APBN Milyaran Untuk Hadiah Piala Kemerdekaan, BPK Siap Menanti!

0
1531
menpora

Inkonsistensi Menpora, Imam Nahrawi kembali menjadi sorotan Netizen. Pasalnya janji Menpora ketika diawal penyelenggaraan turnamen Piala Kemerdekaan 2015 tanpa menggunakan uang APBN, akhirnya digunakan pula. Menjadi pertanyaan Netizen karena uang senilai lebih dari 3.5 Milyar untuk hadiah, sebelumnya harus tercantum secara tertulis dalam mata anggaran dan dilakukan dengan proses lelang.

APBN Milyaran Untuk Hadiah Piala Kemerdekaan, BPK Siap Menanti! itulah sebagian opini dari Netizen. Dilansir dari Kompas.com, Kemenpora membenarkan bahwa hadiah yang sampai saat ini masih bermasalah karena pihak sponsor urung memberikannya, akhirnya diberikan melalui APBN dengan dalih hadiah yang tidak menyalahi aturan yang berlaku.

menpora

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menilai pihaknya tidak menyalahi aturan jika hadiah untuk pemenangan turnamen Piala Kemerdekaan 2015 iambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Betul dan tidak menyalahi aturan karena jumlahnya tidak terlalu signifikan. Jadi ini meluruskan agar tidak dianggap tidak konsisten,” kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Menurut dia, secara yuridis tidak akan aturan yang melarang terkait pemberian hadiah berupa uang dari APBN. Indikatornya adalah ketersedian dari APBN dan dianggarkan untuk pemberian hadiah suatu kegiatan yang menjadi tugas kementerian termasuk turnamen yang digelar Tim Transisi.

“Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan negara,” tuturnya.

Turnamen Piala Kemerdekaan 2015 yang digagas oleh Tim Transisi diikuti 24 klub yang semuanya berasal dari Divisi Utama. Turnamen sendiri dimulai pada 15 Agustus dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Maulana Yusuf Serang Banten.

Saat ini pertandingan telah usai dan PSMS Medan dinobatkan sebagai juara. Partai final di Gelora Bung Tomo Surabaya, 22 September, tim yang berjuluk Ayam Kinantan itu mengalahkan Persinga Ngawi dengan skor 2-1.

Dengan kemenangan ini, PSMS Medan berhak mendapatkan hadiah utama sebesar Rp 1,5 miliar. Adapun Persinga Ngawi berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 1 miliar. Untuk posisi ketiga adalah Persiba Bantul dan Persepam MU yang keduanya berhak mendapatkan hadiah Rp 500 juta.

“Yang dibayar menggunakan dana APBN hanya hadiah. Untuk yang lain-lain seperti match fee berasal dari sponsor,” kata Gatot.

Informasi yang berkembang, para juara Piala Kemerdekaan akan diundang oleh Tim Transisi ke Jakarta, Jumat (23/10/2015). Kemungkinan besar mereka akan menerima hadiah yang selama ini dijanjikan.

Peserta turnamen Piala Kemerdekaan bisa dikatakan cukup beruntung karena akomodasi selama pertandingan ditanggung oleh Tim Transisi. Selain itu setiap pertandingan juga mendapatkan match fee meski sempat ada kendala karena pembayarannya terlambat.

Padahal sebelumnya Menpora membantah akan menggunakan dana APBN

Bola.net – Tudingan bahwa turnamen yang digelar Kemenpora, Piala Kemerdekaan bakal menyedot dana APBN dibantah oleh Menpora Imam Nahrawi.
Hal tersebut disampaikan Imam usai memimpin workshop Piala Kemerdekaan 2015 di Jakarta, Jumat (3/7) pagi. Menurutnya, klub peserta nantinya dibolehkan mendaftarkan hingga 22 pemain (satu di antaranya boleh pemain asing) dan enam ofisial.

“Piala Kemerdekaan diizinkan untuk menggunakan satu pemain asing. Seluruh biaya turnamen, nantinya tidak menggunakan dana APBN. Tetapi, berasal dari beberapa sponsor,” tegas Imam.

Sebelumnya, Kemenpora melalui Tim Transisi memastikan bahwa turnamen Piala Kemerdekaan ini bakal dihelat mulai 1 Agustus mendatang dengan diikuti 18 klub.

m.bola.net/indonesia/menpora-piala-kemerdekaan-tak-sedot-dana-apbn-2e057a.html

Netizen pun mulai bersuara bahkan ada yang melaporkan langsung ke akun twitter KPK_RI

@gamalaulia
Dana APBN ? Serius ? Emang ada mata anggaran utk “hadiah” di anggaran Kemenpora ?

@pinguinprop
Silahkan aja pake APBN milyaran utk sebuah perhelatan, termasuk hadiah, tapi kudu jelas mata anggaran & prosedurnya… :)

@panca66
Imam cs hrs hati2 pakai APBN buat nombokin hadiah turnamen swasta. Usia kekuasaan pendek. Dikejar kejaksaan dia nanti :)

@qaqqah
Gw serius nih soal hadiah PSMS pake APBN..
Itu 99% bakalan jd temuan BPK..
Gw gak becanda looh..
:)))))

@GRStengah2x45
Wah gawat hadiah piala kemerdekaan mau dibayar pakai APBN. Jadi tata kelola yang di umbar sana – sini begini

‏@chandra_kelvin6
Hadiah piala presiden dibayar pake dana APBN 😧 luar biasa kinerja menpora & tim transisi 👏

@DeddyDeddykarsa
kata MEPORA juga meriah tanpa PSSI..dan lebih lancar pake APBN



@orde_PDIP
pak @harryazharazis & @KPK_RI penggunaan APBN,Tanpa Tender,amburadul mohon diaudit … Terima kasih

SHARE