Foto, Video dan Kronologi Tragedi Pesawat T-50 TNI AU Jatuh di Yogyakarta

6086
pesawat jatuh

Kecelakaan Pesawat kembali terjadi, kali ini Pesawat T-50 Golden Eagle milik TNI AU yang merupakan pesawat latih (trainer) supersonik buatan Amerika-Korea jatuh dan menewaskan 2 pilotnya di Yogyakarta, pagi ini (20/12). Foto, Video dan Kronologi Tragedi Pesawat T-50 TNI AU Jatuh di Yogyakarta dari media sosial.

Dikutip dari detik.com, Pesawat T50 Golden Eagle milik TNI AU jatuh di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, saat beratraksi dalam rangka Gebyar Dirgantara. Dua pilot pesawat tersebut dinyatakan tewas.

“Betul. Pesawat T50 Golden Eagle jatuh saat sedang demo. 2 Pilot meninggal dunia,” kata Kadispen AU Marsma Dwi Badarmanto saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (20/12/2015).

Dwi masih belum bisa mengonfirmasi nama-nama pilot yang tewas tersebut. Saat ini dirinya masih mengumpulkan keterangan.

“Di sana memang sedang ada acara Gebyar Dirgantara yang mestinya ditutup hari ini. Tapi dengan adanya kecelakaan ini maka acara ditutup,” imbuh Dwi.

Berikut adalah beberapa status yang menggambarkan kecelakaan pesawat latih ini.

Berikut adalah video yang direkam oleh warga saat melakukan akrobatik di acara Gebyar Dirgantara Yogyakarta. Dalam video yang diunggah ke Youtube oleh Ismail Bruna  Video ini dilihat dari daerah dusun Sendangtirto Berbah. Minggu, 20 Desember 2015.

[Baca : Inilah Foto dan Identitas Korban Pilot T-50 yang Jatuh di Yogya]

Video yang berdurasi singkat ini terlihat sebuah pesawat jet yang melakukan akrobatik. Namun tiba-tiba saja pesawat tersebut tidak bisa dikendalikan dan langsung menukik menghantam tanah. Tidak lama kemudian muncul asap hitam yang tampak dari kejauhan.

Video lainnya

Kecelakaan ini menambah catatan buruk dari TNI AU setelah sebelumnya terjadi kecelakaan tim Aerobatic Jupiter di Malaysia beberapa waktu lalu. [baca : Inilah Video Amatir dan Foto Tabrakan Tim Aerobatic Jupiter di Langkawi]

Berikut adalah tweeps keadaan kondisi pesawat T-50 sebelum dan setelah ditemukan jatuh [Baca : Canggihnya Spesifikasi dan Fitur Pesawat T-50 Golden Eagle]

ARTIKEL TERKAIT