Gawat! Tim Transisi Mulai Kacaukan Hajatan Pra-PON KONI

0
1877
kisruh kemenpora pssi

Bisa dibayangkan begitu kecewanya ketika pihak panitia penyelenggara pertandingan yang telah mendapatkan restu sebelumnya dari kepolisian setempat, malah harus dibatalkan satu jam sebelum kick off pertandingan. Hal ini terjadi di ajang Kualifikasi Pra-PON zona Kalimantan di partai perdana yang mempertemukan tim Kalimantan Utara (Kaltara) melawan Kalimantan Barat (Kalbar) di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Minggu (4/10) sore.

Gawat! Tim Transisi Mulai Kacaukan Hajatan Pra-PON KONI. Akibat kisruh sepakbola antara PSSI dan Kemenpora melalui Tim Transisi yang menarik izin pertandingan Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) sehingga laga kualifikasi Pra PON urung digelar. Seperti dilansir situs bola.net,

Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, Budi Setiawan, menyatakan bahwa Tim Transisi terus saja mempersulit penyelenggaraan Pra PON. Apalagi Pra PON adalah eventnya KONI yang notabene bagian dari pemerintah.

“Pra PON ini secara struktural bukan even PSSI tapi even dari KONI. Tapi, sesuai dengan amanah dari KONI, secara teknis Pra PON itu pelaksanaannya diserahkan ke PB dalam hal ini PSSI,” katanya.

“Jika ingin menghalang-halangi karena ada permasalahan dengan PSSI, sama mereka akan berhadapan dengan aset sepak bola di daerah. Mereka akan berhadapan dengan Pemda, dan masyarakat setempat. Lihat sekarang, main sepak bola dihalangi sedemikian rupa. Biarkan masyarakat yang menilai,” tuturnya.

“Ini hukum tata negara kita, yakni pemerintahan di daerah bisa diatur dengan secarik kertas dari Tim Transisi. Saat ini, sudah ada hak otonomi daerah. Tim Transisi juga bisa dinyatakan penyebab pemborosan anggaran, karena tim-tim Pra PON itu sudah melakukan TC yang tentunya memakai dana dari uang negara. Selain itu, KONI juga bagian dari pemerintah, masa sesama pemerintah saling sikut,” pungkas Budi.

Netizen pun mulai berpendapan di media sosial

@Bartman_Barabai :
Kami jadi korban konflik pihak lain,” kata Mundari Karya.
Mundari menuntut Tim Transisi bertanggung jawab atas pembatalan ini.

@BaritoMania ;
Pertandingan kualifikasi Pra-PON Zona Kalimantan resmi dibatalkan! Emang ini ranahnya Tim Transisi juga ya? Zzzzz 😴

@idyllic48bola :
KONI ~> Asprov PSSI ~> Polda ~> DEAL
Begitu jelang kick-off, muncul surat dari Mabes Polri atas rekomendasi Tim Transisi

@48Footy
Polri hanya ngurus keamanan penonton saja, bukan ikut2an tim transishit



Kisruh sepakbola nasional saat ini telah merambat ke ajang Pra PON cabang sepakbola, lebih jauh lagi gesekan antar lembaga pemerintah semakin terlihat jelas atas kejadian ini.