2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita dengan Rumus

305
2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita dengan Rumus
2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita dengan Rumus

Bidhuan.id – Semua orang tentu saja menginginkan memiliki berat badan yang ideal dan juga seimbang. Nah bagi Anda yang ingin mendapatkan berat badan yang seimbang maka seharusnya Anda mengetahui infromasi mengenai cara menghitung berat badan ideal sehingga mengetahui berapa berat badan Anda yang ideal dan bisa melakukan beberapa tips untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi pentingnya kepada Anda semua sehingga Anda bisa menghitung dan mendapatkan berat badan yang ideal sesuai dengan keinginan Anda. Tak usah menunggu lama lagi, berikut adalah infromasi penting yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya :

Cara menghitung berat badan ideal yang mudah

cara menghitung berat badan ideal yang mudah
cara menghitung berat badan ideal yang mudah

Anda tentu saja ingin mendapatkan berat badan yang ideal bukan? Jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal maka Anda harus melakukan beberapa cara yaitu misalnya dengan melakukan diet dan juga berolahraga. Kali ini terlebih dahuulu kami akan membahas informasi mengenai cara menghitung berat badan ideal sehingga Anda semua bisa mendapatkan berat badan yang sesuai. Berikut adalah informasi pentingnya mengenai tips menghitung berat badan Anda :

  • Metode menghitung berat badan ideal pria dan wanita

Jika Anda ingin mendapatkan berat badan yang seimbang dan juga ideal maka kami sarankan supaya terlebih dahulu Anda mengetahui asal-usul mengenai metode yang digunakan sehingga Anda bisa tahu secara jelas dan spesifik bagaimana mula metode itu. Sehingga Anda bisa yakin jika hasil pengukuran atau penghitungan yang Anda dapatkan tersebut memang nyata dan real sesuai dengan berat badan yang Anda miliki ya. Untuk menghitung berat badan normal dan ideal pria muapun wanita, maka kita akan menggunakan rumus atau metode yang bernama Brosca. Rumus atau metode penghitungan berat badan Brosca ini ditemukan oleh Pierre Paul Brosca. Metode ini sudah sejak lama digunakan untuk mengukur berat badan manusia. Untuk metode ini, Paul Brosca menggunakan 2 cara yang berbeda untuk menghitung berat badan pria dan juga wanita. Anda juga harus tahu info mengenai 20 sayuran untuk diet cepat kurus sebagai cara alami turunkan berat badan.

  • Kesalahan menghitung berapa berat badan ideal wanita

Mungkin kita sudah seringkali mencoba untuk menghitung berat badan ideal. Namun sayangnya, banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui cara yang benar untuk menghitung berat badan sehingga seringkali mendapatkan ukuran berat badan yang salah. Nah kesalahan yang sering dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah mengurangi tinggi badan Anda dengan 100 (tinggi badan – 100). Padahal cara itu adalah cara yang salah karena Anda tidak akan mendapatkan berat badan yang ideal. Rumus yang benar adalah rumus yang agak panjang. Setelah ini kami akan memberikan rumus yang benar sehingga Anda bisa  mendapatkan berat badan ya.

  • Cara menghitung berat badan ideal wanita korea dan Indonesia

Sekarang Anda sudah tahu kan jika rumus menghitung tinggi badan dikurangi 100 itu salah. Nah pertama-tama kami akan memberitahu Anda mengenai cara menghitung berat badan untuk wanita ala korea yang juga bisa digunakan untuk menghitung berat badan wanita Indonesia. Caranya sangatlah mudah dan juga simple. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal maka Anda memerlukan cara ini :

{tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 15%}

  • Cara menghitung berat badan pria
berat badan ideal pria
berat badan ideal pria

Setelah mengetahui infromasi mengenai cara menghitng berat badan wanita ala korea yang menggunakan rumus ini. Maka selanjutnya kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai bagaimana cara mendapatkan berat badan yang ideal untuk para pria ya. Sebenarnya untuk mendapatkan berat badan ideal pria itu hampir sama dengan cara menghitung berat badan wanita ya. Hanya saja berbeda karena jika wanita dikali 15% maka pria dikali 10% saja. Berikut adalah bagaimana cara untuk menghitung berat badan untuk pria :

{tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 10%}

  • Contoh untuk membuat tabel berat badan ideal

Sekarang ini Anda sudah tahu kan berapa berat badan ideal dari pria dan wanita menggunakan rumus Brosca. Dan untuk cara menghitung berat badan ideal anak sebenarnya juga sama saja ya menggunakan rumus Brosca ini. Jika masih bingung menggunakan rumus ini maka kali ini kami akan memberikan contoh kepada Anda mengenai cara hitung berat badan yang ideal untuk pria atau laki-laki. Sehingga Anda bisa memnbuat tabel berat badan yang ideal nantinya. Berikut adalah contoh untuk pria yang memiliki tinggi badan setinggi 172 cm.

(172-100) – {(172-100) x 10%} = 72 – 7.2 = 64.8 kg

Seperti yang kita ketahui di atas jika berat badan pria tersebut idealnya 64.8 kg. Nah setelah Anda bisa menghitung berat badan ideal Anda maka Anda bisa membuat tabel berat badan per minggu sehingga jika melakukan diet untuk menurunkan berat badan maka Anda bisa mengetahuinya ya. Buatlah perubahan tiap minggunya dan bandingkan dengan berat badan ideal yang sudah Anda hitung. Sehingga bisa mengetahui berapa kg lagi Anda harus menurunkan atau menaikkan berat badan hingga berat badan mencapai tingkat ideal.

  • Tips memiliki berat badan yang ideal
berapa berat badan ideal wanita
berapa berat badan ideal wanita

Setelah mengetahui beberapa tips menghitung berat badan yang ideal, kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda semua mengeai tips memiliki berat badan yang ideal ya. Mungkin Anda saat ini berat badannya masih kurang atau bahkan berlebihan dari angka ideal yang kita hitung bersama tadi. Oleh karena itu kita harus melakukan beberapa cara dan juga tips sehingga bisa mendapatkan berat badan yang ideal ya. Tak usah berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan sehingga bisa mendapatkan berat badan yang cukup ideal untuk Anda :

1. Makan sayur dan buah-buahan

Tips pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan yang sesuai adalah dengan sering mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis sayur dan buah-buahan setiap hari maka juga akan membantu kita untuk membantu metabolisme tubuh. Fungsinya adalah bisa mengatur berat badan sehingga bisa menjadi ideal. Oleh karena itu kami menyarankan supaya mulai saat ini konsumsilah salad sayur atau buah ya. Ketahuilah juga 15 cara menaikkan berat badan wanita dan pria yang ampuh.

2. Melakukan olahraga

Tidak hanya lewat pola makan saja ya, Anda juga harus mendapatkan berat badan yang ideal lewat aktifitas seperti olahraga. Dengan melakukan olahraga maka Anda bisa mengurangi kalori dan juga membuat tubuh jadi bugar dan sehat ya. Nah Anda bisa melakukan banyak jenis olahraga. Misalnya saja olahraga yaitu yoga yang mana bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rileks lagi dan juga membantu peregangan otot. Selain itu kami menyarankan agar Anda tak lupa melakukan olahraga lainnya seperti latihan kardio, peregangan, dan juga latihan beban. Anda bisa melakukan jenis olahraga kardio seperti misalnya saja jogging, bersepeda, dan juga lari sprint. Olahraga itu bisa membuat kita berkeringat dan juga membantu melakukan pembakaran kalori ya.

3. Hindari pola hidup yang tidak sehat

Tips yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat ya. Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak trans tinggi, mengandung santan, konsumsi makanan junk food karena mengandung garam yang tinggi sehingga bisa menyebabkan obesitas dan diabetes, dan kurangi konsumsi makanan instan. Selain itu kami juga menyarankan supaya Anda menghindari konsumsi kopi, alkohol, dan juga konsumsi narkotika atau obat-obatan terlarang karena itu bisa menyebabkan usaha Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal menjadi gagal ya.

4. Menghindari makan lebih dari pukul 6 sore

Jika Anda menginginkan berat badan yang ideal dan sesuai dengan standart maka kami menyarankan agar Anda tidak makan lebih dari jam 6 sore ya. Karena makan lebih dari jam itu bisa membuat berat badan Anda tidak jadi ideal. Selain itu kami menyarankan agar Anda tidak melewatkan sarapan ketika ingin diet ya, karena banyak sekali orang yang melewatkan sarapan ketika ingin diet sehingga bisa menyebabkan Anda lemas. Sebaiknya tetap sarapan namun dengan porsi yang teratur ya.

Nah itu dia beberapa infromasi yang kami berikan kepada Anda mengenai cara menghitung berat badan yang ideal. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT