Mengatasi Trafik Anjlok Setelah Migrasi Hosting ke WordPress.org

2
1293
statistik webmaster

Ternyata setelah migrasi ke hosting sendiri dengan flatform wordpress.org tidak bisa tidur nyenyak. Trafik bidhuan.id anjlok drastis sampai sepertiganya menjadi masalah yang serius. Setelah ditelusuri melalui Webmaster Tool, ternyata penyebabnya Indeks google juga ikut turun seiring dengan melorotnya trafik. Berhubung bingung kemana harus bertanya, yuk kita mengatasi masalah ini, bagi bidhuaners yang ahli di bidang ini mohon masukannya ya..

Webmaster Tools atau Alat Webmaster dirasa sangat berharga ketika bidhuaners berhasil migrasi ke wordpress.org.  Di hosting sendiri ternyata banyak ilmu yang berharga yang didapat. Biasanya cukup hanya melihat statistik di dashboard dan tidak pernah melihat kenapa dan mengapa site bidhuan.id mengalami gangguan. Sebelum menyadari trafik anjlok, sehari yang lalu bidhuan.id sempat tidak bisa diakses, dan penyakitnya ternyata ada di plug in yang crash atau saling tumpang tindih. Selain itu, pengaturan artikel agar sesuai SEO begitu penting saat ini.

Mengatasi Trafik Anjlok Setelah Migrasi Hosting ke WordPress.org

statistik webmaster

1. Analisa di Webmaster Tools

Di Webmaster Tools yang menampilkan data real time adalah di bagian perayapan. Sempat tenang karena tampilan di Google Indeks masih menunjukan data sebelumnya dengan terindeks 3 ribuan, ternyata itu adalah data pada tanggal 2 Februari atau seminggu yang lalu. Menjadi was-was setelah menyadari bahwa di bagian perayapan sitemap yang menampikan data real time.

Seperti bidhuaners ketahui, bidhuan.id adalah hosting yang baru seumur jagung yang diganti dari hosting sebelumnya. Bisa dilihat di gambar webmaster tools, tanggal 5 Februari masih terkirim dan terindeks lebih dari 3.000. Pantas saja trafik anjlok menjadi 5.000 PV per hari karena Indeks Google Anjlok ke 171 dan terkirim hanya 582.

2. Resubmit Sitemap dan Update Postingan

trafik anjlok

Setelah browsing sana-sini, bidhuan.id mencoba mengikuti saran untuk resubmit sitemap dan update satu persatu artikel yang di anggap hot posting, lebih baik lagi jika semua artikel di perbaiki sesuai plug in SEO. Jangan lupa verifikasi kembali site bidhuaners ke google, bing, alexa dll. Hasilnya terindeks menjadi sebanding dengan yang terkirim di tanggal 7 Februari yang sebelumnya hanya 171. Namun pertanyaan timbul, mengapa indeks google yang 3 ribuan menjadi 600, dan hal yang aneh karena berbeda dengan data di alat webmaster ketika di cek dengan SEO Quakes masih terindeks di google dengan 4 ribuan. Apakah ini normal ketika kita migrasi hosting???

Webmaster google

Setelah mencoba di google melalui SEO Quakes, ternyata masih terindeks 4.850 di google. Bagi bidhuaners yang ingin mengetahui berapa jumlah yang terindeks di google saat ini bisa menggunakan kata kunci “site:bidhuan.id”. Setelah diperhatikan sepertinya harus diluruskan antara pengertian pengiriman URL di webmaster tools dengan di SEO Quakes sepertinya ada perbedaan atau di webmaster tools belum terupdate…



Analisis sementara, data terkirim 636 adalah jumlah terkirim ketika berada di hosting baru, jadi kalo di totalkan dengan hosting lama sekitar 4 ribuan, begitupula sama halnya dengan data yang terindeks, maka akan sama dengan data SEO Quakes. So… jangan takut migrasi tapi kehilangan indeks di google… keep blogging bidhuaners

2 COMMENTS

    • Waduh ga inget, yang paling di inget XML Google dengan SEO WordPress, tapi skrg sy gunain dua-duanya setting xml sitemap nya di non aktifin di SEO WordPress sama social sharing karena sebelumnya jetpacknya ga jalan, lainnya plug in security saya lupa di delete soale hehe