Tips dan trik beli oleh2 dari Jepang murah tapi berkualitas

27318

Akhirnya libur summer telah tiba…. saatnya mudik dan bercengkrama kembali bersama keluarga… satu sisi seneng banget pulkam ke negara tercinta, walo kondisinya jauh dari keteraturan dibanding disini..tapi tetep aja ngangenin apalagi kulinernya… susah ya klo lidahnya orang indonesia ya doyannya kalo ga baso, kupat tahu ato batagor dah… Nah, sisi lainya ngebingungin juga… disaat ingin ngumpulin pundi2 yen, tetep aja harus tuh bawa oleh2… secara orang indo, klo ga bawa oleh2 bawaannya pasti pada protes… ya sudah selaku mahasiswa yang duitnya pas pasan, mikir deh gimana caranya biar semua kebagian tapi yang dibeli itu khas dari Jepang tapi murmer… hehe keluar deh tabiat orang tasik nya..

Okeh deh, disini akan coba sedikit cerita, karakteristik kota di jepang mirip… so pasti pada bisa dapetin dimana pun di negeri sakura ini.. nah biasanya kalo beli oleh2 sy pilah jadi 2 golongan nih… VIP person dan golongan kedua adalah teman2, keluarga ato tetangga (busyet deh emangnya baru pulang dari haji semua dibagi… ya emang begitulah indonesiah).. nah yang golongan kedua ini harus nyari yang memenuhi prinsip satu untuk semua hehe

1. Belilah makanan khas tempat itu

Dimana beli omiyage (oleh2) yang khas… jawabannya di stasiun kereta atau di tempat wisata.. jangan mau deh di airport kecuali kepepet ya…. terus terang ini rada diatas harga supermarket karena memang g ada di supermarket, jadi belinya secukupnya saja ini termasuk untuk golangan 1

Toko omiyage di JepangToko oleh oleh Jepang

ini contoh Omiyage khas dari Kumamoto

Kue Khas Kumamoto JepangKumamon kue Jepang

yang kecil kitaran 500 yen, besar 1000 yen

2. Beli pernak pernik berbau Huruf kanji ato khas daerah itu

Sebenernya ini bisa golongan satu atau 2 tergantung harganya hehe, mudik kali ini ga beli giniian… udah pernah soale.. contohnya apa? standar seperti di negara lainnya.. gantungan kunci, magnet, gelas, prototype khas daerah itu, handuk tangan, payung, tas, baju, kipas, topi dll… belinya dimana? saatnya pergi ke pusat kota di daerah itu.. di toko2 buku, toko peralatan dapur, mall biasanya suka ada spot khusus… harganya kisaran 200-2000 ¥ soalnya diatas itu buat VVIP :)

Baju tulisan Kanji

3. Kimono

Nah saya ga habis pikir… ini kenapa mahal2 ya… paling murah 15.000 ¥ alias ampir 2 jutaan… tapi tenang jangan kecil hati… beli aja kain meterannya, jatuhnya super murah banget… tapi jaitnya sendiri ya haha… pergi ke pusat kotanya ya, suka ada koq yang jual kain meteran semeter 1000 ¥ rata2

Kain meteran kimono

4. Oleh2 sapu jagat

Kenapa saya bilang seperti ini, inilah saatnya cari oleh2 dengan prinsip satu bungkus tapi isinya seribu macam.. pastinya ini untuk golongan kedua…. dimanakah tempatnya… Supa alias supermarket, jangan di minimarket ya.. supermarket apa? banyak, bisa cosmos, direx, youme, dll

Snack murah jepang

5. Serba 100¥

Nah ini tempat paling saya suka… walau di PVJ bandung udah ada daiso… tapi jatuhnya tetep mahal kan… jadi disaranin jangan ngasih oleh2 buat orang kotaan yang gaul getoh bisa ketauan… bisa beli apa disini? banyak, alat kebutuhan sehari2 semua ada disini… ya pura2nya jadiin oleh2 aja ya.. dari mulai peralatan masak, mandi, mainan, buku, bungkus hp, dasi, kaos kaki, kosmetik dll silahkan tinggal dipilih..

toko daiso jepang serba seratus yen

6. Toko 2nd hand

Toko barang bekas beda beda dengan toko di indonesia… disini bekasnya sangat layak pakai, kenapa? disini mau buang sampah aja bayar… makanya pada dijualin aja ke sini, antar gratis dan dibayar walau jauh dari harga beli.. salah satu nama tokonya adalah hard off.. pingin ngerasaan seperti di toko ini baca postingan ini

Toko barang bekas di Jepanghardoff toko second hand

7. Belanja online



Nah terakhir, ini yang saya suka.. bisa ngejar diskonan barang apapun… terutama mainan untuk anak saya… toy r us.jp , ato di amazon.jp tinggal ikutin aja caranya di postingan sebelumnya ya alat eletronik juga bisa koq..syaratnya min seminggu sebelum berangkat dah pesen ya..