Ketika Ridwan Kamil Berduka, Netizen Ciptakan Ide Modifikasi Bus Bandros

0
1499
sketsa bus bandros

Bandung berduka setelah Andy Setiawan Haryanto (19), seorang mahasiswa salah satu universitas di Bandung meninggal akibat terjatuh dari Bus Wisata Bandung Tour on The Bus (Bandros). Andy tersangkut kabel di Balai Kota Bandung, Jl Wastukancana, Rabu (28/10/2015) pada pukul 13.00 WIB dan meninggal setelah dirawat di RS Boromeus.  Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengucapkan bela sungkawa dan memberhentikan sementara operasional dari Bus Bandros sambil diadakan evaluasi. .

Ketika Ridwan Kamil Berduka, Netizen Ciptakan Ide Modifikasi Bus Bandros. Seperti diketahui sebelumnya, kronologis kejadian musibah ini berawal ketika 20 orang penumpang duduk di tingkat 2, Bus melaju dari Lapangan Tegalega usai upacara Peringatan Sumpah Pemuda. Ketika tiba di Jalan Wastukancana, tiba-tiba ada yang terjatuh. Sebelum kejadian, menurut supir (Dede) meminta agar tetap duduk dan menunduk.

Korban diketahui memegang kamera dan tidak menunduk serta dalam posisi berdiri melihat ke belakang. Seharusnya di lantai dua tidak diperbolehkan berdiri kecuali berhenti. Biasanya disaat berhenti, sopir tengah menjelaskan tempat-tempat bersejarah. Ketika melanjutkan perjalanan, penumpang harus duduk kembali.

Berikut adalah pernyataan dari Ridwan Kamil dalam halaman facebook pribadinya,

Saya menyampaikan turut berduka cita, atas musibah mahasiswa Unpar saat perjalanan naik Bandros pada tanggal 28 Oktober kemarin. Saya sudah menemui orang tuanya untuk menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas musibah ini.

Bandros ini pengelolaannya tidak oleh Pemkot Bandung namun dikelola oleh pihak ketiga yg bergerak di bidang transportasi. Sehingga urusan teknis, rute, jadwal dan prosedur keamanan dan kenyamanannya dilakukan oleh pengelola pihak ketiga ini.

Namun untuk kebaikan bersama, untuk sementara, operasional Bandros akan dihentikan sementara untuk dievaluasi secara menyeluruh terkait SOP, SDM, rute dan jadwal, temasuk urusan kabel-kabel dan ranting pohon di rute yang dilalui Bandros

Sekali lagi saya mohon maaf dan secepatnya nanti disampaikan hasil evaluasinya kepada publik. Hatur nuhun.

Ada yang unik dari Netizen namun pastinya bisa menjadi masukan agar tidak terjadi lagi musibah kecelakaan kedepannya.

@PRFMNews 
Nur| 10.56 WIB
Tlg pak @ridwankamil mungkin ide ini bgs.Sbg arsitek pasti dgn mudah modifikasi bandros agar kliatan bgs

nur



Ide alat tambahan untuk antisipasi kabel bisa dibuat besi melengkung agar kabel secara otomatis akan terangkat. Menurutnya memang rada aneh tetapi masih bisa dikembangkan.