Persib dan Persipura Terancam Tidak Bisa Main di Piala AFC 2015

0
3724
sanksi pssi

Dampak apabila Sanksi FIFA jadi diberikan kepada PSSI akibat penundaan kick off ISL 2015 salah satunya adalah Persib dan Persipura tidak bisa main di Piala AFC 2015 atau didiskualifikasi. Selain itu, timnas U-19 dan U-16 tidak bisa berlaga di ajang Piala AFF U-19 dan U-16.

Balasan surat dari FIFA seperti dipostingan sebelumnya, bukan merupakan gertak sambal, itu adalah surat resmi yang di tanda tangani langsung oleh General Secretary, Jerome Valcke. Apabila benar akan diberikan sanksi maka bukan hanya ISL 2015 yang batal digelar, kiprah Persib dan Persipura tidak bisa main di AFC Cup 2015.

Semua ini terjadi berawal dari Menpora atas rekomendasi BOPI untuk menunda kick off ISL 2015. Namun sayangnya PSSI langsung menyurati FIFA, berikut adalah surat dari PSSI melalui Joko Driyono

surat fifa sanksi pssi

Akun @revolusipssi mentweeps isi surat dari JokDri. Klik disini untuk melihat lebih lengkap (halaman 1, halaman 2)

surat fifa

Klik disini untuk melihat detil surat (halaman 1, halaman 2). Setelah di telusuri bidhuan, netizen terpecah menjadi 3 kubu, ada yang setuju dan sejalan dengan Menpora, ada yang tidak setuju, dan ada yang netral yang menyayangkan hal ini terjadi berlarut larut.

deklarasi bandung

Dari akun lainnya menunjukan rasa keprihatinannya dikarenakan masih banyak klub yang bermasalah terutama adanya tunggakan gaji, yang saat ini mencuat adalah kasusnya Munhar

sanksi fifa2

Tidak lama muncul meme saya merasa sedih karena nunggak gaji. Dan inilah yang sedang hangat mengenai tunggakan gaji dari Munhar.

surat fifa

Mari kita simpulkan bidhuaners, kembali ke surat FIFA, seperti biasa semua pihak merasa benar, di satu sisi Menpora dan BOPI ingin membuat semua berjalan dengan profesional di tahun 2015 ini, di pihak klub, beberapa klub menginginkan kompetisi tetap jalan sambil menuju klub yang profesional. Nah PSSI sebagai penengah berada di situasi yang membingungkan, dan akhirnya menyurati ke FIFA.

Sebetulnya jawaban dari FIFA sudah bisa ditebak, dan PSSI melakukan blunder, karena pastinya FIFA akan merujuk ke statutanya tidak ada negoisasi. Jadi sangat dimungkinkan Sanksi akan diterima Indonesia dan Persib serta Persipura tidak bisa ikut serta di Piala AFC, wal hasil bidhuaners pencinta sepakbola nasional akan gigit jari. Sudah ISL tidak bisa digelar ditambah dengan tidak bisa tampil di Piala AFC… hiburan rakyat hilang….

Ini dampak apabila FIFA menjatuhkan Sanksi

1. Absen di pentas Internasional

Bukan hanya timnas, klub yang bermain di tingkat internasional tidak diperbolehkan mengikuti turnamen yang berada di bawah naungan FIFA.

2. FIFA akan stop bantuan

FIFA akan menghentikan bantuan yang biasanya diberikan kepada Indonesia pada setiap tahunnya kurang lebih sebesar 250 ribu dollar Amerika.

3. Wasit Indonesia dilarang di even internasional.

Dampak lainnya adalah wasit Indonesia tidak bisa memimpin pertandingan di even-even yang ada di bawah naungan FIFA.

4. Pemain Indonesia tidak bisa bermain di luar Negeri

Para pemain Indonesia tidak bisa bermain diluar negeri. Andik Vermansyah sebagai contohnya diharuskan pulang kampung karena tidak diperkenalkan bermain di liga berafiliasi FIFA.

5. Sepi sponsor

Ya itulah dampak terakhir yang akan diterima Indonesia, sponsor akan menjauh dari Indonesia akibat Sanksi FIFA ini.



Jadi wahai pihak BOPI dan Menpora, PSSI, dan para petinggi klub, cobalah cari solusi supaya sanksi FIFA tidak dijatuhkan untuk Indonesia. Atau jika memang 5 dampak ini yang diharapkan, ya silahkan….