Ternyata E-Mail Kedubes Amerika Terkait Bom Sarinah Setelah Kejadian

1338
email jakarta

Ternyata E-Mail Kedubes Amerika Terkait Bom Sarinah Setelah Kejadian. Adanya media sosial dan pesan berantai memudahkan menyebarkan informasi secepat kilat terkait adanya aksi terorisme di kawasan Sarinah kemarin (14/1). Buktinya, screenshoot email dari Kedubes Amerika tersebar luas tanpa memperhatikan isi secara detail. Netizen sebelumnya menduga aktivitas teror ini telah diketahui Amerika sebelum kejadian terjadi.

Dalam gambar yang beredar di media sosial, memang waktu terjadinya Bom yang dirilis oleh Polri adalah pada Pk. 10.00 WIB.

Jika Netizen menerima gambar yang hanya potongannya, tentunya tidak membaca tulisan berikutnya dimana tertulis “…explosion and gunfire has occured….” yang artinya telah terjadi bom dan aksi penembakan. Selain itu, waktu bagi penerima email akan berbeda tergantung setingan waktu dimana ia menerima email tersebut.

email jakarta

Dikutip dari detik.com,¬†Penjelasan Kedubes AS ini disampaikan lewat surat elektronik ke [email protected], Kamis (14/1/2016).

Berikut penjelasan kedubes AS mengenai pemberitahuan darurat:

Setelah terjadinya serangan keji hari ini di Jakarta, Kedutaan Besar Amerika Serikat mengeluarkan dua Pemberitahuan Darurat untuk warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Indonesia. Pemberitahuan Darurat tersebut dikirim melalui email, dari jaringan tanggap darurat yang menggunakan cap waktu (time stamp) “Greenwich Mean Time (GMT) + 7.”

Email-email tersebut, yang dikirim pada 11:44 WIB dan 12:36 WIB, dikirim ke warga negara Amerika yang terdaftar dalam jaringan tanggap darurat, untuk memberikan mereka informasi mengenai perkembangan terkini dan informasi penting yang menyangkut keselamatan warga AS di luar negeri. Informasi yang terdapat dalam email-email tersebut juga telah diunggah ke situs web resmi Kedubes AS pada 12:16 WIB dan 13:04 WIB.



Seperti yang telah disampaikan oleh Dubes AS Robert Blake melalui Twitter, kami mengucapkan turut belasungkawa kepada para korban serangan keji ini beserta keluarga mereka, dan kami siap membantu mitra-mitra Indonesia kami.

SHARE