Begini Desain TK Terbaik di Dunia karya Arsitek Takaharu Tezuka

4764
tk fuji

Taman Kanak-Kanak (TK/Kindergarten) Fuji di Tokyo, Jepang memiliki arsitektur yang unik karya Takaharu Tezuka yang berbentuk lingkaran menyerupai tribun sepak bola dimana atapnya bisa digunakan untuk bermain. Dengan desain seperti ini anak-anak yang  berumur 5 tahun menjadi lebih nyaman untuk mengekplorasikan dirinya.

Adalah video Tedx Kyoto yang menjelaskan bagaimana Desain TK Terbaik di Dunia karya Arsitek Takaharu Tezuka ini. Dalam presentasinya dijelaskan bahwa TK ini didesain agar memenuhi ekspektasi dari anak didiknya. Anak-anak dibiarkan untuk bebas bermain dan berlari mengelilingi atap, pepohonan, dan bangunan khusus yang didesain keamanannya.

tk fujitk fuji

Inspirasi desain unik ini berasal dari kehidupan monyet di hutan, anak-anak secara naluri akan saling membantu ketika dihadapkan ke suatu tempat yang memiliki tingkat kesukaran tertentu, seperti ketinggian. Bangunan ini didesain alami disatukan dengan pepohonan sehingga anak-anak tumbuh alami dan dibiarkan natural agar bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

tk fuji

Ruangan kelas tidak dibuat terpisah-pisah, semua bersatu. Suara ribut dianggap sebagai peristiwa yang natural seperti di alam, justru karenanya bisa secara natural fokus terhadap pelajarannya. Dan kenyataannya anak-anak ini bisa lebih konsentrasi terhadap gurunya.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah video presentasi dari Arsitek Takaharu Tezuka

ARTIKEL TERKAIT