[Video] Kapan Sistem Keamanan Laboratorium kita Seperti di Jepang?

0
1378

Selagi bisa dilakukan oleh teknologi, tenaga manusia adalah pilihan nomor dua di Jepang. Efisiensi tenaga manusia bukan tanpa sebab, mahalnya gaji perjam bagi tenaga manusia menjadi faktor utama memaksimalkan teknologi yang ada. Sebagai contoh sistem keamanan laboratorium di kampus layak di tiru oleh kita. Gedung dibuat bisa dipergunakan 24 jam oleh mahasiswa yang sudah teregistrasi sebelumnya. Teknologi ini sebenarnya sederhana, hanya menggunakan sistem sidik jari untuk akses masuknya dan auto sensor lampu yang juga bisa di seting kapan mati dan hidupnya untuk efisiensi penggunaan listriknya.

sistem keamanan lab

Di video di bawah ini akan menggambarkan tata cara penggunaan ruangan yang di dalamnya ada instrumen spesifik. Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan sebelum bisa menikmati akses 24 jam setiap hari termasuk di waktu weekend atau hari libur.
1. Pastikan registrasi sidik jari terlebih dahulu, dimana syarat utamanya adalah terdaftar sebagai mahasiswa dengan menunjukkan kartu mahasiswa dan surat izin dari profesor pembimbingnya.
2. Sebelum menggunakan instrumen, kita diwajibkan untuk mendaftar melalui website khusus untuk menghindari overlaping dengan mahasiswa lainnya. Tentukan kapan waktunya dan berapa lama akan menggunakan alatnya.
3. Untuk memasuki pintu gedung utama, bisa menggunakan sistem sidik jari ataupun menggunakan kartu mahasiswa
4. Untuk menuju ruang instrumen, kita perlu kunci dan kotak kunci akan terbuka dengan sistem sidik jari
5. Setelah mendapatkan kuncinya, jangan lupa untuk menuliskan di log book rencana penggunaan ruangannya, kemudian tinggal menuju ke ruangan instrumen tertentu yang akan kita gunakan



Lengkapnya bisa dilihat di video ini
https://www.youtube.com/watch?v=B9RKCJBIb40&feature=youtu.be