Catatan Bulan Kedua Seorang Blogger Pemula

4
1612

Halo para blogger pemula… setelah melewati masa di bulan pertama seperti di tulisan sebulan yang lalu, di bulan November ini diluar dugaan jumlah pengunjung melonjak 10 kali lipat, 53.6k pengunjung dengan 1,57 view/pengunjung atau rata-rata 1.8k pengunjung per hari dengan sempat mencapai 6k views dalam satu hari. Otomatis ranking Alexa naik signifikan menjadi 1.375.950. Di postingan kali akan berbagi pengalaman apa yang telah dilakukan selama bulan November 2014, mungkin akan bermanfaat bagi para blogger pemula, tak lupa para suhu juga berkenan untuk koreksi dan memberi masukannya.

statistik kunjunganstatistik bulan novnasrulwathoni.com Site Overview  Langkah-langkah bulan kemarin tetap dilakukan, disini hanya di bahas hal-hal baru atau update dari bulan sebelumnya

1. Cari Keyword Jangka Pendek Untuk Naikan Jumlah Pengunjung

statistik 22 nov

Karena blog saya adalah blog gado-gado jadi bisa menggunakan media sosial sebagai alat untuk mengetahui berita terkini. Twitter contohnya, dengan melihat trending topic kita bisa memprediksikan apa yang akan booming. Atau bisa mem-follow beberapa akun twitter hot topic. Tapi dalam hal ini harus menerapkan prinsip sebagai penulis bukan pembaca, artinya kita harus beberapa langkah lebih jauh dari para calon pembaca kita. Pinter-pinter lah mencari keyword jangka pendeknya karena tidak selamanya bisa berhasil.

top post wordpress

Sempat menjadi Top Post WordPress ke-7, membuat saya sadar ternyata di dunia blog juga ada persaingannya. Paling tidak saya selalu berusaha ada di top 50 post of the day wordpress (http://botd.wordpress.com/top-posts/?lang=id)

Top Posts — WordPress.com

Terkadang saya berpikir, tulisan yang diperingkat 10 besar koq bisa ya… padahal saya yakin tulisan saya juga lebih lengkap bahkan lebih baik dalam satu topik yang sama… Jawabannya adalah mereka sudah punya fan base alias pelanggan tetap, dan sudah dikenal oleh mbah google. Sedangkan saya hanya pemula hiks3

2. Membuat beberapa postingan dalam satu keyword

Ini yang paling penting setelah menentukan keywordnya. Karena fitur related to post nya di aktifkan otomatis postingan dalam satu kategori yang sama akan muncul di akhir postingannya. Untuk itu, buatlah postingan lainnya yang berhubungan dengan keyword itu sehingga pengunjung betah berlama-lama di blognya.

3. Berusaha Membuat Di Halaman Satu di Google dengan Membangun Backlink/Referrers

tips buka apotek

Terus terang saya tidak begitu paham dengan teknik SEO, tapi saya tertarik dengan sistem link piramida yaitu membuat minimal 3 link yang salng berhubungan, tapi saya belum yakin dengan teknik ini. Yang saya lakukan adalah yang masuk di akal saja, bagaimana caranya membangun link agar bisa mengarah ke situs kita. Seperti pada gambar di atas banyaknya saya posting di Kaskus untuk menarik pembaca, dan juga iseng menulis di kompasiana walau sempet kena tegur hehe, tumblr juga saya gunakan ini contohnya
http://edukasiscienceteknologi.tumblr.com/
http://beasiswaluarnegeri.tumblr.com/
http://sepakbolaindo.tumblr.com/
http://tentanghobi.tumblr.com/
http://apotekalrasyid.wordpress.com
http://www.kompasiana.com/nasrulwathoni
Jangan lupa gunakan akun google plus mu, buat ikon yang unik yang menandakan blog kita layaknya profesional.

profil evan dimas - Penelusuran Googl

4. Membuat Aturan Main

Semakin banyak pengunjung ternyata semakin banyak kemungkinan kita dijailin orang, untuk itu perlu juga membuat “term and condition” yang isinya bagaimana ketentuan penggunaan blog ini seperti dapat dilihat disini. Selain itu penting untuk menarik perhatian WordAds yang menandakan bahwa kita membangun blog ini serius. Oh ya iseng email ke penguasa WordAdsnya tanggal 11 November lalu ternyata alesannya trafiknya belum cukup, waduh musti gimana lagi ya hehe.. have fun saja lah :)

email wordads

5. Jumlah Pengunjung Bukan Segalanya



Baru menyadari maksud tim wordpress memberikan wejangan 2 bulan lalu bahwa lebih baik pengunjung yang sedikit dan loyal daripada banyak tapi hanya numpang lewat. Intinya adalah, bangun blog sesuai dengan temanya dengan tujuan memberikan pelayanan bagi pengunjungnya sehingga menjadi pelanggan setia alias pembaca yang selalu menantikan tulisan kita. Inilah sebabnya para master kita memiliki beberapa blog/website dengan tujuan membangun komunitasnya. Kesimpulannya blog yang hebat adalah blog yang memiliki trafik tinggi tapi spesifik pada bidangnya alias niche.

4 COMMENTS