Kisah Inspiratif Edho Zell, Youtuber Berpenghasilan Ribuan Dollar

10507

Kisah Inspiratif Edho Zell, Youtuber Berpenghasilan Ribuan Dollar. Edho Pratama yang lebih dikenal dengan Edho Zell dikalangan youtuber dan komunitas Indovidgram siapa sangka memiliki kisah pilu sebelum pada akhirnya sukses hingga digadang-gadang sebagai suksesor Raditya Dika. Menurut situs socialblade.com, Edho saat ini bisa meraih minimal $2.9K perbulan atau sekitar 30 juta rupiah.

Akun instagramnya saat ini telah memiliki 688k followers dan 500k subscribers youtube, padahal di awal tahun 2015 subscribernya baru mencapai puluhan ribu. Memang Raditya Dika memiliki jumlah subscribers 3 kali lebih banyak dari Edho. Dengan sepak terjang Edho yang fokus sebagai youtuber hingga menolak tawaran bermain film, maka tidak mustahil followersnya akan terus bertambah.

Oleh karenanya, secara eklusif bidhuan.id akan mencoba mengulas profil dan biografi dari Edho yang bisa menambah inspirasi bagi bidhuaners. Mungkin dengan kisah suksesnya, suatu saat ketika ditanya kepada seorang anak mengenai cita-cita akan dijawab sebagai Youtuber.

Akhirnya dirinya membuka asal usul dan kisah sedihnya setelah followersnya mencapai 100k di youtube.

“Saatnya membuka diri ke semua troopz vroh n sistah.. inilah gw sebenarnya… mudah2an setelah nonton ini kalian tetep mau temenan ama gw di youtube..” tulis Edho di video Draw My Life-EdhoZell yang telah ditonton lebih dari 800k orang.

Pria kelahiran Jakarta, 10 Juli 1986 ini ternyata dibesarkan seorang diri oleh ibunya alias single parent, tidak dijelaskan dan nampak tidak ingin mencari tahu dimana keberadaan ayahnya saat ini.

“Saya tidak ingin mencari ayah, saya tidak merasa sedih, karena memang dari awal saya tidak punya ayah, berbeda dengan orang yang sudah dibesarkan oleh ayah tetapi kemudian tiada” Tutur Edho ketika diwawancarai di acara hitam putih pada edisi 30 Desember 2015.

Oleh karenanya Edho kecil tumbuh sebagai anak pendiam dan pada awalnya tidak ingin menceritakan kisah pribadinya melalui video Draw My Life.

Hingga sampai SMA, ibunya menikah dan harus pergi ikut suaminya ke Papua. Dan Edho pun memilih untuk tetap di Jakarta dengan kondisi serba kekurangan dan sendirian. Edho tidak punya teman dan ingin memiliki teman sampai mencoba membaca buku bagaimana caranya berteman.

Akhirnya Edho mencoba berubah dan ikut ekstra kurikuler Break Dance. Dari anak cupu sampai berubah menjadi anak so Gaul dengan embel-embel nama Zell. Nama yang diambil dari karakter paling asyik dan brandal di Final Fantasy 8.

Berubahnya menjadi anak Dance ternyata tetap saja tidak memiliki uang yang cukup sehingga memutuskan untuk bekerja. Dari mulai kasir warnet sampai jualan parfum dari rumah ke rumah. Semua dilakukan hanya untuk bertahan hidup.

Banyak kisah pilu yang pada akhirnya bertemu dengan sebuah rumah yang isinya komunitas gay, tetapi pada akhirnya menjadi pelanggan parfumnya. Itulah sebabnya saat ini mengapa Edho jago dalam berakting menjadi seorang cewek.

Dengan keuangan yang pas-pasan berusaha untuk tetap bertahan di Jakarta. Siang makan di warteg malam pun kadang harus makan numpang ditempat teman SMA nya (Pepen). Berkat kebaikan mama-nya Pepen, akhirnya Edho lulus SMA.

Selepas SMA, akhirnya keuangan mulai membaik dengan mengajar Break Dance dan sebulan bisa mendapatkan 3-7 juta. Sehingga yang asalanya tinggal dikost-kostan sangat sederhana berbahan tripleks di pinggir kali hingga pindah di kostan berdinding tembok.

Edho kemudian sukses masuk FISIP Universitas Indonesia dan mulai pindah kost ke Depok. Karena merasa tidak diterima oleh rekannya di UI dan harus mengajar Dance. Akhirnya tinggal di Mangga Besar dimana teman Edho sebelumnya berkumpul, di tempat yang memerlukan waktu 4 jam dari Depok.

Akhirnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus sebagai Break Dancer. Sering mengisi acara akhirnya memutuskan untuk belajar menjadi Master of Ceremony (MC). Belajar dari MC yang baik yakni MC Fredy, setiap acaranya selalu ikut dan belajar darinya.

Akhirny mencoba menjadi MC dan sukses serta berhasil kuliah kembali di London School of Public Relation, Jakarta. Sayangnya kesombongan Edho yang merasa berhasil telah menaklukan Jakarta membuatnya mencoba berkelana ke Jepang, yang pada akhirnya gagal hingga kembali ke Jakarta.

Kembali dari nol menjadi MC, dan casting menjadi VJ MTV sampai sinetron, tapi tidak ada yang menerima Edho. Sampai uang tabungan menipis dan tidak punya untuk bayar kost. Dari kesusahan ini terinspirasi terhadap Shinta Jojo dengan Keong Racunnya yang booming mendadak menjadi artis.

Edho mencoba mengupload, tapi pada akhirnya gagal karena hanya 10 orang yang melihat hasil karya parodi dari lagu. Mencoba lebih profesional dengan menggunakan teknik pengeditan video, namun pada akhirnya kembali gagal. Bergabung dengan boyband Mr-Bee akhirnya bubar juga.

edho zell
detik.com

Dititik ini Edho mulai depresi ditambah dengan putus cintanya ketika 2 minggu sebelum pre-wedding. Sempat hopeless bahkan dirinya sampai ingin bunuh diri.

Hidupnya terselamatkan setelah dirinya pergi ke gereja dan mulai ada yang memberikan support. Satu kunci yang menjadikan dirinya terus menjadi youtuber adalah para pengikut atau followernya yang terus memberikan masukan di kolom komentar. Alasan ini pula yang menolak berkecimpung di dunia film seperti seniornya Raditya Dika yang sukses berawal dari blogger dan menulis novel.

Di menit ini dalam videonya, Edho bercerita sambil terharu dan terdengar menangis. Dan disini Edho mulai mengucapkan banyak terimakasih untuk keluarga dan teman terdekatnya sampai sukses saat ini.

@youtube : EdhoZell
@youtube : EdhoZell

Pesan Edho begitu menyentuh bagi yang menonton video ini, terlebih video ini bisa dijadikan contoh bagi anak-anak broken home yang harus bangkit dan percaya bahwa bidhuaners hidup itu tidak sendirian.

Berikut adalah video kisah lengkap dari perjalanan karir hidupnya

Perjalanan Karir Edho dikutip dari situs pribadinya Edhozell.com

Music Career

2010 “Let Me Go” w/ Mr bee boyband
2011 “HHI Anthem” w/ Happy Holiday Indonesia
2012 “Sexy Gurl” w/ Happy Holiday Indonesia

TV Appearance & Guest Star

2008 Diary kuliner TransTV
2009 Gong Show TransTv
2011 Ceriwis, Happy Family, Insert Anniversary TransTV
2012 180* KompasTV
2013 Take me out – Indosiar
2014 Sebelas Duabelas – KompasTV
2014 180* – KompasTV
2014 Seenake Dewe – TransTV
2014 Deal or No Deal – GlobalTV
2014 D’Terong Show – Indosiar
2014 Famili100 – Indosiar
2015 Celebrity Game Show – Langit RTV
2015 Indonesia Morning Show – Net.TV
2015 Tonight Show –  Net.TV
2015 Hitam Putih – Trans7

TV Host & Presenting

2007 Kampus extravaganza – TransTV
2007 Ssst usil banget deh – TransTV
2008 Akhirnya datang juga – TransTV
2009 Ngetem Talkshow – Spacetoon
2009 Selamat Pagi Bunda – Spacetoon
2014 Kuis FastnWin bersama Advan – LangitRTV
2014 Ping me! – LangitRTV
2015 Gokil – TransTV

Awards

2012 Awarded The New wave viral by Marketeers
2012 Awarded Most Exposed MC on All Media by MC Keren Awards
2013 Awarded Best Comedy by internet video star by IDEAFEST
2014 Cleo Most Favorite Bachelor
2015 Youtube Silver Button

Selain dollar mengalir dari iklan youtube adsense, terkadang juga videonya juga dibuat untuk proyek promosi dari salah satu produk. Seperti video promosi sharp cluster berikut ini

Edho adalah satu dari sekian banyak orang yang memanfaatkan internet dan sosial media sebagai sarana untuk menghasilkan uang. Videonya tersebar tentunya atas promosi melalui sosial media. [Baca : Belajar dari Kevin Anggara, Mantan Pelajar Absurd Suksesor Raditya Dika]



Saatnya berpikir apakah sudah saatnya bidhuaners menggunakan kekuatan sosmed untuk mencari uang atau tetap menjadi follower sejati dan tempat untuk mengobral statusnya.