Respon Unik Netizen tentang Wajib Bela Negara oleh Kemenhan

0
9011
bela negara

Apakah bidhuaners saat ini berusia di bawah 50 tahun? Jika iya maka bersiaplah untuk mengikuti program Bela Negara mulai tahun depan. Kementerian Pertahanan akan mengadakan program Bela Negara selama sebulan akan ditempatkan di sebuah markas tentara dan akan digembleng pelatihan fisik dan psikis.

Respon Unik Netizen tentang Wajib Bela Negara oleh Kemenhan. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memiliki alasan kuat agar mewajibkan bela negara bagi masyarakat yakni untuk melatih disiplin pribadi. Bukan melatih tembak menembak dan berbeda dengan program wajib militer.

Targetnya adalah 100 juta kader bela negara dari seluruh wilayah Indonesia mulai tahun ini selama 5 tahun. Setiap warga yang mengikuti program bela negara ini akan mendapatkan pelatihan dari kombinasi TNI, Polisi dan unsur keilmuan yang lain.

“Akan ditampung di satuan TNI pendidikan, Rindam atau batalyon. Kerja sama kepala daerah dan TNI setempat. Ditempatkan di asrama,” kata Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Laksamana Pertama M Faizal dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10/2015) dikutip dari detik.com.

Jangan khawatir tentang program pelatihannya. Kemhan sudah membuat secara matang standardisasinya.

“Kami sudah buat standardisasi kurukulum, sudah digodok dan dirapatkan oleh kementerian lainnya. Ini akan dipakai untuk seterusnya di seluruh Indonesia,” tegas dia.

“Bentuk pendidikannya, fisik harus siap sehat, kuat, dengan berlatih; psikis adalah mental,” tambahnya.

Menurutnya juga aturan bela negara diatur di UU Pertahanan, jadi ada kewajiban bela negara yang dilaksanakan dengan pendidikan dan penyadaran bela negara.

“Kader yang sudah dibentuk harus dibina di organisasi masyarakat kader bela negara, tercatat di Kesbangpol. Mereka tidak akan kemana-mana,” tutur dia.

Opini dari Netizen pun mulai bermunculan

bela negara

@okytea
100 juta wni katanya wajib ikut program Bela Negara? apa gak lebih baik ngurusin yg nganggur dan yg di PHK dibuatkan lapangan pekerjaan pak?

@Nramadhan98
Kita disuruh bela negara tapi masih banyak pemimpin yang nyolong duit negara. :)

@abriyanto65
tiba2 program “bela negara” mengemuka, ada apa? apa yg salah dalam kurikulum pendidikan yg berjalan saat ini? krisis karakter bangsa!!

‏@jhonkristo
Bela Negara. Katanya yg tak mau bela negara silakan angkat kaki dr RI. Huh… Seolah musuh utama negara ini dari luar aja…

@zuriswanfajri
Klo rakyat nya sdh sejahtera kyk Korsel,saya rasa gak akan keberatan bila di berlaku kan program bela negara…

@nini.thowok76
Seharusnya Pemerintah beri contoh bela negara itu seperti apa. Nyatanya Freeport aja lebih dibela daripada rakyat kita….

@vadhrybantayan
Yg dibutuhkn rakyat adlh kondisi ekonomi dan pekerjaan. Masalah ini aja blm stabil mau progrm lain. DPR dan pemerintah dulu jalani.

@botakan
kesadaran bela negara, tidak perlu dilakukan secara khusus, ngabisin anggaran negara, cukup dilakukan waktu sekolah saja bagian dari pelajaran di TK sampai perguruan tinggi. Jangan buat program mengada2 yang merugikan dan merepotkan masyarakat.

@panrumb
saya sih pernah ikut pendidikan militer awal masuk perusahaan selama 2 minggu tapi itu masih digaji perusahaan… saya sih ga masalahin soal kurikulumnya, yg saya masalahin pemerintah bisa menjamin atau memberi kompensasi gak gaji saya selama 1 bulan misal perusahaan ga mw bayar gaji saya selama saya rindam??
ga usah jauh2 deh, buka lowongan tamtama untuk TNI sama polri aja bisa puluhan ribu yang daftar masa ini pake ide wajib bela negara..

@darel_adam
BELA NEGARA ? Dicoba dulu utk anggota DPR RI dan DPRD, yg perutnya pada GENDUT !

@ringo2609
Anak2 dan saudara si mentri yg mengusulkan program bela negara itu tolong didata jg biar ga ada pembohongan publik #belanegara#krgkrjaan

@meirafitriah
Bela negara mgkn perlu biar anak muda indonesia ga alay2

@victorkamang
Yang muda-muda ikut Bela Negara, yang udah oom-oom ikut Bela Saphira. Gimana? Gimana?

@senilupa
Apakah program bela negara dibiayai investor asing juga?

@bngpy
Iya bener, Bela Negara itu bukan wajib militer. BBM juga gak pernah dinaikkan harganya. Cuman disesuaikan.

@hotradero
Bela Negara atau Bela Anggaran?

Ada beberapa juga yang mendukung program ini

@J_Aryoko
Program Wajib Bela Negara ini baik sekali, memperkuat rasa cinta bangsa. Semoga ddukung semua komponen bangsa.

@lukibejountung
Rakyat bela negara sih boleh2 aja. Asalkan jangan negara bela koruptor..



@wisnu.kurnianto
setuju sih, tp ane nyari duit dr jualan buat anak istri, tar pemerintah mau nanggung ga kebutuhan selama 1 bulan itu? kalo mau saya siap!

SHARE