Pak Jokowi Tolong Blusukan Ke Pulau Treweng Kami Tidak Punya Air dan Listrik

1330
pulau treweng

Sebuah video yang diunggah akun facebook Abdullah Rahman Shaleh mengenai kondisi di pulau Treweng, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil membuat empati Netizen. Pulau kecil yang dihuni kurang lebih 880-an jiwa tidak memiliki sumber air bersih dan juga listrik. 100% penduduknya adalah muslim dan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla agar mengunjungi pulaunya.

Pak Jokowi Tolong Blusukan Ke Pulau Treweng Kami Tidak Punya Air dan Listrik Begitulah mungkin teriakan dari penduduk Pulau Treweng seperti tergambar dalam video yang dinarasikan oleh status facebook Abdullah Rahman Shaleh yang juga diketahui tinggal di Kalabahi, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

SubhaanAllaah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illaallah Wallaahu Akbar,
Allaahu Akbar Walilahilhamdu…!!!

Treweng adalah Pulau di bagian ujung Selatan Kabupaten Alor-NTT.
Seratus Persen (100 %) Penduduknya beragama Islam.
Jumah penduduknya kurang lebih 880-an jiwa. di pulau kecil ini ada dua buah Masjid, karena memang topografinya yang menghendaki pulau ini harus menyiapkan dua buah tempat ibadah bagi warganya…

Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani dan juga nelayan atau tergantung kondisi alam atau musim. bila musim hujan mereka bercocok tanam (sebagai petani) dan bila telah hilang musim hujan maka mereka melaut dan memancing ikan (sebagai nelayan).

Sedangkan sebagian kecil lainnya berprofesi sebagai Guru, yaitu 20-an orang guru dan sebanyak 7 orang sebagai PNS. Beberapa pensiunan PNS dan juga beberapa Purnawirawan TNI.

Kepala Desa di Pulau ini, yakni Bapak Jamaludin dan beberapa orangtua atau sesepuh di Pulau ini menuturkan bahwa Pulau ini dahulunya ada Air. namun karena ada beberapa kejadian yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu maka hal itu membuat pulau ini tidak memiliki air hingga saat ini. Bahkan mungkin hingga kapanpun tidak akan ada air.

Sudah sejak Ratusan Tahun, Warga tidak dapat mengkonsumsi air bersih. Warga hanya mengkonsumsi Air Hujan dengan membuat Bak PAH (Penampungan Ari Hujan). Namun bila air hujan tak kunjung turun seperti akhir-akhir ini maka warga harus menimba dan mengambil air di pulau seberang yakni di pulau pantar bagian Barat Pulau ini.

Warga sangat berharap bantuan dari berbagai pihak, lebih-lebih kepada pemerintah. Baik Pemerintah Kabupaten Alor, maupun Pemerintah Provinsi NTT dan juga Pemerintah Pusat Pak Presiden Jokowidodo dan Wakil Presiden Pak Yusuf Kalla.

Sekali-kali tengoklah kami di ujung negeri ini. kami membutuhkan kehadiran para pemimpin. tidak hanya lakukan kunjungan kerja ke tempat-tempat yang dekat saja. tidak juga hanya BLUSUKAN ke penjuru negeri, akan tetapi kunjungilah juga kami di pulau ini. di penghujung Nusa Tenggara yang berbatasan dengan Negeri Demokrat Timor Leste dan Australia ini. Kami disni tidak punya Air bersih dan tidak punya penerangan Listrik.

Kira-kira demikianlah pengharapan yang terpendam dalam benak masing-masing warga Pulau Treweng selama ini…

Bagi yang peduli dengan mereka yang di Pulau ini, mari berbagi info ini kepada siapa saja yang peduli. Bahkan hingga ke telinga pak Presiden RI Jokowidodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla

Berikut adalah videonya yang bidhuan upload ulang di youtube dari akun facebook Abdullah Rahman Shaleh.

https://youtu.be/-NyJL_05YAE

Netizen pun mulai berkomentar

Al Ghozali Wulakada:
smoga dianuhgerahkn kmudhan dlm sgla hal ya

Atiqa Fairuz Khalisa Arum:
Masyaallah indah skali,,smg allah swt mlimpahkan rahmat ats desa ini smg para pmimpin indonesia trbuka hti tergerak utk lbih memperhatikan mreka yg hidup jauh dr kota2 besar aamiin,kuatkan iman2 mreka ya rabb

Neneng Saribanon Ku :
membacanya pai nangis Pak Ustdz, ku bayangkan bila diriku seperti mereka blm tentu ku kuat bertahan & bahagia seperti mereka . Makanya ku pai nangis betapa dhalimnya diriku ini padahal nikmat yg Allah berikan padaku melebihi mereka. Ya Allah ampunilah hambamu ini yg Krg bersyukur . Sampaikanlah mreka pada cita- citanya ya Rabb, muliakanlah mereka , berikanlah mereka kehidupan yg lbh baik di dunia wal akheratnya . Aamiin

Kabupaten Alor memiliki 17 pulau kecil, 9 pulau diantaranya berpenghuni, salah satunya adalah Pulau Treweng. Bagaimana menurut bidhuaners mengenai kondisi di Pulau Treweng saat ini?

ARTIKEL TERKAIT