Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan (Kapan Masa Subur itu)

152
Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan (Kapan Masa Subur itu)
Cara Menghitung Masa Subur Wanita dan (Kapan Masa Subur itu)

Bidhuan.id – Hamil atau mengandung adalah kodrat dari wanita. Wanita mana yang kelak ketika sudah menikah tidak ingin dikaruniai buah hati? Tentu saja semua wanita ingin memiliki buah hati atau anak. Untuk bisa hamil dengan cepat maka harus dilakukan pembuahan ketika terjadi masa subur atau masa ovulasi. Oleh karena itu wanita yang telah menikah banyak yang ingin mengetahui kapan masa subur mereka dan banyak yang ingin mengetahui cara menghitung masa subur.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, bidhuan.id akan membawa infromasi penting kepada Anda mengenai menghitung masa subur dengan mudah dan juga infromasi seputar masa subur atau masa ovulasi yang lainnya. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromasi pentingnya untuk Anda :

Cara menghitung masa subur paling mudah

Cara menghitung masa subur paling mudah
Cara menghitung masa subur paling mudah

Kali ini kami akan membahas secara detail dan jelas mengenai cara menghitung masa subur sehingga Anda sebagai seorang wanita maupun pria mengetahui apa itu masa subur dan juga mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur yang mudah dan tepat. Sehingga bagi Anda yang mungkin ingin memiliki buah hati akan lebih mudah untuk mengetahui masa ovulasi yang tepat. Tak usah bertele-tele, berikut ini adalah infromasi pentingnya untuk Anda semua :

  • Apa itu masa subur?

Mungkin banyak sekali dari Anda yang tidak mengetahui mengenai masa subur. Oleh karena itu kali ini kami akan menyampaikan informasi yang teramat penting untuk Anda mengenai masa subur sehingga Anda bisa tahu apa itu masa ovulasi atau masa subur. Para ahli kandungan dan juga kehamilan mengatakan jika masa subur itu adalah masa dimana ovarium atau indung telur wanita melepaskan ovum atau sel telur mereka yang sebenarnya sudah siap tuk dibuahi ke tuba falopi atau dalam bahasa mudahnya adalah saluran indung telur. Karena ada sel telur yang sudah siap dibuahi, nantinya jika sel telur bertemu dengan sperma dan jika terjadi pembuahan maka pasangan tersebut berkesempatan untuk memiliki anak.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, lalu kapan masa subur atau masa ovulasi itu terjadi? Untuk wanita biasanya masa subur itu berlangsung sekitar 2 minggu setelah wanita itu selesai mengalami periode menstruasi. Sebenarnya mudah untuk mencari tahu masa subur, namun jika Anda ada yang ingin ditanyakan maka kami sarankan supaya berkonsultasi kepada dokter saja. Anda bisa melakukan tes lab atau melakukan USG sehingga bisa mengetahui kondisi dari ovum atau menghitung masa subur yang dalam dunia medis disebut sebagai ovutest. Setelah ini kami akan memberitahu infromasi penting kepada Anda mengenai aplikasi yang bisa membantu Anda dalam menentukan masa subur.

  • Aplikasi menghitung masa subur di android

Aplikasi menghitung masa subur
Aplikasi menghitung masa subur

Setelah membahas pengertian amsa subur atau masa ovulasi kali ini kami akan memberitahu Anda inforamasi penting mengenai bagaimana menghitung masa subur atau masa ovulasi dengan mudah menggunakan bantuan dari aplikasi yang bisa kita unduh di ponsel pintar kita. Karena sekarang ini jaman semakin modern dan berkembang, oleh karena itu kita harus menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menghitung masa subur di ponsel android Anda

1. Masa subur dan kehamilan sehat

Aplikasi yang pertama yang bisa membantu Anda untuk menghitung masa subur adalah aplikasi yang diterbitkan oleh dr.Adi Sp.OG yaitu Masa Subur dan kehamilan sehat. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat mudah sehingga bisa memudahkan Anda yang tidak terlalu sering main ponsel. Di dalam aplikasi ini ada beberapa menu yang bisa kita gunakan secara gratis, mulai dari menghitung masa subur, tips untuk cepat hamil, menghitung usia kehamilan, tutorial senam hamil, hingga beberapa musik yang bisa merangsang kecerdasan untuk janin. Jika Anda dalam persiapan untuk hamil maka bisa mengunduh aplikasi ini.

2. Hitung masa subur

Aplikasi kedua yan bisa Anda unduh untuk menghitung masa subur Anda dengan mudah adalah aplikasi terbiatan Mberu Studio yaitu Hitung Masa Subur. Di dalam aplikasi ini kita bisa menghitung masa subur, kemudian juga bisa menghitung usia kehamilan. Selain itu ada beberapa informasi seputar haid misalnya tips untuk menghitung siklus haid, mengenai detail siklus haid, dan bahkan juga ada beberapa tips seputar kehamilan. Anda bisa mengunduh aplikasi ini jika masih kesulitan untuk menghitung masa subur secara manual.

3. Kalender menstruasi

Untuk yang ketiga ada aplikasi kalender mesntruasi dari Simple Design Ltd. Aplikasi ini selain bisa menghitung periode menstruasi Anda juga bisa membantu untuk menghitung amsa subur. Selain itu ada juga beberapa menu seperti diary dan catatan kesehatan hingga pengingat dan juga prediksi. Anda bisa mengunduh aplikasi ini sekarang juga!

Baca : 15 Vitamin Ibu Hamil untuk Menjaga Kesehatan Janin dan Bunda serta Harganya di Apotik

  • Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil

Setelah mengetahui apa saja jenis aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menghitung masa subur dengan mudah sekarang kami akan memberitahu informasi penting kepada Anda mengenai cara menghitung masa subur untuk wanita supaya lebih cepat hamil. Sebenarnya jika Anda tahu rumusnya atau ketentuannya maka akan lebih mudah untuk emnghitung masa subur wanita secara akurat dan pasti. Pada umunya siklus menstruasi atau haid wanita itu bisa berganti-ganti bisa maju dan juga bisa mundur. Jika Anda adalah tipe wanita yang memiliki siklus menstruasi dan haid yang teratur maka untuk mengetahui masa subur bisa dibilang cukup mudah ya.

Bagi Anda yang punya masa menstruasi yang tetap maka berikut adalah cara untuk mengetahui masa subur Anda dengan mudah. Anda hanya perlu mengurangi hari pertama Anda haid pada bulan berikutnya dengan 14. Nanti akan ketemu berapa tanggal masa subur Anda. Misalnya saja pada bulan Juli Anda akan menstruasi tanggal 1. Kemudian tambahkan 28 sehingga menjadi 29. Nah tanggal 29 itulah tanggal pertama Anda menstruasi di bulan depan. Selanjutnya adalah kurangi tanggal 29 dengan 14 hasilnya adalah 15. Artinya tanggal 15 Juli adalah masa subur Anda. Dimana jika terjadi pembuahan pada saat itu maka kesempatan Anda untuk hamil akan menjadi lebih besar.

  • Cara menghitung masa subur haid tidak teratur

Tadi di atas kita telah membahas informasi mengenai cara menghitung masa ovulasi atau masa subur bagi wanita yang punya siklus haid atau menstruasi yang teratur. Lalu mungkin Anda para wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak lancar bertanya, bagaimana ya caranya menghitung masa subur jika periodenya tidak lancar? Beberapa ahli kandungan mengatakan jika wanita yang memiliki siklus periode yang tidak lancar cenderung agak sulit menentukan masa suburnya karena siklus periodenya yang tidak teratur. Namun jangan berkecil hati karena wanita yang punya siklus periode yang tidak lancar masih bisa mengetahui masa suburnya ya. Berikut ini adalah cara untuk menghitung masa ovulasi atau masa subur bagi Anda yang punya siklus yang tak teratur.

Caranya adalah hitung masa subur Anda selama 6 bulan terakhir, misalnya saja selama 6 bulan terakhir anda punya siklus menstruasi 31 hari, 29 hari, 30 hari, 26 hari, 27 hari, dan 28 hari. Kita bisa melihat jika siklus terpanjang adalah 31 hari dan yang paling pendek adalah 26 hari. Sehingga kita bisa mengetahui masa subur dari masa terpanjang dan terpendeknya. Misalnya kita yang pertama menggunakan masa pendeknya. Berarti 26 hari, 26 hari kemudian kurangi dengan 18 hasilnya adalah 6. Angka 6 ini memiliki arti yaitu hari pertama dimana rahim Anda berada di posisi yang lumayan subur. Kemudian kita menggunakan siklus terpanjang yaitu 31 yang kemudian dikurangi 11 hasilnya adalah 20. Angka 20 inilah memiliki arti hari terakhir dari masa subur Anda.

Baca : 15 Manfaat Susu Beruang Untuk Janin dan Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

  • Cara menghitung masa subur pria

Cara menghitung masa subur pria
Cara menghitung masa subur pria

Tidak hanya wanita saja yang memiliki masa subur, pria ternyata juga memiliki masa subur. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya, kapan masa subur dari pria? Padahal pria kan tidak bisa menstruasi seperti kita. Nah jika wanita masa suburnya ditentukan oleh periode menstruasinya, maka masa kesuburan dari kaum pria ini ditentukan oleh kualitas dan juga kuantitas spe rmanya. Selain itu ada beberapa faktor seperti usia, gaya hidup, suhu, dan makanan yang bisa mempengaruhi kesuburan pria. Masa subur pada pria bisa diliihat dari kuantias spe rma, normalnya masa subur itu bisa terjaid ketika jumlah spe rma yang keluar mencapai 15 juta per milimeternya. Kemudian pergerakan juga harus gesit sehingga bisa membuahi sel telur. Untuk mengetahuinya Anda bisa melakukan pemeriksaan di rumah sakit ya.

Itulah beberapa infromasi mengenai cara menghitung masa subur dengan mudah. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT