Ternyata Seorang Apoteker Temukan Formulasi Warna di Seni Keramik Dunia

0
753
formula apoteker
http://www.collectorsweekly.com/

Bidhuan.id – Ternyata Seorang Apoteker Temukan Formulasi Warna di Seni Keramik Dunia. Seorang Apoteker bernama, Dr. William S. Christopher berjasa dalam menemukan formula terbaik untuk kombinasi perpaduan warna di industri keramik tanah liat.

Formula-formula yang dia ciptakannya pada rentang bulan Desember 1885 sampai Desember 1886 tertulis dalam sebuah buku formulasi yang kemudian menjadi sumber inspirasi bagi perusahaan keramik tertua dan terkenal di Amerika Rookwood Pottery yang didirikan sejak tahun 1880 dan masih aktif hingga saat ini.

formula apoteker
http://www.collectorsweekly.com/

Apoteker dari Chicago Dr. William S. Christopher melakukan serangkaian percobaan glasir dan tanah liat atas perintah pendiri Rookwood Maria Longworth Nichols Storer. Gambar diatas adalah buku resep fotokopi karya Dr Christopher, yang masih digunakan sebagai dokumen referensi oleh ahli kimia Jim Robinson di perusahaan Rookwood seperti dikutip collectorsweekly.com.

keramik apoteker
http://www.collectorsweekly.com/

Robinson mengacu pada buku resep yang ditinggalkan Dr Christopher yang digabung dengan formula-formula lainnya yang ditemukan hingga kini.

Kamus dan ensiklopedia tahun 1950-an mendefinisikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti gerabah, genteng, porselin, dan sebagainya.

Umumnya senyawa keramik lebih stabil dalam lingkungan termal dan kimia dibandingkan elemennya. Bahan baku keramik yang umum dipakai adalah felspard, ball clay, kwarsa, kaolin, dan air.

Cristopher berperan dalam menemukan kombinasi warna yang ternyata memiliki formulasi khusus yang memiliki nilai seni yang tinggi. Oleh karenanya, bagi penggiat seni keramik tidak jarang harganya sampai ratusan juta rupiah karena setiap keramiknya memiliki ciri khas tersendiri.

Bagaimana dengan bidhuaners, sudahkah berperan dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitarmu hingga saat ini?

[Baca juga:Inilah Kumpulan Foto Produk Pangan Ilegal Senilai 18 Miliar yang Disita BPOM]



SHARE