Dokter Internship Geram Ketika Menkes Sebut Mahasiswa Bukan Dokter

4855
menkes dokter internship

Pernyataan kontroversial muncul dari Menteri Kesehatan, Prof. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp. M. Pasca meninggalnya seorang dokter muda, dr Dionisius Giri Samudra pada Rabu, 11 November 2015 yang sedang mengikuti program dokter internship di Kepulauan Aru, Maluku. [Baca : Kisah Tragis 2 Dokter Muda yang Meninggal Ketika PTT di Pelosok Negeri]

Netizen Geram Ketika Menkes Sebut Dokter Internship itu Mahasiswa dan bukan kewenangan dari Kemenkes melainkan Kemenristek DIKTI. Kata “Menkes” pun menjadi trending topik di media twitter.

Dikutip dari kompasiana, Pradipta Suarsyaf, yang juga seorang dokter peserta internship menulis kekecewaannya setelah pernyataan dari Menkes di televisi.

Silakan lihat video ini sebelum membaca, pernyataan kontroversial Bu Menkes :

Bu Menkes : “Ini kan mereka Mahasiswa” hahahaha… yuk silakan tanya ke Rektor yg punya FK, apa mereka masih berwenang/bertanggung jwb atas anak didik mereka?
“jadi dokter internship itu mahasiswa..bukan wewenang kementerian kami” hahahaha… yuk silakan rame2 kita buka website nya : internsip.depkes.go.idkiki emoticon lucu ya.. ga usah lihat permenkes utk internsip No.299/Menkes/Per/II/2010 dah yg bilang kita dokter.. noh, simple aja, subdomain internsip aja dibawah domain depkes! trus yg pimpin depkes siapa ya? hahaha… jangan lempar handuk sembunyi tangan, dokter intersip itu tgg jawab departemen Ibu.
wong kita diberi pengarahan internsip di PPSDM Kemenkes kok. Menkes : “Mereka mahasiswa…” hahahaha… silakan seluruh warga Indonesia cek di puskesmas/RS yg ada dokter internship nya. tanya mereka dokter apa dokter-dokteran.
pasti mereka punya IJAZAH S.KED, IJAZAH DOKTER, SERKOM, Surat Tanda Registrasi, Surat Izin Praktek! pikir n clingak clinguk dulu kanan kiri kalau mau ngomong, baru njeplak! …saya tau Ibu udah “minta maaf” via sms kepada kami. tapi ga cukup Bu..
Bu Menkes yg saya hormati, silakan KLARIFIKASI ke Media Bu.. biar masyarakat ga salah faham! trus ga mau lg berobat ke dokter internship, siapa yg mau berobat ke mahasiswa? Ibu malu klarifikasi? saya juga malu punya Menkes kayak ibu, yg ga tau apa2 tentang internsip. padahal kami lah yg bakal jadi tulang punggung kementerian Ibu utk mencapai target2 kementerian Ibu! …tapi kami ga diakui, ckck..
Pantesan Dokter Internsip di beri BHD aka Bantuan Hidup Dasar 2.5juta, kagak naek2.. wong kita dikira mahasiswa. “yaelah, buat mahasiswa 2.5juta udah banyak keles” hahaha..

Berikut beberapa status dari dokter lainnya

menkes mahasiswa
Path Rivandio: “Menkes bilang “dokter internship” itu adalah “mahasiswa” dibawah kemenristek dikti 😂. Mungkin bu menkes belum pretest waktu dilantik jadi mentri jadi ga tau peraturan apa saja yang telah dibuat oleh kementrian sendiri😜”

“bu Menkes sama kaya pasien gw, agak sulit membedakan jenis dokter, jadi gini;

Kalo jasnya model long coat tangan panjang dan kumel itu koas unpad
Long coat putih tangan pendek dan kumel itu DM unlam
Long coat putih tangan panjang pake shoulder pad dan selalu dikancing rapih IDM unjani

Nah kalo jasnya model pendek itu GP, Kalo putih bersih kinclong, itu dokter internship, kalo kumel dan banyak bercak ga jelas : residen.

Nah yg jasnya long coat itu masih asuhan menristekdikti, yg jasnya pendek itu asuhan ibu… — at RSUD Cibabat.” tulis Fitriardi Sejati  di akun pathnya

“Sedih dan cukup kecewa dengan pernyataan Menkes semalam. Kami dokter internsip sudah lulus, sudah sumpah dokter, sudah mendapat gelar dokter, sudah memiliki STR internsip dan SIP di tempat kami bekerja. Bahkan kami juga sudah dipercaya untuk menangani pasien2 kami. Jadi kami bukanlah mahasiswa. Semoga publik non tenaga kesehatan juga dapat memahami ini.. ” Keluh kesah dari Gia Noor Pratami ‏dari akun twitter @gia_pratami.

“smoga segera diklarifikasi bu menkes kalo kami #DokterInternsipBukanMahasiswa mungkin boleh kalo bisa sekalian bhd dinaikin. :”))” tweeps Hana R (하나 엘) ‏@hanaaa113

Berikut beberapa cuitan dari para dokter yang dipilih bidhuan,

Rizki Novia @Riz_Nov_Z 13/11/2015 11:51:52 WIB
@jokowi Pak jokowi Yang terhormat tlg katakan kpd Ibu menkes. Intership itu dipanggil dokter Internship. Bukan MAHASISWA INTERNSHIP.

Marwah Widuri Anwar @Marwah_Widuri 13/11/2015 11:11:20 WIB
Apalah artinya sumpah dokter, ijazah dokter kalo Menkes sendiri msh anggap dokter internship itu MAHASISWA

M ARIF BUDIMAN @mabud_cf 13/11/2015 12:38:26 WIB
Kecewa dengan pernyataan dokter Internship masih dianggap mahasiswa…Speechless #dokterinternshipbukanmahasiswa



RIO RIALDI @riorialdi 13/11/2015 12:13:47 WIB
Bu menkes kebanyakan makan mecin… jadi lupa permenkesnya sendiri tentang dokter internship #DokterInternshipBukanMahasiswa