Praktek Apoteker Bertanggung Jawab: Langkah Awal Menggapai Apoteker Paripurna

0
368
Praktek Apoteker Bertanggung Jawab
Praktek Apoteker Bertanggung Jawab

Bidhuan.id – Dalam rangka pengembangan pendidikan berkelanjutan Apoteker di Indonesia serta untuk memenuhi tuntutan organisasi, pada hari Sabtu, 2 April 2017 kemarin Ikatan Keluarga Alumni Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (IKA ISMAFARSI) dan Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) melaksankan kegiatan seminar dan workshop kefarmasian dengan tema “Praktek Apoteker Bertanggungjawab: Langkah Awal Menggapai Apoteker Paripurna”.

Kegiatan ini di support oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) dan HMF Ars Praeparandi ITB juga disponsori oleh mClinnica. Kegiatan diikuti  336 orang dari berbagai kalangan diantaranya tenaga teknis kefarmasian, mahasiswa farmasi, mahasiswa apoteker, dan apoteker.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Timur Institut Teknologi Bandung (ITB) dan berlangsung selama 9 jam, dimulai pukul 08.00 hingga 17.00. Dimulai dari pembacaan suci Al-Quran oleh Faisal Aminulloh, S.Farm dan penampilan tari dari Unit Budaya Lampung ITB. Dilanjutkan dengan laporan dari ketua pelaksana kegiatan Cepy Yulius Mansur, S.Si, sambutan koordinator wilayah ISMAFARSI Priangan Kennanti Ramadona Fauzi, sambutan perwakilan dari Sekolah Farmasi ITB Dr. Kusnandar Anggadireja, S.Si., M.Si., Apt, dan sambutan dari ketua formatur IKA ISMAFARSI Zainul Islam, M.Si., Apt. Selama kegiatan, peserta dibuat tertarik dengan materi seminar yang dibawakan oleh pembicara-pembicara yang sangat luar biasa, diantaranya Dr. Kusnandar Anggadireja, S.Si., M.Si., Apt, Dra. Siti Saidah Muthmainah, M.Si., Apt, Ali Mashuda, S.Si., M.M., Apt, Dika Pramita Destiani, M.Farm., Apt, Dr. Keri Lestari, S.Si.., M.Si., Apt, dan Siti Asfijah Abdoellah, S.Si., Apt dengan moderator yang tak kalah luar biasa yaitu Indriani Mustika, S.Farm., Apt, Saiful Islam Robbani, S Farm, dan Hindun Wilda Risni S.Farm.

Peserta terlihat sangat antusias dengan semua materi yang disampaikan, terlebih pada saat sesi tanya jawab, banyak peserta yang aktif bertanya. Di sela-sela waktu istirahat, sebelum peserta meninggalkan ruangan, pihak sponsor memaparkan tentang produknya swipeRx dan dilanjutkan dengan hiburan musik dari SM Project. Antusias para peserta tidak berubah hingga ditutupnya acara pada pukul 17.00.

Kegiatan seminar praktek apoteker bertanggungjawab diharapkan dapat meningkatkan eksistensi apoteker serta pemahaman dan jati diri untuk berpraktek ditengah masyarakat. Fenomena yang masih minim apoteker melakukan praktek di masyarakat membuat penyelenggara concern dalam mengangkat isu apoteker bertanggungjawab, ujar Cepy selaku ketua panitia.


Pihak Sponsor mClinnica

Salah satu pembicara Dr. Kusnandar Anggadireja, S.Si., M.Si., Apt.

Para peserta seminar

Sesi Tanya Jawab

Penyerahan Sertifikat Pembicara

Penampilan SM Project



Baca: Pro dan Kontra Permenkes Terbaru No. 31 tahun 2016 (3 Pasal Dianggap Merugikan Apoteker)