5 Kesamaan Sejarah di Liga Indonesia Pertama : Tanda Persib Akan Juara di ISL 2014?

2
4734
Kesamaan Sejarah Persib Juara

Mari sejenak mengenang sejarah Persib ketika menjadi kampiun di Liga Indonesia pertama yaitu pada tahun 1995. Sekilas ada beberapa fakta yang mirip dengan kejadian di Liga Super Indonesa 2014 ini. Akankah sejarah terulang kembali?

Kesamaan Sejarah Persib Juara
Mari kita tonton terlebih dahulu video Persib ketika jawara di Liga Indonesia pertama atau dikenal dengan liga dunhill

Setelah mengenang masa lalu, saatnya kita bahas 5 kesamaan fakta sejarah Persib di liga indonesia pertama dengan ISL 2014

1. Format Liga Mirip

Persib juara di Liga Profesional Indonesia yang pertama tepatnya pada musim 1994/1995, liga yang dibentuk dengan menggabungan dua komepetisi Galatama dan Perserikatan dimana perebutan juara liga ditentukan dengan sistim 8 besar dimana 4 tim terbaik dari wilayah barat dan timur akan saling berhadapan. PSSI di tahun ini kembali meberlakukan sistem 2 wilayah, Barat dan Timur, dengan sistem 8 besar serta menggunakan partai semifinal dan grand final untuk menentukan juaranya.

2. Menggunakan pelatih lokal

Tercatat 3 pelatih asing telah menukangi Persib. Marek Sledzianowski, Juan Paez, dan Arcan Iurie, dan hasilnya nihil alias tanpa gelar. Siapa tak kenal Indra Tohir, pelatih yang membawa Persib juara di liga indonesia pertama. Saat itu asisten pelatihnya adalah pelatih saat ini yaitu kang Djadjang Nurjaman. Apakah ini suatu kebetulan?

3. Peringkat Kedua di klasemen di Penyisihan Wilayah Barat

Klasemen di penyisihan liga Indonesia pertama, Persib menduduki peringkat kedua di Wilayah Barat membukukan nilai 69, dari 20 menang, 9 seri, 3 kalah. Di 2014, Persib juga mengakhiri babak penyisihan di peringkat kedua. Selain itu sama-sama kalah hanya 3 kali. Uniknya ketika di prosentasikan dengan nilai yang diraih dengan total bermain, Persib sama-sama meraih 60% kemenangan dari total main, seri 25% di 2014 dan 28% di 1995. Sungguh data statistik yang mirip.

4. Juara Grup di 8 besar

Fakta lainnya adalah Persib sama-sama menjadi Juara grup di LSI 2014 juga di Liga Indonesia pertama. Ini suatu kebetulan yang bisa menjadi pertanda baik bagi Persib saat ini.

5. Binaan Persib Menjadi Bintang

Robby Darwis sebagai kapten, Yusuf Bachtiar serta pencetak gol penentu Sutiono adalah pemain murni hasil binaan Persib. Bisa jadi saat ini Ferdinand, Tantan, Atep yang merupakan pemain binaan Persib mungkin akan menjadi penentu kemenangan di Final nanti.



Itulah 5 Fakta sejarah di Liga Indonesia Pertama yang memiliki kesamaan dengan kondisi saat ini. Akankah ini menjadi pertanda bahwa Persib akan juara di ISL 2014?