Begini Sejarah dan Penampakan Kue Dorayaki Asli Jepang

7970

Kue Dorayaki terkenal di mancanegara karena menjadi kue kesukaan tokoh kartun Jepang, Doraemon. Kali ini bidhuan akan berbagi cerita bagaimana sejarah, bentuk dan rasa kue Dorayaki yang banyak di dapat di berbagai minimarket sebagai salah satu cemilan favorit warga di Jepang.

Dorayaki ini harganya adalah ¥134 atau sekitar 13 ribu rupiah. Penasaran bentuk aslinya? Begini Sejarah dan Penampakan Kue Dorayaki Asli Jepang

Dorayaki asli jepang

Kue ini diberi nama dorayaki karena bentuknya yang mirip gong (bahasa Jepang: dora). Dorayaki bentuknya mirip pancake, percis seperti yang hadir di film kartun Doraemon.

Dorayaki asli jepang

Menurut Wikipedia, konon kabarnya samurai bernama Saito Musashibo Benkei adalah pencipta kue ini. Dahulu hanya ada satu lapis,Benkei menderita luka-luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh, Benkei memanggang adonan dari campuran air dan tepung terigu di atas gong.  Hasilnya berupa kue bundar berisi selai kacang merah yang diberikan kepada orang yang merawatnya sebagai ucapan terima kasih.

Dorayaki asli jepang

Bentuk yang bidhuan tunjukan saat ini adalah hasil kreasi Usagiya pada tahun 1914. Rasa kesukaan doraemon alias rasa aslinya adalah pasta kacang merah (anko) yang manis dan lembut.

Dorayaki asli jepang



Rasanya mantap, cukup untuk  mengisi perut sampai beberapa jam. Rasanya mirip seperti makan pancake yang diisi kacang ijo. Manis nan lembutnya itu yang membuat ketagihan.