Disaat Indonesia Merana, Buriram Bungkam Guangzhou dan Lolos 16 besar

2285
buriram guangzhou

Klub juara Liga Thailand, Buriram United berhasil melaju ke babak 16 besar Liga Champion Asia setelah membantai tamunya dari China, Guangzhou R&F dengan skor 5-0. Di saat kondisi sepakbola di tanah air kacau balau, Thailand sudah mulai membuktikan kelasnya di tingkat klub Asia.

Disaat Indonesia Merana, Buriram Bungkam Guangzhou dan Lolos 16 besar. Memang Persipura Jayapura telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar AFC Cup dan Persib Bandung berpeluang mengikuti jejak tim mutiara hitam. Namun, jangan dulu berbangga, Piala AFC adalah kompetisi klub asia kasta kedua yang dikhususkan bagi negara berkembang di Asia. Bahkan, Vietnam dan Thailand sudah tidak berhak untuk mengikuti kompetisi Piala AFC sejak tahun ini.

Saat ini bahkan diperparah dengan kisruh antara PSSI dan Pemerintah melalui Kemenpora. Kabar terakhir Presiden Jokowi merestui langkah Menpora, Imam Nahrwai. Dengan kata lain babak baru dimulai dan akan semakin runyam setelah PSSI tetap teguh dengan menggugat Menpora ke meja hijau. Selepas Jokowi mendukung Menpora, maka pergantian Menpora seperti yang diharapkan PSSI tidak akan terwujud.

Mari kita lupakan sejenak mengenai kisruh sepak bola nasional, saatnya belajar ke negeri gajah putih setelah membantau tamunya tanpa balas, Buriram kokoh di puncak klasemen dan berhak lolos ke babak berikutnya.

Pos Tim P M S K GM GK +/- Pts
1 Buriram United 6 3 1 2 12 7 +5 10
2 Gamba Osaka 6 3 1 2 10 7 +3 10
3 Seongnam 6 3 1 2 7 5 +2 10
4 Guangzhou R&F 6 1 1 4 3 13 -10 4

Berikut adalah cuplikan pertandingan Buriram vs Guangzhou



Seharusnya baik pemerintah maupun PSSI berkaca pada prestasi luar biasa yang diraih Buriram United. Semoga kisruh sepakbola di Indonesia cepat berlalu dan kembali ke jalur yang benar.