Hal penting dalam migrasi hosting wordpress.com ke hawkhost untuk pemula

12
2123
hawkhost hosting tangguh dan murah

Dengan berbagai alasan mungkin para blogger berkeinginan untuk pindah dari wordpress.com ke wordpress.org atau ke hosting gratis ke hosting berbayar. Di postingan kali ini akan berbagi pengalaman seorang pemula bagaimana caranya untuk memindahkan bidhuan.id dari hosting di wp.com ke bidhuan.id ke wp.org. Langkah awal tentunya harus memilih server mana atau perusahaan hosting apa yang akan dipilih. Disini bidhuan memilih hawkhost karena memiliki beberapa kelebihan yang akan di ungkap tuntas disini.

1. Pastikan Familiar Terhadap Menu di Dashboard wp.com

Pemula dalam artian disini minimal telah mengenal fungsi dari menu di dashboard.

dasboard wp.com vs wp.org

Satu hal yang akan berbeda adalah adanya menu plug in. Menu lainnya akan tetap sama karena bersyukurlah dengan adanya plug in JetPack yang bisa membuat wp.org layaknya wp.com. Bedanya website kita tidak lagi berada di top list wp.com baik itu top post, top blog dan lainnya. Jika sudah mahir mengenal semua menu dasar di dashboard maka berarti telah siap untuk pindah ke wp.org, jika belum maka perlu kerja keras lagi untuk belajar di wp.org.

2. Export Database Menggunakan XML

Langkah selanjutnya adalah pergunakan menu export ke xml. Berada di tools>export

migrasi ke wordpress.org

Pilih all content

migrasi ke wordpress.org

dan download file nya. Tunggu sejenak, file xml ini akan dipergunakan nanti untuk import seluruh content yang telah kita tulis.

3. Pilih Server Yang Tangguh dan Harga Besahabat

Baru menyadari bahwa begitu indahnya ngeblog di Wp.com terutama untuk para pemula yang tidak mau ribet dengan urusan perawatan dari websitenya. Fitur-fitur standar sudah lengkap tersedia di versi hosting gratisan. Namun terkadang bagi yang ingin bereksplorasi lebih terhadap websitenya maka pilihan migrasi ke wp.org adalah pilihan yang tepat. Bidhuan.id contoh kasusnya, setelah beli domain melalui wp.com saat ini servernya ingin dipindahkan ke hosting berbayar.

Sebelumnya telah mencoba beberapa server yang berlokasi di dalam negeri. Bukannya menjelekan kualitas di dalam negeri, melihat harga yang tidak terlalu jauh dengan server di luar negeri. Kehandalan dan ketangguhan server di luar negeri tepatnya di USA adalah pilihan terbaik bagi para blogger saat ini. Coba bayangkan di indonesia menggunakan server merk HP (Hewlett-Packard ), lah kenapa tidak langsung saja dari sumber yang punya HP nya di USA sana. Perawatan dan updatingnya lebih terjamin dengan berlangganan dari server luar. Selain itu, masalah jaringan dan kelistrikan tidak akan terganggu oleh permasalahan yang sering terjadi di negeri tercinta kita. Untuk itu bidhuan lebih merekomendasikan menggunakan server miliknya hawkhost.com.

hawkhost hosting tangguh dan murah

Ada beberapa kelebihan diantaranya :
1. Harga bersaing dan dapat diskon 25-50%
2. Semua yang berat plug in wordpress bisa di install seperti STT2, bstat, WP-Robot, dan lainnya
3. Fasilitas kompresi pada website anda sehingga untuk blog WordPress sudah tersedia sehingga tidak memerlukan instal plugin kompresi seperti W3 Total Cache, DB Cache Reloaded, dan lainnya
4. Dashboard cpanel yang simpel
5. Bagi pengunjung blog kurang dari 3000 visitor per hari, pilih saja Hosting Basic (disk space 3 GB dan bandwidth 45 GB). Jika visitor blog anda sudah lebih dari 3000 visitor per hari lebih baik pilih Hosting Standar atau yang lebih tinggi.
6. Pembayaran aman menggunakan paypal atau langsung dengan kartu kredit
7. Bagaimana cara memulai silahkan klik disini atau klik gambar di bawah ini

hawkhost murah

Coba gunakan kupon whts50v2 bisa 25-50% potongannya untuk bulan pertama bagi paket 1 tahun hosting. Harap di catat dikasus bidhuan.id telah memiliki domain sehingga hanya memilih pemindahan server di poin 3

hawkhost murah

4. Ikuti Tahapan Proses Migrasi Berurutan

Setelah selesai proses pembelian hostingnya. Yuk kita mulai proses migrasinya.

1. Rubah name server  yang ada di wp.com ke name server baru

migrasi ke wordpress.org

Informasi name server akan dikirim setelah proses registrasi pembayaran dinyatakan valid

2. Mulai Install wp.org melalui cpanel

install wordpress di cpanel

Informasi password dan link cpanel didapat dari email konfirmasi yang dikirim sebelumnya

3. Import file XML

File xml yang di dapat dari proses export sebelumnya bisa di import melalui tools>import>wordpress kemudian otomatis akan merujuk untuk menginstall plug in importer wordpress.com. Pilihlah download dengan attachment sehingga semua file nya terbawa.

5. Berkenalan dengan Plug In

Sekarang saat nya log in ke wp barunya. Dan coba cek dengan memilih theme yang disukai, apakah semua postingan telah pindah semuanya? bidhuan.id mengalami sedikit masalah karena beberapa gambar tidak semuanya pindah. Maka dibutuhkan plug in Media Tools untuk menarik semua gambar yang ada. Caranya mudah tinggal bisa di download disini file nya. Sebaiknya wp.com yang lama tidak dibuat private karena gambar yang masih mengambil dari web lama sering tidak muncul, solusinya masukan ke trash postingannya. Untuk update link internal bisa menggunakan plug in Velvet Blues Update URLs. Plug in lainnya yang wajib di install adalah jetpack, WordPress SEO, dan Akismet sisanya silahkan sesuai keperluan :)

6. Happy Blogging and Explore wp.org



Apabila mengalami kesulitan dalam proses migrasi kaitannya dengan hawkhost bisa langsung membuka ticket (submit ticket) dan tak lama akan direspon. Dan juga bisa menghubungi customer supportnya 24 jam atau bisa melalui komentar disini. Apabila telah bisa menikmati hasilnya, saat nya cek cpanel mengenai status di servernya dan bidhuan.id mengucapkan happy blogging dan selamat mengeksplorasi wp.org.

12 COMMENTS