreng. Tahu campur yang juga berkuah ini membawa sensasi yang unik dan menyegarkan ya. Selain  itu biasanya kiya juga menemukan tambahan krupuk kecil. Kalau ingin menjajal tahu campur yang enak di Suranbaya maka Anda bisa mencobanya di Jalan Kalasan no 22 Tambak Sari di Surabaya, cukup membayar sekitar 8 ribuan saja Anda sudah bisa kenyang karena tahu campur yang lezat.

3. Makanan khas Surabaya Malam Hari Pecel semanggi yang cukup langka

Tidak hanya tahu campur dan juga rawon setan saja ya, banyak sekali sebenarnya makanan khas kota Pahlawan ini. Salah satu makanan khas Surabaya malam hari yang bisa Anda cicipi selanjutnya adalah pecel semanggi. Makanan ini dulunya sangat populer di Surabaya dan Jawa Timuran ya, bahkan sampai sekarang masih banyak yang menjadikan pecel ini sebagai favorit. Semanggi ini bukan nama daerah ya, tapi sejenis tanaman yang memang bisa dimakan. Pecel semanggi khas Surabaya ini memiliki cita rasa yang memang lezat, namun sayangnya semakin hari penjual pecel Semanggi di kota Surabaya ini semakin jarang dan menipis. Jadi kalau ke Surabaya mungkin agak susah ya mencarinya, kalau menemukan langsung borong saja ya!

4. Sate klopo

Makanan selanjutnya yang bisa Anda santap ketika berada di kota Surabaya adalah sate klopo. Jika Anda orang jawa pasti tahu ya apa nama arti klopo, di dalam bahasa Indonesia klopo sendiri berarti kelapa. Nah sate klopo ini adalah salah satu sate yang bisa dibilang unik. Sate ini mencampurkan jeroan dan juga lemak sapi, sebelum dibakar terlebih dahulu sate dilumuri dengan bumbu dan parutan kelapa. Rasanya sangat unik dan tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Jika ingin mencoba sate Klopo maka kami sarankan untuk pergi ke daerah Jalan Mustajab no 36 Surabaya. Ada salah satu warung bernama Sate Klopo Ondomohen Bu  Asih yang terkenal dengan sate kloponya yang enak. Bahkan kalau membeli harus mau antre ya!

5. Soto lamongan Cak Har dan minuman khas Surabaya

Makanan kelima yang bisa Anda coba di surabaya adalah Soto lamongan Cak Har, memang asalnya dari Lamongan yaitu kota yang tak jauh dari Surabaya. Namun Soto Lamongan Cak Har ini adalah soto yang paling terkenal di Surabaya ya. Soto lamongan adalah soto ayam yang berkuah santan sehingga rasanya akan menjadi lebih kental dan gurih. Soto lamongan Cak Har ini akan menjadi salah satu jenis makanan yang menyegarkan di kala teriknya panas kota Surabaya. Anda harus mencoba soto Lamongan Cak Har itu, selain itu jangan lupa juga untuk menjajal minuman khas Surabaya yaitu dawet juga ya. Sehingga wisata di Surabaya kali ini jadi terasa lengkap.

6. Bebek Tugu Pahlawan

makanan khas surabaya malam hari
makanan khas surabaya malam hari

Namanya saja kota Pahlawan, pasti ada kulinernya yang berunsur pahlawan-pahlawan ya. Selain yang sudah kita sebutkan di atas tadi, ada makanan lainnya yang wajib Anda coba. Salah satunya adalah bebek tugu pahlwan. Bebek tugu pahlawan ini sangat populer ya di Surabaya. Letaknya berada di sebelah tugu Pahlawan Surabaya. Buka setiap jam 6 sore, tenda makan sederhana ini selalu banjir pengunjung setiap harinya. Di dalam satu porsi bebek tugu pahlawan ini kita bisa menikmati seporsi nasi hangat, dipadukan dengan bebek goreng yang mantap dan sambel pedas juga lalapannya yang menyegarkan.

7. Nasi campur Tambak Bayan

Tidak hanya makanan khas Bali saja yang enak, makanan Surabaya juga tak kalah enaknya. Jika pergi ke Surabaya maka tidak boleh melupakan untuk mencicipi makanan khasnya yaitu Nasi Campur Tambak Bayan yang cukup terkenal di Kota terbesar kedua setelah Jakarta ini. Anda bisa menikmati nasi campur ini di daerah Pasar Wetan ya. Satu porsi nasi campur berisi nasi campur yang hangat dengan tambahan daging empal, telur, dan juga soun. Tidak hanya bisa menikmatinya di daerah Pasar Wetan saja, Anda bisa menikmatinya di beberapa tempat makan yang ada di Surabaya ya karena banyak yang menjual nasi campur khas Surabaya ini.

8. Makanan khas Surabaya Kupang Belut Surabaya

Belut adalah salah satu hewan air yang bisa kita konsumsi ya, belut memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup tinggi. Seperti misalnuya kandungan zat besi dan juga vitaminnya. Surabaya sendiri terkenal dengan makanan khasnya yaitu olahan belutnya. Makanan khas Surabaya kupang yang bisa Anda konsumsi selanjutnya adalah spesial belut surabaya. Disini Anda bisa menikmati berbagai olahan belut mulai dari belut goreng hingga oseng belut. Anda bisa mencoba mencicipi ini di salah satu warung makan yang terkenal yang terletak di Jalan Banyu Urip yaitu Pecel Belut Elek. Jangan lupa untuk mencoba olahan belut ini ya jika mampir ke Surabaya! Rasanya dijamin tidak akan mengecewakan Anda.

9. Rujak cingur

makanan khas surabaya
makanan khas surabaya

Jika mampir ke kota Surabaya juga wajib mencoba makanan khasnya yaitu Rujak Cingur ya. Berbeda dengan rujak buah yang biasa kita makan ya. Rujak cingur khas Surabaya ini adalah makanan yang terdiri dari iriasan sayuran seperti misalnya saja timun, sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, lontong, tahu, tempe, dan tidak lupa cingur sapi. Sayuran dan potongan itu dicampur dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu petis. Makanan khas kota pahlawan ini adalah salah satu jenis rujak yang berbeda dari rujak lainnya dan jadi makanan khas. Bahkan beberapa waktu yang lalu sempat diadakan festival rujak cingur ya oleh walikota Surabaya! Bisa inci-incip rujak gratis kan ya!

10. Sego sambel

Orang Indonesia itu identik dengan sambal ya, rasanya gak pas kalau makan tidak ditemani sambal. Nah begitu juga dengan kota Surabaya ini. Anda bisa mencicipi sego sambel yang sekarang sedang booming di Surabaya yaitu Sego Sambel Mak Yeye yang berada di kotya Surabaya. Dalam 1 porsinya kita bisa menikmati nasi hangat yang disiram sambal dan dilengkapi lauk iwak pe (ikan pari panggang), telur dadar, dan juga tempe goreng serta lalapannya.

Nah itu tadi beberapa makanan khas Surabaya yang wajib Anda coba ketika pergi atau beriwsata ke Surabaya. Semoga artikel yang kami sampaikan kepada Anda kali ini berguna dan juga membantu Anda ya!

ARTIKEL TERKAIT