Catatan Bulan Ketiga Seorang Blogger Pemula

1884

Hampir lupa saya tidak memposting laporan bulanan yang mungkin bisa membantu para blogger pemula untuk mengembangkan blog nya. Tepatnya saat ini adalah laporan bulan ketiga semenjak serius nge-blog. Di bulan ketiga banyak hal baru yang didapatkan dan akan di share disini. Jumlah pengunjung naik 3 kali lipat dari bulan sebelumnya yaitu menjadi 160.232 pengunjung dengan ratar-rata views juga meningkat menjadi 2.05 views/visitor atau sebanyak 327.780 views. Ranking alexa pun naik signifikan menjadi 584.520 dengan peringkat di Indonesia 7.230.

Bagi yang baru menemukan artikel ini silahkan membuka postingan sebelumnya
Laporan Tahunan Personal Blog NasrulWathoni.com
Tips Cara Cepat Diterima Wordads
Catatan Bulan Kedua Seorang Blogger Pemula
Catatan Bulanan Seorang Blogger Pemula
Alasan Ditolak Wordads dan Cara Mengatasinya

statistik desemberalexa desember

Seperti biasa langkah-langkah di bulan sebelumnya terus di lakukan, tapi ada beberapa catatan yang telah di lakukan di bulan ketiga ini.

1. Diterima WordAds

Berita paling menggembirakan adalah diterima nya WordAds sehingga membuat lebih bersemangat untuk rutin posting setiap harinya. Cerita lengkap diterima WordAds bisa di klik disini

2. Jadi Top Blog dan Top Post of The Day

top blog post of the day

Mungkin buat blogger papan atas alias para sesepuh, muncul di top post bahkan top blog adalah cerita biasa. Tapi bagi saya, ini merupakan capaian yang luar biasa. Dari peristiwa ini saya dapat ambil kesimpulan bahwa ketika kita menemukan postingan yang disukai publik atau disukai komunitas tertentu harus segera dimanfaatkan untuk tetap mendukung topik postingan tersebut. Dengan kata lain, ketika menemukan keyword yang menghasilkan trafik tinggi sebagai contoh “ISL 2015”, buatlah postingan lainnya yang berkorelasi dengan topik “ISL 2015”. Itu baru satu keyword, coba bayangkan apabila memeliki beberapa keyword, maka akan ramai lah blog kita.

4. Memaksimalkan Twitter untuk Mencari Keyword

Pelajaran berharga di bulan ketiga ini adalah pandai mencari keyword yang dicari banyak orang. Darimana itu? maksimalkan media sosial seperti twitter, path, dll. Khusus untuk twitter, maksimalkan dengan mem-follow/ mengikuti akun twitter yang sesuai dengan topik blog kita. Jangan lupa, kita harus cerdik membuat postingan dengan selangkah lebih jauh dari calon pengunjung kita, dengan kata lain apabila kita posting hal baru maka kemungkinan besar trafik akan tinggi.

5. Maksimalkan Internal Link

Sempat terpikir saya ingin membangun backlink dari sites berkualitas, tapi ternyata sebelum kesana, sebaiknya kita memanfaatkan internal link terutama dari postingan yang memiliki  trafik yang tinggi. Usahakan memposting dengan mengulang atau menjurus ke postingan sebelumnya sehingga page views pun akan bertambah.

6. Pakai SEO Quake Toolbar

seo quake

Terus belajar jangan cepat puas, itulah moto yang harus di jaga. Caranya download SEO Quake dan install di google chromenya. Setiap masuk blog/site tertentu kita akan tahu profil dari web tersebut. Tentunya kita bisa mempelajari kekurangan dan kelebihannya sehingga bisa dijadikan dasar untuk pengembangan blog kita.

7. Berusaha Memiliki Nilai Lebih dari Blog Lainnya



Kedepan mungkin saya akan mengganti hosting dan segera di rilis, nantikan ya alamat hostingnya biar ga diambil orang :) itu untuk memunculkan identitas yang mudah dikenal pengunjung. Selain itu, kemungkinan tetap akan di jalur blog personal untuk memberikan identitas lain dari pada yang lain tetapi tetap berusaha pada postingan tertentu memunculkan informasi terbaru dengan Opini atau Komentar setelah menampilkan beritanya selain itu postingannya bersifat tidak statis dan bisa di update setiap saat.