Catatan Bulanan Seorang Blogger Pemula

16
3914

Halo para blogger pemula.. ya tulisan ini diperuntukan bagi yang mencoba membangun blognya. Sebulan yang lalu 5.472 PV dengan rata-rata 1.42 views/visitor, di bulan ini meningkat menjadi 7.489 PV dengan rata-rata 1.62 views/visitor. Begitu pula ranking di Alexa naik signifikan dari 12jutaan menjadi 6,698,088 dengan peringkat di Indonesia 69,949 yang sebelumnya tanpa peringkat. Dipostingan kali ini akan bercerita apa saja yang telah saya lakukan yang mungkin bisa bermanfaat bagi para blogger pemula.
statistik kunjungan statistik kunjunganstatistik alexa

1. Memperbaiki tampilan

Tujuan saya merubah dan memperbaiki tampilan sebenarnya adalah untuk memulai semangat baru menulis di blog. Karena blog ini sudah saya tinggalkan sejak 4 tahun yang lalu. Selain itu, saya memilih template Expound karena ingin mengexplorasi foto di setiap postingannya. Dengan harapan akan menarik pengunjung dengan melihat fotonya. Tentunya file fotonya di kompres terlebih dahulu dan saya menggunakan photoshop. Hal ini dibuktikan rata page views/visitornya meningkat menjadi 1.62.  Template sebelumnya adalah Twenty ten.

2. Menentukan topik postingan

Sebenarnya memilih topik yang menjurus satu target yang niche adalah pilihat tepat. Tapi disini tujuan utama saya adalah mengisi waktu luang. Jadi topiknya saya sesuaikan dengan pengetahuan dan hobi yang saya kuasai. Tetapi di setiap postingannya diusahakan seunik mungkin. Kenapa saya masukan hobi juga, karena topik ini cukup membantu menarik pengunjung seperti topik sepak bola dan otomotif.

3. Belajar sedikit tips SEO

Untuk belajar SEO bisa melihat ebook SEO ala mbah google disini, yang saya pelajari dan terapkan terutama penetapan keyword, dan penggunaan header. Setiap membuat artikel, selain keyword, judul adalah penting, biasanya saya menggunakan google keyword planner dan tentunya yang gampang adalah langsung searching di mbah googlenya.

4. Posting rutin

Minimal sehari sekali, dan pastingan postingan yang kita buat bermanfaat bagi yang membacanya. Walaupun tentang pengalaman pribadi, usahakan agar pengunjung merasakan manfaat dari pengalamannya.

5. Menyusun sitemap dan kategori yang tepat

Setelah banyak postingan, saatnya menyusun site map dan kategori yang tepat. Anggap saja anda sebagai pengunjung, apa yang akan anda lakukan agar pengunjung betah di blog kita. Tentunya perlu panduan apa saja isi dari blog nya yaitu di site map dengan catatan penyusunan kategorinya tepat. Memaksimalkan settingan menu utama/menu dropdown di appearance juga perlu diterapkan untuk mempermudah pengunjung memilih langkah berikutnya di blog kita.

6. Memaksimalkan sosial media dan komunitas

Gunakan lah bantuan publize untuk mempublikasikan setiap postingan ke akun social media kita. Bangunlah komunitas atau bergabung dengan komunitas yang ada. Kaskus pilihan pertama, selanjutnya grup atau page facebook juga bisa digunakan. Selain itu, situs social bookmarking juga perlu dikedepankan, disini saya gunakan lintas.me. Satu lagi, gunakan youtube untuk ajang promosi dan kadang bisa dimasukan ke artikel kita sesuai topiknya seperti ini contohnya.

7. Membangun backlink berkualitas

Ini penting untuk mempopulerkan site kita, ikut serta dalam Weekly Photo Challengge adalah salah satu cara membuat backlink berkualitas, banyak bule yang melike photo kita dan link kita di tanam di situs dailypost.wordpress.com tentunya coba berkomentar di setiap topik challengge-nya. Selain itu, buat komentar di page rank yang tinggi bisa dilakukan dan coba cari situs yang bertipe blogger juga supaya bisa menanam link kita. Perlu diingat tidak asal tanam tapi berkomentar di topik yang sama dengan postingan kita. Kaskus juga sarana tepat untuk menanam link kita.



Begitulah sedikit laporan bulan ini, bagi para sesepuh blogger saran dan kritik nya sangat diharapkan disini :)

16 COMMENTS

  1. sama-sama,
    syaratnya hanya copas link yang saat itu menjadi tema, tanam di postingan kita,
    contoh saat ini temanya Angular linknya http:// dailypost.wordpress.com/dp_photo_challenge/angular/
    link nya akan berbeda setiap minggu sesuai topiknya bisa dilihat disini
    http:// dailypost.wordpress.com/dp_photo_challenge/
    nb : spasi link dihilangkan setelah http://