8 Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah dan Sangat Dilindungi

664
8 Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah dan Sangat Dilindungi
8 Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah dan Sangat Dilindungi

Bidhuan.id – Apa saja hewan langka di Indonesia? Hewan adalah salah satu mahkluk hidup ciptaan Tuhan yang hidup berdampingan dengan kita, sayangnya habitat hewan banyak sekali yang tergusur karena ulah manusia. Sehingga banyak sekali hewan langka di Indonesia yang terancam punah. Padahal hewan juga salah satu mahkluk hidup yang keberadaannya juga serta menyeimbangkan ekosistem. Namun sayangnya saja masih banyak manusia yang tega mengambil lahan milik hewan sehingga mereka tidak punya rumah dan akhrirnya tidak bisa bertahan. Oleh karena itu Anda juga harus tahu apa saja sih jenis hewan yang sudah terancam punah di Indonesia. Nah berikut adalah rinciannya.

8 Hewan Langka yang dilindungi di Indonesia

hewan langka yang dilindungi di indonesia
hewan langka yang dilindungi di indonesia

Kali ini kita akan membahas beberapa hewan-hewan apa saja yang langka di Indonesia ya. Sehingga Anda bisa juga tahu hewan apa saja yang ada di Indonesia yang terancam punah keberadaannya. Sehingga bisa menambah wawasan Anda dan setidaknya Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan secara langsung maupun tidak langsung sehingga bisa turut melindungi hewan yang ada di Indonesia. Tidak usah berlama-lama ya berikut adalah infromasi pentingnya untuk And

1.Lutung Jawa termasuk dalam 100 hewan langka di dunia

Mungkin Anda pernah mendengar lutung jawa? Lutung jawa ini adalah salah satu hewan yang berasal dari Pulau Jawa. Lutung jawa ini masih sebangsa kera dan ukurannya juga tidak besar ya, ukuran badan dari lutung jawa sendiri cukup mini yaitu hanya sekitar 55 cm saja. Namun sayangnya, lutung jawa ini berada di ambang batas karena hewan yang satu ini angka populasinya di dunia sendiri sudah sangat minim. Hal ini karena para pemburu hewan liar dan langka masih saja gencar memburu hewan tak berdosa yang satu ini. Banyak sekali lutung jawa yang diburu dan dijual di pasar gelap. Harganya sangatlah mahal karena ia adalah salah satu jenis hwan yang langka. Perbandingan lutung jawa dahulu dan sekarang mungkin akan sangat kelihatan ya perbedaannya. Jika dulu di hutan akan mudah menemukan lutung jawa maka sekarang akan sulit mencari keberadannya di alam bebas.

2. Pesut Mahakam hewan langka di Kalimantan

hewan langka di Kalimantan
hewan langka di Kalimantan

Selain lutung jawa, hewan yang langka selanjutnya adalah pesut mahakam yang berasal dari Kalimatan. Mungkin masih banyak dari Anda yang tidak mengetahui atau masih asing dengan hewan air yang satu ini. Pesut mahakam ini memiliki habitat di sungai Mahakam yang berada di Kalimantan. Hewan langka di Indonesia yang satu ini juga disebut sebagai lumbat-lumba air tawar karena mereka adalah mamalia. Namun pada data yang ditemukan tahun 2007, pesut mahakam ppopulasinya di Sungai Mahakam sendiri hanya 50 ekor saja dan bahkan masuk ke dalam urutan teratas hewan yang terancam punah yang ada di Indonesia. Mamalia yang satu ini terancam punah karena berbagai faktor ya. Misalnya saja karena jumlah makanan yang menipis, kebersihan sungai yang tidak seperti dahulu, sampai banyak nelayan yang menggunakan racun atau listrik untuk menangkap ikan.

3. Anoa asal Sulawesi yang masuk ke dalam list hewan punah di Indonesia

Tidak hanya pesut mahakam dan lutung jawa saja ya, hewan yang bernama anoa adalah salah satu jenis hewan yang masuk ke dalam list hewan yang terancam punah. Mamalia yang berasal dari Sulawesi Tenggara  ini sekarang keberadannya sudah diambang batas. Hewan yang temasuk ke dalam hewan peralihan ini sudah sejak tahun 1960-an terancam punah. Para ilmuwan bahkan memperkirakan jika keberadaan Anoa sendiri semakin menipis tiap tahunnya dan juga bisa menyebabkan hewan ini terancam punah, bahkan data yang dimiliki oleh para ilmuwan. Keberadaan anoa di alam bebas saja hanya ada sekitar 5000 ekor saja. Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana jika menggunakan anoa sebagai hewan ternak saja atau dibudidayakan saja agar lestari? Akan sangat sulit karena Anoa adalah salah satu jenis hewan yang berada di hutan rimba dan sangat sulit didekati dan tidak bisa dijinakkan oleh manusia.

4. Tarsius dari Sulawesi

100 hewan langka di dunia
100 hewan langka di dunia

Banyak sekali hewan asal Sulawesi yang mungkin sudah menjadi hewan langka dan bahkan statusnya menjadi hewan yang terancam punah. Salah satu hewan yang berasal dari Sulawesi yang hampir terancam punah adalah hewan bernama Tarsius. Hewan ini memiliki bentuk tulang tarsal yang memanjang. Di Sulawesi sendiri Tarsius memiliki dua jenis yaitu Tarsius Pulau Paleng dan juga Tarsius yang biasa. Nah Tarsius ini angkanya semakin sedikit di daerah asalnya, bahkan banyak yang memasukkan hewan ini ke dalam daftar hewan punah. Sayang sekali ya.

5. Burung Trulek Jawa

Burung yang berasal dari Pulau Jawa ini selalu masuk ke dalam artikel hewan langka. Burung trulek ini diyakini berasal dari Pulau Jawa. Burung ini adalah salah satu jenis burung yang indah, dan habitatnya berada di sepanjang pesisir. Namun tahun-tahun belakangan ini sangat sulit menemukan burung Trulek Jawa ini. Banyak sekali masyarkat yang meyakini jika burung Trulek Jawa ini sudah punah dan tidak bisa ditemukan lagi. Burung Trulek yang punah ini dikarenakan ia terdesak karena habitatnya diusik dan juga diganggu oleh manusia. Selain itu faktor lainnya adalah mungkin karena perubahan iklim ekstrim hingga persediaan makanan yang semakin berkurang.

6. Harimau Sumatera

Hewan selanjtunya yang hampir saja punah adalah harimau Sumatera. Bahkan angka populasinya sudah diambang batas dan dibilang dalam kategori yang sangat rawan ya. Angka populasi harimau Sumatera pada saat ini hanya sekitar 300 ekor saja di alam bebas. Menurut WWF, harimau yang memiliki warna kulit paling gelap diantara harimau spesies lainnya ini tiap tahun populasinya akan semakin menurun ya. Hal ini bisa terjadi karena hutan habitat dari harimau sumatra sendiri hampir terancam punah karena aktifitas pembukaan lahan untuk kepentingan tertentu manusia. Mungkin kita sekarang hanya bisa menemui Harimau Sumatera di kebun binatang saja ya. Aktifitas membuka lahan untuk ladang dan juga untuk keperluan lain itu sebenarnya sangat merugikan bagi para hewan yang berpopulasi di hutan. Mereka jadi tergeser karena tidak punya tempat tinggal dan akhirnya bisa mati karena tidak mendapatkan sumber makanan dan juga tidak punya tempat untuk tinggal.

7. Bekantan asal Pulau Kalimantan

Hewan selanjutnya yang langka dan mungkin keberadannya terancam punah adalah hewan yang berasal dari Pulau Kalimantan ini. Bekantan adalah salah satu jenis hewan yang masih termasuk ke dalam keluarga monyet. Monyet berhidung ini adalah salah satu jenis primata yang berasal dari Pulau Kalimantan. Bekantan ini memiliki ciri khas yang mungkin saja membedakannya dari hewan yang lainnya yaitu memiliki hidung. Karena memiliki keunikan tersendiri, Bekantan seringkali dijadikan sebagai hewan buruan. Bekantan ini ditemukan sering diperjual belikan di pasar gelap dan dihargai sangat tinggi oleh para kolektor hewan langka ilegal. Oleh karena itu banyak sekali pemburu yang memburunya. Karena itulah populasi Bekantan di Indonesia semakin berkurang dan juga bahkan menjadikan hewan ini ke dalam salah satu jenis hewan paling langka.

8. Babi Unik Asal Sulawesi Babi Rusa

Hewan langka yang keberadannya semakin menipis di Indonesia selanjutnya adalah babi rusa. Babi rusa ini mendudui peringkat atas hewan yang terancam punah di Indonesia. Berhabitat di hutan tropis dan suka makan tanaman juga buah-buahan. Babi unik berjenis babi rusa ini banyak sekali diburu dan dibunuh oleh masyarakat lokal atau pemburu guna untuk banyak kepentingan. Babi rusa ini termasuk ke dalam hewan nocturnal karena mereka mencari makanan pada malam hari. Dan jika keamanan mereka merasa terancam maka biasanya mereka menjadi hewan yang cukup buas. Sayangnya keberadaan Babi rusa sendiri sekarang terancam punah dan populasinya sendiri semakin menipis di Indonesia.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai hewan langka di Indonesia. Sebagai warga Indonesia sudah sebaiknya kita juga ikut membantu melestarikan hewan langka yang ada di Indonesia ya. Sehingga hewan-hewan juga tidak terancam punah, pemerintah selain itu juga harus tegas dalam memberikan hukuman bagi para pemburu yang menyebabkan banyak hewan asal indonesia menjadi langka dan terancam punah. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi Anda semuanya ya!

ARTIKEL TERKAIT