Tips Unik Membuang Sampah di Jepang

0
2252
Jadwal buang sampah di jepang

Seperti kita ketahui membuang sampah di Jepang memiliki jadwal khusus, namanya kalender sampah. Setiap hari jadwal jenis sampah akan berbeda. Sebagai contoh senin biasanya untuk plastik bergantian dengan keramik piring/cangkir dll, selasa dan jumat adalah untuk sampah yang bisa dibakar atau burnable. Rabu kertas dan di hari kamis PET bergantian dengan aluminium.

Jadwal buang sampah di jepang

garbage in japan

Nah bagaimanakan kalo salah hari, petugas kebersihan tidak akan mengambilnya dan akan memberikan notifikasi seperti gambar dibawah ini

wrong garbage days in japan

Ribet ya.. tiap hari beda jenis sampah alias harus nyediain beberapa tempat untuk buang sampah…dan kita harus membeli plastik sesuai sampah peruntukannya yang bisa didapat di minimarket terdekat.

Bagaimana solusi jitu nya? ya cukup kita siapkan 2 kantong plastik dan hanya manfaatkan buang sampah di hari Selasa dan Jumat saja yaitu untuk sampah yang bisa dibakar. Kantong plastik pertama yaitu plastik burnable (warna biru) untuk semua sampah yang bisa dibakar tampung saja disini. Supaya tidak terlihat dari luar, masukan beberapa kertas bekas promosi yang biasa kita dapat di kotak pos kita.

Japan promotion paperJapan garbage

Untuk botol dan aluminum di plastik lainnya dan dapat dibuang di kampus terdekat kapanpun sesuai keinginan.

Garbage recycling system in japan



Itulah gaya orang pemalas buang sampah di Jepang hehehe

SHARE