Persik Kediri dan Persiwa Wamena turun Kasta : ISL 2015 kemungkinan 18 Tim

2072

Rencana PT Liga Indonesia untuk mengerucutkan tim Indonesia Super Liga (ISL) menjadi 18 pada 2016 sepertinya akan berlangsung lebih cepat, persisnya pada musim 2015 ini. Juara Piala Gubernur Jatim 2015, Persik Kediri dan Juara Divisi Utama, Persiwa  Wamena dinyatakan tidak layak untuk ikut ISL 2015. PSSI kemungkinan tidak akan menambah jumlah kontestan setelah berkurang 2 tim.

Juara Piala Gubernur jatimjuara divisi utama persiwa

’’Kami tidak mau lagi kecolongan untuk kali kedua. Kejadian WO dan tim-tim yang tidak bisa melanjutkan kompetisi karena tidak punya uang cukup terjadi di musim lalu,’’ ujar Sekretaris PT Liga Tigorshalom Boboy.

’’Kami akan bersikap tegas untuk tim-tim yang tidak memiliki kualifikasi menjadi profesional karena itu adalah amanah statuta,’’ lanjutnya.

PT LI enggan mencari pengganti dua jatah milik Persik dan Persiwa itu. ’’Tidak ada pengganti. Kalau akhirnya hanya 18 yang siap, kami tetap jalan dengan 18 tim tersebut,’’ tegas Tigor. (Jawapos.com edisi 23/12/14)

“Ini bukan bentuk dari diskualifikasi, tapi bentuk keinginan Liga Indonesia memproteksi semuanya dan tidak ingin membiarkan klub kesulitan. Persik sendiri masih memiliki utang yang besar dan akan menjadi beban tambahan jika tetap tampil di 2015. Demikian juga dengan Persiwa. Ada history di tahun sebelumnya.” Ujar sekjen PSSI Joko Driyanto.

“Manajemen Liga Indonesia mengusulkan sekalipun tidak ikut ISL, dimohonkan RUPS menyetujui proposal Liga Indonesia supaya kedua klub mendapat hak sebagai anggota. Sekalipun turun kasta, mereka dapat hak komersialISL. Ini sama dengan di Premier League, di mana ada paracute payment. Maknanya kami respek dan apresiasi pencapaian dari aspek keolahragaan,” tambah Jokdri.

Ke-12 tim dinyatakan layak mengikuti ISL 2015 yakni, Persib, Perseru, Mitra Kukar, Semen Padang, Persiram, Bali United Pusam, PBFC, Persiba Balikpapan, Persipura, Sriwijaya FC, Barito Putera, dan Persela Lamongan. Sedangkan PBR, PSM Makassar, Persebaya, Persija, Arema, dan Gresik United masih diberi kesempatan selama seminggu kedepan untuk menyelesaikan permasalahan finansial seperti gaji dan lainnya.

“Dengan posisi ini akan ada 18 klub yang ikut kompetisi. Kecuali jika dalam perjalanan selama 1 minggu ini, enam klub yang butuh pendalaman, angkat tangan. Tapi proyeksi Liga Indonesia, kompetisi diikuti 18 klub,” terangnya. (Sportsatu 12/1/15)

Semakin seru dan ketat sepertinya nanti ISL 2015 yang dipastikan akan dimulai pada minggu ketiga bulan Februari 2015. Kemungkinan besar Kick Off pada tanggal 21-22 Februari 2015

ARTIKEL TERKAIT