Tips Sukses Berkarir di Dunia Marketing Perusahaan Obat Luar Negeri

1041
kalbe
kalbe.co.id

Tips Sukses Berkarir di Dunia Marketing Perusahaan Obat Luar Negeri. Salah satu perusahaan obat berskala Internasional yang memiliki kantor cabang di Luar Negeri adalah PT. Kalbe Farma. Seorang Apoteker yang sukses bekerja sebagai Sales and Product Manager Ethical di Kalbe International Pte. Ltd, Nigeria sedikit berbagi untuk bidhuaners.

Dialah Ronny Tandela, Apoteker angkatan 2008 yang lulus dari Universitas Padjadjaran.

“Saya sempat berkiprah di dunia Perbankan selama 7 bulan, kemudian selama 2 tahun malang melintang di dunia Product Management di salah satu perusahaan Farmasi PMDN, dan pindah ke perusahaan lain degan promosi karir.” Ujar Ronny kepada Bidhuan (28/2).

Ronny tandela
source : linkedin


Ketika ditanyakan mengapa terjun ke dunia marketing, Ronny pun punya alasan khusus mengenai pilihannya.

“Dunia marketing adalah dunia yang dinamis, seni merebut market share, penuh tantangan karena setiap personal butuh treatment khusus, penuh ilmu baru cocok bagi yang ingin menjadi entrepreneur”  ucapnya.

Sejak tahun 2015, dirinya dipercaya menjadi manajer penjualan dan produk etikal di PT. Kalbe Internasional kantor cabang Nigeria.

“Potensi bisnis cukup menarik, chance karir internasional, learn new things contohnya culture, character, business model” lanjut pria yang masih single ini mengungkap alasan mengapa dirinya ingin berkarir hingga ke benua Afrika.

Menurutnya hambatan utama ketika berkarir di dunia marketing di luar negeri adalah adaptasi dengan lingkungan, budaya, dan makanan baru serta variasi pendekatan personal yang disesuaikan dengan budaya setempat. Tetapi Ronny pun menyebutkan beberapa kelebihannya.

“(Jenjang red.) karir lebih baik, kesejahteraan lebih baik, chance menunjukkan skill, knowledge dan bukan jago kandang” kata Ronny yang saat ini digaji dengan standar dollar Amerika.

Ronny pun sedikit berpesan kepada institusi pendidikan di Indonesia agar metode pembelajaran lebih bervariasi terutama mata kuliah marketing/entrepreneur wajib ditekankan.

“Berkarir sesuai passion jadi tidak kerja 2-3 bulan, change, kerja lagi change lagi. Bagus kalau pada jenjang karir yangg sejenis, seringnya pindah karena beberapa ratus ribu” ujar Ronny sedikit memberikan tips untuk berkarir di dunia marketing dengan sedikit nada sindiran.

Petuah bidhuan kali ini “Dunia marketing cocok bagi yang suka tantangan dan memiliki passion entrepreneur“.

[Baca juga:Ketika Apoteker Meracik Kue Tradisional ]