Cara Menghitung ROI Keuangan Menurut Para Ahli

78
Cara Menghitung ROI Keuangan Menurut Para Ahli
Cara Menghitung ROI Keuangan Menurut Para Ahli

Bidhuan.id – Pernahkah Anda mendengar tentang ROI? Bagaimana cara cara menghitung ROI ? Mungkin bagi Anda yang tidak berkecimpung di bidang ekonomi tidak akan mengetahui informasi mengenai ROI atau mungkin masih asing dengan yang namanya ROI. Namun bagi Anda yang berkecimpung di bidang ekonomi, akutansi, dan manajemen keuangan mungkin sudah tidak asing lagi dengan ROI ya.

Bagi Anda yang mungkin saja masih kebingungan mengenai cara menghitung ROI maka pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu Anda informasi penting mengenai ROI dan juga bagaimana cara menghitungnya dengan mudah sehingga Anda bisa mulai memahami definisi yang sesungguhnya dari ROI tersebut. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah beberapa infromasi penting seputar ROI :

Definisi dan Rumus Analisis ROI

Analisis ROI
Analisis ROI

Jika Anda masih kebingungan mengenai cara menghitung roi maka pada kesempatan ini kita akan memberikan infromasi yang penting kepada Anda mengenai definis dan juga rumus dari ROI sehingga Anda bisa mengetahui ROI lebih jelas lagi dan tidak salah ketika menghitung ROI karena ROI itu cukup penting menyangkut keuangan. Sehingga jika salah tentunya bisa menyebabkan kekeliruan yang cukup fatal ya. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromasi penting mengenai ROI :

  • Apa itu ROI?

Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui mengenai ROI. Bagi Anda yang mungkin baru saja pertama kali mengenal ROI maka kami akan memberitahukannya untuk Anda. ROI sendiri adalah singkatan dari ungkapan bahasa inggris yaitu Return On Invesment atau biasanya juga disebut sebagai ROR atau singkatan dari Rate of Return. Di dalam bahasa Indonesia, ROI atau ROR ini memiliki arti laba maupun investasi atau sebuah rasio yang mana menunjukkan hasil dari jumalh aktiva yang biasanya digunakan dalam perusahaan untuk efisiensi manajemen keungan. Biasanya rasio yang didapatkan dari ROI maupun ROR ini tersaji dalam bentuk presentase. Setelah membahas pemngertiamn dari ROI kami akan memberikan infromasi secara mendetail mengenai apa saja kegunaan dan manfaat dari ROI.

  • Definisi ROI menurut para ahli

Anda sudah mengetahui apa pengertian dan maksud dari ROI. Namun tahukah Anda ternyata pengertian ROI tidak sampai disitu, masih banyak sekali definis dari ROI yang dijelaskan oleh para ahli dan mungkin tidak Anda ketahui. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan infromasi penting mengenai definisi Roi menurut para ahli, bagaimana definisinya? Simak ulasannya di bawah ini ya

1. Sutrisno, 2001

Menurut Sutrisno, ROI atau singkatan dari Return On Investment merupakan ukuran kemampuan yang dimiliki perusahaan di dalam menghasilkan sebuah keuntungan atau laba yang digunakan untuk menutup modal maupun investasi yang telah dikeluarkan di awal.

2. Suad Husnan, Enny Pudjiastuti, 2004

Yang kedua menurut Suad Husnan dan juga Enny Pudjiastuti. ROI sendiri adalah sebuah laba bersih yang perusahaan peroleh dari semua kekayaan yang dimiliki.

3. Susan Irawati, 2006

Menurut Susan Irawati, ROI sendiri adalah salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk mengukur laba atau keuntungan bersih yang didapat dari semua kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan.

4. Sofyan Syafri Harahap, 2007

Yang selanjutnya menurut Sofyan Syafri Harahap, ROI adalah satu rasio yang bisa menunjukkan persenan laba bersih yang didapatkan jika diukur dari modal perusahaan tersebut.

5. Munawir, 2007

Yang terakhir ada Munawir yang menyatakan jika ROI itu merupakan bentuk maupun rasio dari profitabilitas yang berguna untuk mengukur kemampuan atau efektifitas dari perusahaan dalam menghasilkan sebuah keuntungan yang berasal dari seluruh dana yang berguna dalam opersional perusahaan.

Baca : Rumus Payback Period: Pengertian, Kelebihan dan Rumus Cara Menghitungnya

  • Kegunaan analisis ROI

Rumus ROI menurut para ahli
Rumus ROI menurut para ahli

Untuk mengenal ROI atau Return On Invesment lebih mendalam maka kami akan memberitahukan Anda infromasi penting lainnya mengenai kegunaan dari ROI karena ROI sendiri sangat berguna untuk perusahaan terutama dalam bidang keuangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan jika kita menggunakan analisis ROI :

1. Untuk perencanaan

Pada umumnya analisa ROI ini digunakan sebagai kontrol keungan atau laba seperti yang sudah kita sampaikan pada definisi di atas. Namun ROI juga bisa kita gunakan sebagai keperluan untuk perencanaan. Misalnya saja Anda sedang dalam situasi dimana perusahaan Anda ingin mengadakan suatu ekspansi. Nah, ROI inilah yang nantinya bisa menjadi bahan acuan untuk pengambilan keputusan untuk mengambil ekspansi atau tidak.

2. Untuk mengukur efisiensi

Selain digunakan untuk perencanaan seperti pada poin pertama yang telah kami sampaikan, ternyata ROI ini juga bisa digunakan untuk mengukur efisiensi dari bagian atau divisi yang ada di dalam perushaan. Analisis ROI ini digunakan untuk mengukur efisiensi dari tindakan divisi atau bagian-bagian di perusahaan. Caranya adalah dengan menggunakan semua biaya serta modal pada bagian ataupun divisi yang bersangkutan.

3. Mengukur profitabilitas

Ternyata ROI juga berguna untuk mengukur keuntungan atau laba dari suatu perusahaan. Dengan menggunakan ROI  maka kita bisa menghitung ataupun mengukur profitabilitas dari masing-masing produk yang dibuat oleh perusahaan. Sehingga sistem keuangan perusahaan akan menajdi lebih terkontrol.

4. Mengukur modal

Satu lagi kegunaan dari ROI adalah untuk mengukur efisiensi dari penggunaan modal yang selama ini digunakan. Jika perusahaan tersebut telah menggunakan sistem akutansi yang baik maka ROI juga bisa berjalan dengan baik untuk menghitung penggunaan modal. Selain itu ROI juga bisa digunakan untuk menghitung efisiensi bagian penjualan dan juga bagian produksi.

  • Faktor yang mempengaruhi ROI

Jika bicara mengenai ROI dalam manajemen keungan ini tak akan ada habisnya  ya. Setelah mengetahui apa saja definisi dari ROI dan juga apa saja kegunaan dari ROI, pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu informasi penting kepada Anda mengenai faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi ROI. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi ROI :

1. Profit margin

Pengaruh yang pertama adalah profit margin. Aoa itu profit margin? Profit margin sendiri adalah keuntungan dari sebuah operasi perusahaan yang biasanya dinyatakan dalam bentuk penjualan bersih dan presentase. Profir Margin inilah yang bisa kita gunakan untuk mengukur tingkat keuntungan atau laba dari sebuah perusahaan yang bisa dihubungkan dengan penjualnya.

2. Turnover

Faktor yang kedua adalah Turnover. Turnover yang diperoleh dari operating assets ini berguna untuk kegiatan operasional dalam periode yang telah ditentukan.

  • Rumus ROI menurut para ahli

Cara menghitung roi keuangan
Cara menghitung roi keuangan

Bagaimana? Apakah Anda mulai mengetahui ROI dengan baik? Setelah mengetahui pengertian dari ROI, kemudian kegunaan dari analisis sampai faktor-faktor yang bisa mempengaruhinya kali ini kami juga akan menginformasikan mengenai rumus untuk menghitung ROI menurut para ahli. Sehingga Anda bisa menghitung ROI dengan baik dan mengetahui apakah perhitungan ROI Anda benar dan juga sesuai. Karena menghitung ROI itu cukuplah penting dan tidak boleh keliru. Berikut adalah salah satu rumus dari ROI menurut ahli yang bisa Anda gunakan untuk menghitung :

Roi = Laba investasi – investasi awal : (investasi x 100)

  • Cara menghitung roi keuangan

Setelah mengetahui semua infromasi mengenai ROI. Kini saatnya kami memberitahu Anda mengenai bagaimana cara menghitung ROI. Sebelumnya perhatikan terlebih dahulu rumus ROI yang ada di atas sehingga Anda paham bagaimana cara menghitung ROI. Kali ini kami akan membawa contoh soal atau kasus sehingga Anda bisa lebih memahami bagaimana cara mengetahui ROI dan juga bisa menyelesaikannya. Berikut ada contoh kasus mengenai ROI yang wajib Anda perhatikan :

Misalnya ada investasi sebesar 10 juta rupiah yang akan menghasilkan penjualan sebesar 15 juta rupiah, berarti laba yang kita peroleh adalah 5 juta rupiah.

Dari kasus yang kami sampaikan di atas, berikut adalah perhitungan dari ROI :

ROI = 15.000.000 – 10.000.000 / 10.000.000 X 100% = 50%

Kesimpulannya, tingkat ROI yang kita dapatkan dari investasi di atas mencapai 50%. Apakah sekarang Anda sudah paham mengenai cara menghitung dari ROI atau Retrun On Investment?

Nah itu dia beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai cara menghitung ROI beserta beberapa definisi dari para ahli dan beberapa informasi lainnya. Sebetulanya cara menghitung ROI itu cukuplah mudah ya, Anda hanya perlu memasukkan rumus seperti yang sudah kami beritahukan di atas dan ketemulah berapa tingkat dari ROI yang kemudian bisa digunakan sebagai pengontrol perusahaan seperti yang sudah kami katakan tadi. Semoga artikel yang kami buat kali ini bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya!

ARTIKEL TERKAIT