Videonya Dicomot On The Spot Trans 7, Youtuber Bule Ini Protes

1446

Videonya Dicomot On The Spot Trans 7, Youtuber Bule Ini Protes. Seorang bule bernama, Martin Johnson yang tinggal di Sleman memberikan saran sekaligus sindiran untuk kru Trans 7 setelah 2 videonya ditayangkan di Trans 7.

Dalam channel youtube atas nama dirinya telah memiliki 16 ribu followers dengan ratusan video. Video yang dibuat dengan menggunakan I-Phone dan software sederhana kemudian diupload ke channelnya ini rata-rata ditonton ribuan orang setiap video yang diunggahnya.

Merasa ada videonya yang ditayangkan di trans 7 tanpa mencantumkan nama dirinya, atau “Credit title” dimana hanya mencantumkan “courtesy of youtube”, akhirnya Martin memberikan saran melalui video yang berjudul “Saran untuk Trans 7 | Vlog 312″. Berikut adalah isi dari video yang berhasil membuat heboh dunia maya.

Saya mendapat informasi dan telah mengecek sendiri bahwa Trans 7 telah menggunakan setidaknya dua video dari keluarga saya dalam program kalian. Saya sangat senang bahwa mungkin Trans 7 menganggap video kami cukup bagus untuk di tayangkan dalam beberapa program kalian.

Tetapi saya ingin memberi saran, karena Trans 7 mendapatkan keuntungan dari jerih payah banyak YouTuber, maksud saya Trans 7 tidak harus pergi keluar dan shooting semua klip video itu Trans 7 hanya mengambil video milik untuk program kalian. Kami adalah orang-orang sederhana yang bekerja keras untuk menghasilkan konten kami. Trans 7 adalah perusahaan besar dengan banyak karyawan dan banyak uang. Paling tidak yang bisa Trans 7 lakukan untuk YouTuber yang kalian pakai videonya adalah untuk memberikan kredit kepada kami. Hal ini tidak terlalu sulit dengan demikian kita semua tidak ada yang merasa di rugikan.

Untuk semua subscriber saya jika kalian suka saran ini dan ingin melihat Trans 7 mulai mempromosikan YouTuber-YouTuber yang mereka mengambil keuntungan dari tolong Share video ini dan email video ini kepada Trans 7. Alamat Email ada di dalam description video ini.

Sampai Besok

Komentar dari Netizen pun bermunculan di akun youtube nya

Youu’ DRedz:
mungkin ini terkait lisensi youtube, saat kita upload video ada pilihan lisensi..secara default lisensi itu akan diserahkan k youtube sehingga segala video yg diupload tanpa ubah lisensinya maka menjadi hak milik youtube. Mungkin trans 7 dan tv2 lainnya berpikiran begitu sehingga hanya mencantumkan sumber situsnya saja. Akan tetapi, dari segi MORAL, memang seharusnya disebutkan credit bagi pembuat videonya minimal pencantuman link youtube dan nama channel saat video tsb tayang, hal ini sbg bentuk apresiasi bagi pembuatnya. dibuat kecil dan transparan pun akan lebih baik dibanding tidak sma sekali

Deny S:
Mengapa di Youtube tidak disediakan tombol download? Karena memang tidak diperbolehkan mendownload dengan alasan apapun! Video saya pernah dicuri oleh Trans ditayangkan tanpa ijin. Padahal untuk tayangan religi… OMG.. Parah sekali moral mereka… Thanks Mr. Johnson.. Semoga Trans segera tobat…

Eno Bening:
Video Youtuber bisa saja diambil langsung oleh stasiun TV atau siapapun tanpa izin kreator terlebih dahulu apabila mereka ada DEAL dengan Youtube Official. Kalo ga ada Dealnya berarti mereka melakukan PELANGGARAN HAK CIPTA.
ON THE SPOT ngasih creditsnya juga kaya anak bocah. Malah kasih LINK URL VIDEO bukanya NAMA atau LINK CREATOR. Hey siapa yang cepet itu baca dan nyatet link URL sumber video di TV.



Neng Geulis :
Pernah saya nonton acara bola di Trans, mereka pakai video freestyle dr youtuber terkenal di youtube..
anehnya selain tidak memberi kredit buat pemilik video, mereka juga sering menutupi logo watermark pemilik video dengan dikasih BLUR…
Parah kan!! masa pakai konten orang untuk TV profesional LOGO-nya di Blur…